DC Extended Universe adalah semesta film dan serial yang berfokus pada berbagai karakter yang diadaptasi dari DC Comics. Dimulai dengan serial Peacemaker, yang merupakan spin-off dari film The Suicide Squad (2021) karya James Gunn, serial DC terus berkembang dengan beberapa judul menarik yang saat ini tengah dibuat. Tidak tanggung-tanggung, bahkan berbagai serial ini digarap langsung oleh para sineas terkenal, termasuk J.J. Abrams (Star Trek, Star Wars), James Gunn (The Suicide Squad, Guardians of the Galaxy), dan masih banyak lagi. Berikut 5 serial DCEU yang tengah dibuat!

Gotham City Police Department 

Selain Peacemaker yang sudah dipastikan tayang pada bulan Januari 2022, serial Gotham City Police Department (GCPD) adalah tayangan yang saat ini sedang digarap dan diharapkan tayang pada tahun 2022 juga. Serial spin-off The Batman ini kabarnya akan bercerita tentang kisah prekuel Komisaris Jim Gordon yang berusaha memerangi kejahatan dan korupsi di dalam GCPD sendiri. Belum diketahui apakah Jeffrey Wright, Jim Gordon di The Batman, akan terlbat juga di serial GCPD atau tidak, yang jelas Reeves akan terlibat langsung dalam penulisan naskahnya bersama Joe Barton.

Justice League Dark

Bukan hanya Suicide Squad saja tim super yang aneh di DC, ada juga Justice League Dark yang khusus menangani berbagai kasus dan ancaman gaib. Serial Justice League Dark akan digarap oleh J.J. Abrams, yang juga mengerjakan dua serial DC lainnya untuk HBO Max. Di DC Comics, Justice League Dark pertama kali diceritakan pada tahun 2011 dan dibentuk oleh Madame Xanadu, Constantine, dan Zatanna untuk menangani menangani ancaman gaib yang tidak bisa ditangani oleh Justice League utama. Saat ini belum ada informasi resmi yang mengungkap tanggal rilis serial Justice League Dark.

Constantine

Sama seperti Justice League Dark, J.J. Abrams juga mengembangkan serial solo Constantine reboot yang akan lebih berfokus pada latar belakang karakter DC Comics ini. Di serial ini, Abrams menginginkan aktor BIPOC (Black, Indigenous, People of Color) sebagai pemeran Constantine. Jadi alih-alih hadir sebagai orang Amerika asli, seperti yang diperankan oleh Keanu Reeves di film Constantine (2005) atau Matt Ryan di serial Constantine (2014), karakter ikonik ini akan diperankan oleh aktor kulit hitam atau indian asli. Selain kabar casting tersebut, belum ada informasi lain dari Constantine reboot ini.

Madame X

Saat ini, Abrams juga tengah mengembangkan serial Madame X yang berfokus pada karakter Madame Xanadu yang merupakan inkarnasi modern dari penyihir Nimueh dari legenda Arthurian. Dengan kemampuannya yang sangat sakti, Xanadu mampu meramal tentang apapun bahkan nasib Bumi. Di DC Comics, Xanadu diceritakan berinisiatif membentuk Justice League Dark untuk mencegah kehancuran Bumi akibat serangan makhluk gaib. Dari tiga serial yang tengah dikembangkan oleh Abrams, Madame X adalah yang paling minim informasi, jadi kita nantikan saja informasi selanjutnya.

Superman Val-Zod

Kemungkinan Warner Bros. dan DC Films sudah menyerah dengan Superman versi Henry Cavill, hal tersebut ditandai dengan banyaknya proyek Superman mendatang yang tidak melibatkan Cavill, salah satunya adalah serial Superman Val-Zod yang akan digarap oleh Michael B. Jordan ini. Val-Zod sendiri adalah inkarnasi Superman kulit hitam dari Earth 2 yang cukup populer. Walaupun Jordan belum memastikan siapa yang akan berperan sebagai Superman di serialnya, tetapi banyak penggemar yang berharap dia sendiri yang akan berperan sebagai Val-Zod. Semoga saja ya, Geeks.

Itulah 5 serial DCEU yang saat ini tengah dikembangkan oleh Warner Bros. Meskipun hanya hadir dalam bentuk serial, bukan berarti tayangannya akan kurang menarik. Apalagi mengingat sineas yang terlibat dalam serialnya tidak sembarangan, sehingga kemungkinan besar kelima serial ini akan digarap cukup serius dengan anggaran yang lumayan besar. Sambil menunggu kabar tentang kelima serial ini, kita bisa menyaksikan terlebih dahulu serial Peacemaker yang akan tayang pada 13 Januari 2022 hanya di HBO Max.