Franchise Dragon Ball merupakan salah satu franchise terbesar di industri manga dan anime. Sudah banyak judul-judul yang hadir dari franchisenya, termasuk yang paling baru adalah Dragon Ball Super. Dengan alur cerita yang panjang, tidak jarang seri Dragon Ball mengalami inkonsistensi dalam hal plot, dan hal ini pun ternyata terjadi juga di seri Dragon Ball Super.

Selain sesuatu yang tidak konsisten, dengan panjangnya cerita yang dihadirkan tidak jarang para fans dibuat penasaran dengan berbagai misteri yang ada. Dan dalam seri Dragon Ball Super pun terdapat banyak sekali pertanyaan yang masih belum terjawab sampai saat ini. Apa saja? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Beerus dan Dinosaurus

Beerus merupakan salah satu karakter yang menarik yang dihadirkan dalam ceritanya. Dia merupakan salah satu dewa penghancur (God of Destruction) yang berasal dari universe 7, universe utama di serinya dan menjadi tempat tinggal bagi Goku dan Vegeta. Berbicara mengenai Beerus, dia pernah melontar komentar yang sangat menarik tentang bumi. Ketika Goku dan yang lain menyebutkan bahwa bumi adalah planet asal mereka, Beerus pun sempat mengatakan bahwa dia mengenal bumi.

Dan menurut Beerus, bumi merupakan tempat atau planet yang dikenal karena dinosaurusnya yang menyebalkan. Karena itulah Beerus memutuskan untuk menghabisi semua dinosaurus. Tetapi, faktanya di sepanjang franchise Dragon Ball, kita masih melihat ada banyak dinosaurus hidup. Bahkan, dalam seri Dragon Ball Z, Gohan berteman dengan seekor dinosaurus terbang yang bernama Icarus.

Bisakah Angels Menjadi Jahat?

Dalam seri orisinal Dragon Ball Super, salah satu teori yang paling populer yang berkembang di kalangan para fans adalah adanya kemungkinan bahwa Grand Priest dari para Angels merupakan penjahat atau karakter antagonis. Ini berdasarkan dari sikap yang mereka perlihatkan, dan juga berbagai berbagai hal lainnya yang dihadirkan oleh para Angels. Namun, pada akhrnya, terungkap bahwa Grand Priest bukanlah sosok yang jahat.

Yang menjadi pertanyaan para fans sekarang adalah apakah kemudian para Angels bisa berubah menjadi jahat atau tidak. Angels merupakan makhluk yang diberikan kehendak bebas, dan sering kali mereka diperlihatkan bersama dengan para dewa kehancuran. Dengan kehendak bebas tersebut, artinya bisa saja mereka berubah menjadi jahat. Namun, sejauh ini serinya belum pernah memperlihatkan ada Angels yang jahat atau berubah menjadi jahat.

Asal-Usul Kekuatan Jiren

Jiren merupakan karakter yang diperkenalkan dalam arc Tournament of Power, di mana dia menjadi lawan yang tangguh bagi Goku. Goku bahkan sempat kewalahan dalam menghadapi Jiren, sebelum pada akhirnya dia berhasil memenangkan pertarungan tersebut. Pertanyaanya adalah dari mana asal kekuatan Jiren? Bagaimana Jiren bisa mendapatkan kekuatan yang sangat dahsyat tersebut?

Sebagian fans sendiri meyakini bahwa Jiren memiliki kemiripan seperti Goku, di mana dia memiliki “warisan” di dalam tubuhnya yang kemudian aktif berkat latihan yang keras dan lama. Ada juga fans yang meyakini bahwa Jiren mungkin mendapatkan kekuatannya secara instan, seperti halnya Granolah dan juga Gas saat ini. Jiren mungkin berharap bahwa dia adalah sosok petarung terkuat di universenya. Dan hal tersebut pada akhirnya membuat dia mampu menandingi Goku.

