Monkey D. Luffy, Sanji Vinsmoke, dan Roronoa Zoro dikenal sebagai trio monster dari kelompok Topi Jerami. Mereka dianggap yang paling memiliki kekuatan dahsyat dibandingkan kru lainnya, di kelompok Topi Jerami. Meskipun Luffy sangat populer, mengingat dia adalah protagonis utama ceritanya, namun Sanji dan Zoro pun terbukti tidak kalah populer dibandingkan sang kapten.

Dalam sebuah kru bajak laut, masing-masing memiliki tugas dan perannya sendiri. Dan hal ini juga terjadi di kelompok Topi Jerami. Berdasarkan data yang dihadirkan dari Vivre Card, kita akhirnya tahu tugas dan peran dari Zoro dan Sanji. Pertama, untuk Sanji sendiri dia bertindak sebagai juru masak atau koki. Namun, di sisi lain, dia juga bertindak sebagai penasihat militer di kelompok Topi Jerami.

Sejak peristiwa di Alabasta, Sanji sering kali diperlihatkan menjadi sosok yang menyelamatkan para kru, terutama ketika Luffy sedang sibuk dengan urusan atau pertarungan lainnya. Contoh nyatanya adalah ketika Sanji menyelamatkan Vivi atau ketika dia menyelamatkan Nami saat di arc Thriller Bark. Sanji juga sering memiliki rencana untuk sebuah misi penyerangan atau misi tertentu.

Selain itu, Sanji pun sering diperlihatkan memiliki rencana yang dibuat untuk para kru. Selain menjadi koki handal, bisa dibilang bahwa Sanji adalah sosok ahli taktik dan penasihat militer yang handal di kelompok tersebut. Tentunya penasihat militer dapat memutuskan cara terbaik yang harus dilakukan dalam situasi yang membingungkan dan kompleks.

Namun, yang perlu dicatat dalam hal ini adalah posisi penasihat militer bukan berarti mengganti peran kapten dalam krunya. Karena semua keputusan tentang akan diambil berdasarkan sang kapten, yaitu Luffy. Sanji kemungkinan memiliki kemampuan untuk menguatkan dan menyemangati kru lainnya, jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Zoro. Sanji juga adalah sosok yang penuh ekspresi dan baik.

Semuanya terjadi secara mandiri, secara inisiatif. Tidak ada ide sebelumnya bahwa Sanji akan ditunjuk sebagai “pemimpin” saat Luffy tidak ada. Sedangkan Zoro, dalam Vivre Cardnya, disebutkan bahwa dia adalah ahli pedang terbaik di kelompok Topi Jerami. Dia juga bertindak sebagai wakil kapten utama bagi kelompok ini, ketika Luffy tidak ada atau sedang berada dalam pertarungan lain.

Zoro memang sering mengambil inisiatif dan secara aktif memerintahkan kelompoknya untuk mengambil sebuah tindakan tertentu. Ketika Zoro ada di antara para kru Topi Jerami, dan situasi dirasa sudah pelik, maka Zoro biasanya akan mengambil sebuah keputusan yang sudah bulat. Salah satu contohnya adalah ketika mereka sedang berdiskusi tentang kembalinya Usopp dengan kru Topi Jerami.

Meskipun sebagian besar kru bisa menerima kembali Usopp, Zoro memerintahkan untuk tidak melakukannya. Zoro meminta mereka menahan diri, sampai Usopp mengakui kesalahannya. Hal tersebut semata-mata dilakukan oleh Zoro untuk menjaga Luffy agar dia tidak sembarangan membuat keputusan. Dan pada akhirnya mereka semua pun setuju dengan hal tersebut.

Pengaruh dan wibawa dari Zoro memang dirasa pantas membuatnya menjadi seorang wakil kapten di kelompok Topi Jerami. Tetapi, ada hal menarik yang terjadi. Meskipun sanji disebutkan sebagai juru masak dan penasihat militer, Sanji pun pernah mengisi posisi wakil kapten saat Luffy dan Zoro berhalangan. Sanji diperlihatkan bisa menenangkan dan menjelaskan setiap situasi kepada seluruh kru lainnya dengan tenang dan jelas.

Hal tersebut tentunya dibutuhkan untuk membuat kru yang lain memiliki pemikiran yang serupa. Kekuatan dari Sanji memang akan selali berada di bawah bayang-bayang Zoro dan Luffy. Meskipun faktanya Sanji memang ada di bawah kedua karakter tersebut, namun bukan berarti Sanji adalah sosok yang lemah atau bisa diremehkan. Sanji pun memiliki apa yang tidak dimiliki oleh Zoro dan Luffy dalam hal memimpin para kru.

Pada kesimpulannya, kru Topi Jerami memang tidak memiliki hierarki seperti halnya kelompok Beast atau kelompok bajak laut lainnya. Namun, berdasarkan informasi yang dihadirkan, jika jabatan dari kru Topi Jerami harus diurutkan maka Zoro akan berada di posisi kedua dan Sanji akan berada di posisi ketiga atau sebagai Second Mate.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.