Harry Potter adalah waralaba film dan novel populer yang menceritakan petualangan Harry Potter di dunia sihir. Dengan tema sihir tersebut, tentu saja banyak imajinasi dan fantasi yang membuat ceritanya makin menarik. Selain sihir, di dalamnya juga banyak sekali artefak yang diceritakan mempunyai kemampuan unik sekaligus kuat, misalnya Cloak of Invisibility yang memungkinkan penggunanya untuk menghilang. Dari semua artefak sihir di Harry Potter, ada lima yang terkenal paling kuat di semestanya. Apa saja artefak tersebut? Simak kelimanya di bawah ini, Geeks.

Elder Wand

Tongkat sihir merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki oleh seorang penyihir, dan Tongkat Sihir Elder adalah yang paling kuat di antara semuanya. Tongkat sihir ini terbuat dari kayu elder yang diisi dengan bulu ekor Thestral sebagai core-nya. Konon jika seorang penyihir ingin bisa menggunakannya, dia harus rela mati terlebih dahulu. Itulah alasan mengapa Voldemort tidak bisa menguasai Tongkat Sihir Elder karena dia sangat takut untuk mati. Selain Voldemort, tongkat sihir ini pernah digunakan juga oleh Grindelwald, Dumbledore, dan terkahir jatuh pada tangan Harry Potter.

Hocrux

Hocrux adalah tujuh artefak kuat yang menjadi salah satu kunci untuk mengalahkan Lord Voldemort, karena dia menanamkan jiwanya ke dalam tujuh Hocrux ini untuk hidup abadi. Cara Voldemort untuk menciptakan artefak kuat ini juga terbilang cukup extrem. Dia harus membunuh seseorang yang cukup penting terlebih dahulu, sehingga artefak “kutukan” ini bisa tercipta.

Tujuh Hocrux yang diciptakan oleh Voldemort ini ditanamkan pada tujuh objek, termasuk Diary Tom Riddle, Cincin Marvolo Gaunt, Lionton Salazar Slytherin, Cawan Helga Hufflepuff, Mahkota Rowena Ravenclaw, Ular Raksasa Nagini, dan secara tidak sengaja Voldemort juga membuatnya tertanam di Harry Potter.

Resurrection Stone

Sebagai salah satu dari tiga artefak yang disebut Deathly Hallow, Resurrection Stone memungkinkan penggunanya untuk memanggil arwah orang yang sudah mati. Konon jika seseorang memiliki ketiga artefak Deathly Hallow, termasuk Resurrection Stone, Tongkat Sihir Elder, dan Cloack of Invisibility, maka orang tersebut bisa menjadi Master of Death. Di Deathly Hallows, Harry Potter sempat menggunakan Resurrection Stone sebelum Pertempuran Hogwarts untuk memanggil arwah James, Lily, Sirius, dan Remus, sehingga dia bisa memantapkan alasan untuk terus bertarung melawan Voldemort.

Sorcerer’s Stone

Sekilas batu Sorcerer’s Stone tampak seperti batu mulia biasa, tetapi kenyataannya batu ini dapat digunakan untuk membuat Elixir Kehidupan yang bisa membuat peminumnya hidup abadi. Selain itu, Sorcerer’s Stone juga dapat digunakan untuk membuat logam biasa menjadi emas murni. Tentunya dengan dua keuntungan tersebut, batu yang diciptakan oleh alkemis hebat bernama Nicolas Flamel ini menjadi artefak sakti yang diburu oleh banyak orang, termasuk Lord Voldemort yang pernah menyerang sekolah sihir Hogwarts untuk memilikinya. Untungnya, Harry Potter berhasil menggagalkannya.

Time-Turner

Alasan utama mengapa artefak yang satu ini dianggap paling kuat di semesta Harry Potter adalah karena kemampuannya yang memungkinkan penggunanya untuk kembali ke masa lalu. Secara bentuk, Time-Turner ini di desain sangat minimalis dan dapat digunakan sebagai kalung, di tengahnya terdapat sebuah jam pasir yang menandakan kemampuannya untuk “membalik waktu”. Versi pertamanya diselubungi Mantra Pembalik Waktu oleh British Ministry of Magic, sehingga memungkinkan penggunanya untuk mundur selama lima jam dalam sekali pakai.

Di novel Harry Potter and the Cursed Child (2020), diceritakan bahwa dua versi terbaru dari artefak sakti ini diciptakan ulang oleh Theodore Note dan diberi nama True Time-Turner. Versi prototype-nya memungkinkan penggunanya untuk mundur selama lima menit, dan versi sempurnanya memungkinkan penggunanya untuk tinggal selama mungkin pada titik sejarah mana pun.

Itulah 5 artefak sihir paling sakti di semesta Harry Potter. Siapa pun yang memiliki dan bisa menggunakan kelima artefak ini, terlepas dari dia baik atau pun jahat, kemungkinan besar orang tersebut bisa menjadi orang paling sakti di semesta Harry Potter. Dari kelima artefak paling kuat ini, mana yang paling kalian inginkan, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.