Asal-Usul Kekuatan Zeno

Dalam seri anime dan manga Dragon Ball Super, kita diperkenalkan bahwa sosok Zeno adalah pemimpin dari seluruh alam raya ini. Bisa dibilang Zeno adalah “dewa” di universe Dragon Ball. Namun, seperti halnya Jiren, sampai sekarang pun kita masih belum mengetahui dari mana asal kekuatan dari Zeno. Apa yang kemudian menjadi sumber kekuatannya. Apakah ada sosok lain yang lebih kuat dari Zeno?

Zeno sendiri diperlihatkan memiliki sikap dan perilaku yang mirip dengan anak kecil, yang mana bisa dipastikan bahwa dia belum pernah berlatih untuk menggunakan kekuatannya atau bahkan melakukan pengorbanan apa pun untuk mendapatkan kekuatan tersebut. Tentunya tidak masuk akal jika kemudian Zeno tiba-tiba memiliki kekuatan dahsyat.

Mengapa Zeno Menghancurkan Banyak Sekali Universe

Berbicara mengenai Zeno, sebagai sosok paling kuat yang diketahui sejauh ini, Zeno diketahui memiliki kekuatan untuk bisa menghancurkan atau membuat sebuah universe. Dalam seri animenya, disebutkan bahwa dahulu sempat ada 18 universe yang dihadirkan dalam ceritanya. Namun, sekarang hanya tersisa 12 universe saja. Disebutkan bahwa dahulu Zeno sangat marah yang mana pada akhirnya dia menghancurkan Universe 13-18.

Pertanyaan besarnya kemudian mengapa Zeno menghancurkan keenam universe tersebut? Apa yang kemudian membuat Zeno marah sehingga menghancurkan keenam universe tersebut? Mungkin para dewa penghancur dari universe tersebut berusaha untuk menggantikan posisi Zeno, alias sempat ada upaya pemberontakan. Mungkin juga justru para penduduk di universe tersebut yang membuat Zeno marah, misalnya mereka justru menjelek-jelekan Zeno.

Siapa Zalama

Salah satu misteri terbesar di seri Dragon Ball Super mungkin adalah Zalama, pencipta dari Super Dragon Balls. Sering kali disebutkan di franchisenya bahwa kekuatan dari Dragon Balls atau bola naga, mewakilkan penciptanya. Dengan bola naga mampu mewujudkan berbagai macam hal, artinya pembuatnya sangatlah istimewa dengan kemampuannya. Zalama sendiri disebut-sebut sebagai Dragon God atau dewa dari para naga. Jika naga ajaib seperti Toronbo mampu mewujudkan berbagai keinginan, bisa dibayangkan sekuat dan semengerikan apa Zalama ini.

Apa Yang Terjadi Jika Goku Mengalahkan Beerus

Ini mungkin adalah pertanyaan terbesar yang muncul dalam seri Dragon Ball Super. Pertarungan antara Beerus dan Goku muncul di arc pertama serinya serta filmnya. Seperti diperlihatkan dalam ceritanya, Beerus pada saat itu hendak menghancurkan bumi sebelum kemudian Goku, Vegeta, dan yang lain mencegah hal tersebut. Beerus pun kemudian menantang Goku untuk bertarung dengan bumi sebagai taruhannya.

Goku saat itu belum sekuat sekarang, di mana dia menguasai teknik Ultra Instinct. Akibatnya, sekuat apa pun Goku dan Vegeta berusaha pada akhirnya dia harus kalah dalam menghadapi Beerus. Yang menjadi pertanyaanya kemudian bagaimana jika Goku pada saat itu berhasil mengalahkan Beerus? Apakah Goku akan menggeser posisi Beerus sebagai dewa penghancur? Mungkin saja. Atau mungkin ada hal lainnya yang bisa saja terjadi.

Berbagai misteri besar yang muncul dalam seri Dragon Ball Super, membuat para fans tentunya penasaran dan juga bertanya-tanya. Namun, di sisi lain, hal ini pun seolah menjadi sesuatu yang membuat komunitas di dalamnya tetap “hidup” karena ada banyaknya teori atau asumsi serta spekulasi yang dihadirkan oleh para fans. Mungkin Akira Toriyama dan Toyotarou bisa menghadirkan jawaban atas berbagai misteri ini.