Game of Thrones adalah salah satu serial sukses HBO yang telah menyelesaikan penayangannya dengan Season 8 pada tahun 2019 lalu. Serial drama fantasi yang diadaptasi dari novel A Song of Ice and Fire karya George R. R. Martin ini digarap oleh David Benioff dan D. B. Weiss. Serialnya bercerita tentang peperangan Seven Kingdoms yang memperebutkan kekuasaan penuh atas Westeros. Walaupun banyak penggemar yang menganggap serialnya diakhiri dengan terburu-buru, tetapi sampai saat ini Game of Thrones tetap menjadi salah satu serial fantasi yang paling sukses.

Dengan kekecewaan penggemar terhadap ending Game of Thrones, dan popularitasnya yang masih berada di puncak, cukup masuk akal mengapa saat ini HBO berencana mengembangkan berbagai proyek spin-off prequel yang cukup menjanjikan. Sejak berakhirnya Game of Thrones pada tahun 2019 lalu, banyak sekali ide proyek yang muncul, dan banyak juga yang dibatalkan oleh HBO. Untuk membuat penggemar tetap mendapatkan informasi terbaru, kali ini mari kita bahas 6 proyek spin-off Game of Thrones apa saja yang masih tetap pada jalurnya. Simak di bawah ini.

House of the Dragon

Sejauh ini serial House of the Dragon adalah satu-satunya yang sudah dipastikan tayang di saluran streaming HBO. Sama seperti serial utamanya, House of the Dragon juga diadaptasi dari novel asli karya George R. R. Martin. Mengambil materi langsung dari novel Fire & Blood, serialnya akan berlangsung di Westeros sekitar 300 tahun sebelum kejadian Game of Thrones dan berfokus pada House of Dragon alias klan Targaryen. Plot utamanya bercerita tentang perang saudara, yang dikenal sebagai Dance of the Dragons, antara Rhaenyra Targaryen (Emma D’Arcy) dan Aegon II Targaryen.

Selain D’Arcy, serialnya juga akan dibintangi oleh Paddy Considine sebagai King Viserys I Targaryen, Olivia Cooke sebagai Lady Alicent Hightower, Matt Smith sebagai Prince Daemon Targaryen, Rhys Ifans sebagai Ser Otto Hightower, Steve Toussaint sebagai Lord Corlys Velaryon, dan masih banyak lagi. Kabarnya di serialnya nanti akan ada 17 naga besar yang diceritakan sebagai tunggangan klan Targaryen. Serial House of the Dragon akan berjumlah 10 episode dan diharapkan tayang pada tahun 2022.

Robert’s Rebellion 

Tidak banyak yang tahu bahwa ada proyek spin-off Game of Thrones lain yang saat ini sedang dikembangkan untuk teater broadway, yaitu Robert’s Rebellion. Belum banyak informasi resmi mengenai proyek ini. Yang jelas kisah prekuel berjudul Robert’s Rebellion ini akan bercerita tentang penggulingan Aerys II Targaryen dari kursi Raja Seven Kingdoms oleh Robert Baratheon dan Ned Stark, sepuluh tahun sebelum kejadian Game of Thrones. Proyek ini digarap langsung oleh George R.R. Martin dan ditulis oleh Duncan MacMillan. Menurut The Hollywood Reporter, Robert’s Rebellion akan debut pada tahun 2023.

Tales of Dunk and Egg

Dari teater broadway, kita beralih kembali ke tayangan serial. Tales of Dunk and Egg adalah serial prekuel Game of Thrones yang diadaptasi juga dari novel A Knight of the Seven Kingdoms karya George R.R. Martin. Serialnya akan berlangsung sekitar 90 tahun sebelum kejadian Game of Thrones dan berfokus pada kisah petualangan Ser Duncan the Tall alias Dunk dan asistennya Aegon V Targaryen muda alias Egg. Dan ketika Aegon tiba-tiba dinobatkan sebagai Raja Seven Kingdoms, dia menunjuk sahabatnya Dunk sebagai Lord Commander dari pasukan elite Seven Kingdoms yang disebut Kingsguard. Saat ini Tales of Dunk and Egg masih belum memiliki tanggal perilisan resminya.

9 Voyages

Serial berikutnya yang sedang dikembangkan oleh HBO adalah 9 Voyages, yang akan bercerita tentang petualangan Corlys Velaryon alias Sea Snake sebagai pelaut terhebat di Seven Kingdoms. Di serial House of the Dragons, karakter Sea Snake diperankan oleh Steve Toussaint, belum diketahui apakah perannya di serial 9 Voyages akan diperankan olehnya juga atau tidak. Saat ini kabarnya serial 9 Voyages sedang dikembangkan oleh Bruno Heller untuk jadwal rilis yang masih belum terungkap.

10.000 Ships

Masih dalam bentuk live-action, serial prekuel berjudul 10.000 Ships ini akan bercerita tentang kisah kepemimpinan Putri Nymeria, 1.000 tahun sebelum kejadian Game of Thrones, dalam membawa pengikutnya pergi dari Essos ke Dorne menggunakan 10.000 kapal laut. Setibanya di Essos dia mendirikan kerajaan baru Dorne, dengan klan utama yaitu House of Martell. Agar tidak ada yang kembali ke Essos, Putri Nymeria menyuruh semua pengikutnya untuk membakar semua 10.000 kapal laut tersebut. Saat ini 10.000 Ships masih belum memiliki tanggal perilisan resminya.

Serial Animasi

Dari semua proyek di daftar ini, serial animasi spin-off Game of Thrones adalah yang paling minim informasi. Jumlah serial animasinya juga masih belum jelas, sebagian ada yang menyebutkan 3 serial, sebagian kabar lain menyebutkan bahwa HBO hanya akan fokus pada satu serial saja. Yang jelas, tayangan serial animasi yang sedang dikembangkan ini tentunya akan sangat tepat untuk waralaba Game of Thrones, karena dengan begitu, imajinasi dan fantasinya akan tersampaikan dengan baik dan tanpa batasan.

Itulah 6 proyek spin off Game of Thrones yang saat ini masih dikembangkan oleh HBO. Dari keenam proyek ini, Geeks, mana yang paling membuat kalian tertarik? Tidak ada salahnya juga untuk memilih semuanya. Ikuti terus perkembangan kabar spin off Game of Thrones selanjutnya hanya di Greenscene ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.