Dari mana asal kekuatan Saitama? Apakah memang rahasia olahraga yang sering diucapkan oleh Saitama merupakan kunci dari sumber kekuatan Saitama? Membahas mengenai asal-usul dari kekuatan Saitama memang selalu menjadi topik yang menarik di kalangan fans One-Punch Man. Hal ini dikarenakan baik ONE maupun Yusuke Murata masih belum mengungkapkan mengenai hal tersebut.

Karena masih misterius, banyak dari para fans yang kemudian berspekulasi atau pun berteori mengenai asal kekuatan Saitama tersebut. Misalnya, ada teori yang mengatakan bahwa Saitama memakan sel monster seperti yang dilakukan oleh beberapa karakter. Ada juga teori yang mengatakan bahwa Saitama sebenarnya adalah monster, dan bukan manusia. Hal ini mirip seperti Amai Mask, yang ternyata di balik sosok manusianya dia ternyata adalah monster.

Namun, chapter 154 kemarin mungkin pada akhirnya memberikan jawaban dari mana asal-usul kekuatan Saitama. Dalam chapternya diperlihatkan bagaimana Homeless Emperor berhasil ditaklukan oleh Zombie Man, yang ternyata belum tewas akibat serangan sebelumnya. Zombie Man sendiri kemudian bertanya kepada Homeless Emperor mengenai asal-usul kekuatannya.

Namun, belum sempat Homeless Emperor bercerita tentang asal kekuatannya, dia kemudian dikejutkan oleh sosok yang mengerikan yang muncul di bulan. Sosok tersebut ternyata adalah God. Dalam chapter 113, saat Homeless Emperor pertama kali diperkenalkan, dijelaskan bahwa God adalah sosok misterius yang memberikan kekuatan kepada Homeless Emperor. Pada saat itu, Homeless Emperor benar-benar membenci orang-orang yang selalu menyingkirkannya

Saat hendak mengakhiri hidupnya, dia kemudian bertemu dengan sosok misterius berwujud angin dan mengaku sebagai God atau tuhan. God kemudian memberikan kekuatan dan menyatakan bahwa dia tahu apa yang harus dilakukan dengan kekuatan tersebut. Dan yang menarik adalah God kemudian memutuskan untuk menarik kembali kekuatan tersebut dan juga nyawa Homeless Emperor di chapter 154.

Sebelum benar-benar tewas, Homeless Emperor diperlihatkan seperti berada di sebuah dunia dengan dipenuhi oleh bunga-bunga dan sosok God. Setelah itu, tubuh Homeless Emperor pun meleleh dan akhirnya dia tewas. Jika berpacu pada hal di atas, maka artinya bisa diasumsikan bahwa God juga adalah sosok yang memberikan kekuatan dahsyat kepada Saitama.

Namun, jika memang God yang memberikan kekuatan dahsyat tersebut kepada Saitama, apa yang menjadi latar belakang hal tersebut? Ketika God memberikan kekuatan dahsyat kepada Homeless Emperor, God mengatakan bahwa dia setuju dengan pemikiran Homeless Emperor bahwa manusia adalah sosok yang jahat dan mengerikan. Dan dia berharap bahwa Homeless Emperor bisa menggunakan kekuatannya untuk “membalas” mereka.

Apakah artinya God memberikan kekuatan kepada Saitama pada awalnya justru untuk menghabisi para manusia seperti halnya Homeless Emperor? Mengapa Saitama dipilih untuk mendapatkan kekuatan dahsyat yang dia miliki saat ini? Inilah yang mungkin masih menjadi pertanyaan besar bahkan sampai saat ini. Fakta yang diperlihatkan pada chapter 154 kemarin sangatlah menarik, karena momen tersebut seolah mengonfirmasi sumber kekuatan Saitama – bahkan mungkin sumber kekuatan semua karakter.

Juga yang menarik adalah bagaimana Zombie Man mempertanyakan tentang sosok yang jauh lebih kuat yang “merencanakan” atau menjadi dalang dari semua hal yang ada. Seperti yang ditulis dalam artikel sebelumnya, mungkin dengan God memberikan kekuatan kepada Saitama dan orang-orang bertujuan untuk menciptakan kekacauan di bumi.

Ada juga kemungkinan bahwa mungkin God ingin melihat apa yang akan mereka – para manusia – lakukan jika kemudian mereka memiliki kekuatan dahsyat. Mungkin inilah alasan mengapa Homeless Emperor harus kehilangan nyawa dan juga kekuatannya, setelah God mengambil kembali semua itu. God merasa bahwa Homeless Emperor adalah orang yang jahat dan justru menyalah gunakan kekuatannya.

Berbeda dengan Saitama yang justru menggunakan kekuatannya untuk kebaikan, meskipun dia sangat jarang sekali menggunakan kekuatannya. Pada intinya, momen Homeless Emperor di chapter 154 kemarin seolah memberikan konfirmasi terkait asal kekuatan Saitama, yang mana mungkin hal tersebut memang benar. Bagaimana menurut kalian Geeks?