Sith dan Jedi adalah elemen penting yang ada di semesta Star Wars. Sudah menjadi takdir bagi seorang Jedi yang telah menyerahkan dirinya pada Dark Side Force untuk membenci dan melawan semua yang berada di pihak Light Side, termasuk Jedi. Meskipun tidak sebanyak Jedi yang menjadi Sith, terkadang Sith yang terkenal jahat juga pernah melakukan pengkhianatan dan menyebrang pada Light Side, bahkan kejadian tersebut bisa terjadi di akhir hayatnya. Dari sedikitnya anomali tersebut, berikut 5 Sith yang sempat berkhianat pada Dark Side Force dan menjadi Jedi!

Quinlan Vos

Pertama kali diceritakan di serial animasin Star Wars: Clone Wars (2008-2020), Quinlan Vos adalah seorang Jedi Master yang dimintai tolong oleh seorang Sith bernama Asajj Ventress untuk membunuh Count Doku alias Darth Tyrannus. Untuk mengalahkan Doku yang sangat kuat, Asajj kemudian mengajari Quinlan Dark Side Force dan saling jatuh cinta, sebelum akhirnya Asajj tewas di tangan Doku. Sejak saat itu Quinlan mulai jatuh pada Dark Side, tetapi karena kekuatan cintanya pada Asajj, dia akhirnya kembali menjadi seorang Jedi yang pernah mencicipi keganasan Dark Side Force.

Darth Revan

Dari serial animasi, sekarang kita beralih ke video game. Di game Star Wars: Knights of the Old Republic atau yang lebih dikenal penggemar sebagai KOTOR, pemeran utama game mendapatkan misi untuk menghancurkan Kekaisaran Sith dan membunuh pemimpinnya yang bernama Darth Revan. Di tengah game, terungkap bahwa pemeran utama adalah Darth Revan sendiri yang mengalami amnesia. Walaupun pemain KOTOR bisa memilih antara Dark Side dan Light Side, tetapi dalam cerita aslinya Revan mati sebagai seorang Jedi yang berhasil menghancurkan Kekaisaran Sith yang dia ciptakan sendiri.

Ronin

Serial animasi Star Wars: Visions (2021) digadang-gadang sebagai wujud tayangan Star Wars yang sangat cocok dengan era modern seperti sekarang ini. Animasi membuat pertarung antara Sith dan Jedi tampak fluid. Di serial tersebut ada seorang mantan Sith yang menyebut dirinya sebagai Ronin. Dia diceritakan mencari kedamaian di Outer Rim Territories setelah kejadian Pemberontakan Sith.

Ketika desanya diserang oleh seorang Sith bernama Kouru, Ronin menunjukkan jati dirinya dan langsung menghabisi Kouru. Di adegan dia terlihat memiliki beberapa kristal kyber merah, sumber energi dari lightsaber milik Sith. Secara tidak langsung hal tersebut menyiratkan bahwa setelah melepaskan statusnya sebagai Sith, dia beralih menjadi pemburu Sith. Walaupun status Jedinya dipertanyakan, tetapi setidaknya Ronin telah menjadi salah satu kekuatan dari Light Side Force.

Kylo RenĀ 

Di trilogi terakhir Star Wars (2015-2019), penggemar sempat dibuat kesal oleh karakter Kylo Ren alias Ben Solo yang diceritakan membunuh ayahnya sendiri, yaitu Ben Solo. Sebelumnya bahkan saat dia masih menjadi seorang Padawan, Kylo telah menghabisi semua murid perguruannya dan membuat Masternya, yaitu Luke Skywalker melakukan pengasingan diri. Hal tersebut dia lakukan agar mendapatkan kepercayaan Supreme Leader Snoke dari First Order.

Namun, setelah mengetahui bahwa Snoke adalah “boneka palsu” yang dikendalikan oleh Darth Sidious, Kylo membantu Rey untuk mengalahkan Darth Sidious. Di saat-saat terakhir, saat Rey tampak mati oleh Darth Sidious, Kylo menyerahkan nyawanya agar Rey kembali hidup. Dia pun akhirnya mati dan menghilang sebagai seorang Jedi di film Star Wars: The Rise of Skywalker (2019).

Darth Vader

Anakin Skywalker alias Darth Vader adalah karakter kunci yang membuat Galactic Empire makin berkuasa, sekaligus yang membiarkan Galactic Empire runtuh. Setelah berkhianat pada para Jedi dan menjadi Sith di bawah Darth Sidious, Anakin mengubah namanya menjadi Darth Vader. Sejak saat itu dia menjadi orang paling kejam di galaksi yang telah membunuh banyak Jedi.

Saat semua orang menganggap sudah tidak mungkin lagi bagi Vader untuk bertobat, di akhir film Star Wars: Return of the Jedi (1983), dia memutuskan untuk meninggalkan Dark Side karena cintanya pada putranya, yaitu Luke Skywalker. Walaupun pada akhirnya dia diperlihatkan mati sebagai Darth Vader karena luka yang diterimanya saat menyelamatkan Luke dari Darth Sidious, Luke sendiri melihat Anakin sebagai Force-ghost, mengindikasikan bahwa Anakin telah kembali ke Light Side Force di saat-saat terakhirnya.

Kelima mantan Sith ini membuktikan bahwa sejahat-jahatnya Sith belum tentu mati dia akan mati sebagai penjahat, karena sebuah kejadian bisa tiba-tiba mengubah isi hati seorang Sith untuk kembali pada Light Side Force. Itulah 5 Sith yang berkhianat pada Dark Side Force. Dari kelima karakter ini siapa favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.