Klan Otsutsuki merupakan klan yang terkuat di alam raya ini dalam cerita di franchise Naruto. Mereka bukan berasal dari bumi, melainkan dari planet lain yang sampai saat ini masih menjadi misteri. Karena mereka bukanlah manusia biasa, klan Otsutsuki memiliki kemampuan yang sangat luar biasa di mana salah satunya adalah segel Karma.

Karma merupakan sebuah kemampuan klan Otsutsuki untuk memindahkan data kehidupan mereka ke tubuh orang lain, yang menjadi wadah bagi tubuh mereka nanti. Namun, Sampai saat ini, belum ada spesifikasi jelas mengenai siapa yang pantas untuk bisa menjadi wadah seorang Otsutsuki. Meskipun begitu, ada beberapa karakter yang dianggap memiliki potensi besar menjadi wadah Otsutsuki. Siapa saja?

Himawari Boruto

Himawari merupakan anak kedua dari pasangan Uzumaki Naruto dan juga Hinata Hyuga. Adik dari Boruto ini memiliki kemiripan seperti sang kakak, yaitu mewarisi chakra dari Asura Otsutsuki dan juga Hamura Otsutsuki. Meskipun begitu, chakra Hamura mungkin menjadi yang paling dominan karena Himawari mewarisi mata Byakugan dari Hinata. Ini menjadi salah satu pertanda bahwa Himawari bisa menjadi wadah Otsutsuki yang baik.

Selain mewarisi chakra dari dua Otsutsuki, Himawari bisa “berkaca” dari sang kakak, di mana Boruto dianggap sebagai salah satu wadah sempurna dari Momoshiki. Himawari juga dianggap sebagai karakter yang pas untuk bisa menjadi Jinchuriki selanjutnya oleh para fans. Menarik tentunya untuk melihat apakah akan ada Otsutsuki lain yang datang ke bumi dan kemudian membuat Himawari menjadi wadahnya.

Kawaki

Secara teknis Kawaki sudah tidak lagi menjadi wadah bagi Isshiki Otsutsuki, semenjak dia sudah tewas. Segel Karma Isshiki sendiri memang masih ada di dalam tubuh Kawaki, namun saat ini Karma tersebut tidak aktif. Karena itulah Kawaki masuk dalam daftar ini. Memang masih belum diketahui apakah ketika Karmanya kembali diaktifkan, maka Isshiki pun akan kembali bangkit.

Kawaki sendiri pada awalnya merupakan anak kecil biasa, yang kemudian dijual oleh ayah kandungnya kepada Jigen untuk dijadikan subyek uji coba bersama anak-anak lainnya. Yang menarik adalah hanya Kawaki yang berhasil mewarisi Karma Isshiki. Inilah yang kemudian membuat Kawaki kemudian menjadi wadah sempurna dari Isshiki, dan Isshiki sendiri berusaha untuk terus memburu Kawaki saat dia kabur.

Uzumaki Naruto

Naruto merupakan sosok shinobi paling hebat di dunia saat ini, di mana tidak semua orang yang mampu menandingi kemampuan dan kekuatan Naruto. Semua hal itu berkat adanya chakra Kurama dalam diri Naruto. Tetapi, pasca kehilangan Kurama, Naruto harus kehilangan sumber kekuatan terbesarnya. Namun, bukan berarti Naruto kemudian melemah dengan hal tersebut.

Naruto merupakan reinkarnasi dari Asura Otsutsuki, anak dari Hagoromo Otsutsuki. Dalam perang besar ninja keempat pun Naruto pernah diwarisi chakra Hagoromo, yang artinya tubunya sanggup menahan chakra dan kekuatan besar klan Otsutsuki. Sehingga berdasarkan hal tersebut, masuk akal jika kemudian Naruto menjadi salah satu kandidat wadah sempurna dari Otsutsuki.

Sasuke Uchiha

Sasuke merupakan satu-satunya shinobi yang bisa menjadi rival dari Naruto dalam hal kekuatan. Dan hal tersebut ternyata masuk akal karena Sasuke merupakan reinkarnasi dari klan Otsutsuki juga, yaitu Indra Otsutsuki, putra pertama Hagoromo Otsutsuki. Selain Naruto, Sasuke pun diwarisi chakra Hagoromo saat perang besar ninja keempat yang mana hal tersebut membuatnya bisa menggunakan Rinnegan.

Seperti halnya Naruto, dengan Sasuke yang mampu mendapatkan dan menggunakan kekuatan dahsyat dari klan Otsutsuki, rasanya masuk akal jika Sasuke masuk dalam kandidat wadah sempurna bagi Otsutsuki. Yang menarik juga adalah di seri sebelumnya, Sasuke bahkan pernah menjadi wadah dari segel kutukan Orochimaru yang mana hal tersebut menjadi bukti lainnya bahwa Sasuke bisa menjadi wadah bagi seorang Otsutsuki.

Sarada Uchiha

Sarada merupakan anak dari pasangan Uchiha Sasuke dan Haruno Sakura. Dia merupakan rekan satu tim dari Boruto dan juga Kawaki serta Mitsuki di Team 7. Meskipun usianya masih muda, Sarada sudah memperlihatkan kemampuannya yang sangat luar biasa. Peningkatan kekuatannya pun perlahan-lahan mulai terasa. Contohnya adalah saat Sarada menang menghadapo Cho-Cho dalam ujian Chunin.

Sarada bercita-cita menjadi seorang Hokage seperti Naruto. Dan dia selalu berusaha keras untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan kombinasi kekuatan Sakura dan Sasuke, Sarada pun bisa tumbuh menjadi seorang shinobi yang luar biasa. Dan dengan kekuatan fisik yang luar biasa tersebut, Sarada rasanya bisa menjadi wadah sempurna dari Otsutsuki.

Klan Otsutsuki dikenal sebagai klan yang bisa hidup abadi. Hal tersebut dikarenakan mereka bisa memindahkan data kehidupan mereka kepada orang lain, sebelum kemudian mereka kembali bangkit di tubuh tersebut. Tetapi, pada kenyataanya tidak semua orang bisa menjadi wadah bagi kebangkitan Otsutsuki. Dan para karakter di atas dianggap bisa menjadi wadah sempurna dari klan Otsutsuki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.