Sejak tahun 1970an, Mobile Suit Gundam sudah terus menjadi salah satu franchise anime paling populer di Jepang. Bahkan, kepopuleran Gundam disandingkan dengan kepopuleran Star Wars di Amerika. Salah satu hal yang paling menarik dari franchise ini adalah bagaimana mereka memiliki banyak lini bisnis, salah satunya adalah merchandise atau pernak-pernik.

Untuk franchise Gundam, plastic model kit atau yang bisa disebut Gunpla, merupakan salah satu merchandise yang paling banyak diburu dan dikoleksi oleh orang-orang. Bahkan, nilai penjualannya pun tidak pernah menurun. Mulai dari anak-anak sampai dewasa banyak yang menjadikan Gunpla sebagai hobi. Dan berikut adalah Gunpla yang dianggap paling keren dan juga mahal.

Perfect Grade Unicorn Gundam Unit 2 Banshee Norn

Figure yang sangat luar biasa ini merupakan perwujudan dari mobile suit RX-0 Banshee Norn yang muncul di puncak cerita OVA dari Mobile Suit Gundam Unicorn. Dipiloti oleh Riddhe Marcenas, Banshee Norn dilengkapi oleh semua Armed Armord, juga Beam Magnum, Beam Saber, dan Rocker Launcher.

Yang luar biasa adalah semua persenjataan dari Banshee Norn dihadirkan dalam figure ini, bersama juga dengan efek energi ledakannya. Figure ini juga memperlihatkan warna hijau di bagian framenya, yang mirip dengan aslinya. Yang luar biasa juga adalah terdapat LED yang dipasangkan di model kit ini. Harga dari model kit ini sekitar 700 USD atau sekitar 10 juta Rupiah.

Gundam Astray Gold Frame Amatsu Hana Metal Build

Figure dari Metal Build Astray Gold Frame Amatsu Hana terlihat seperti ksatria raksasa mekanik, yang mana hal tersebut memang sesuai dengan karakternya yang muncul dalam manga Mobile Suit Gundam SEED ASTRAY Princess of the Sky. Mobile suit ini dipiloti oleh Lath Winslet dan Kazahana Aja.

Figure ini merupakan representasi dari Amatsu Hana dengan pewarnaan yang sedikit cerah. Karena menjadi bagian dari seri Bandai Spiritis Metal Build, figure ini bukanlah Gunpla yang bisa dibentuk seperti umumnya. Figure ini memang sudah dibentuk sejak awal dan langsung siap untuk dipajang. Dengan tinggi sekutar 18 cm, figure ini dibanderol dengan harga 450 USD atau hampir 6,5 juta Rupiah.

Premium Limited Perfect Grade Trans-Am Raiser

Dirilis untuk merayakan 10 tahun Mobile Suit Gundam 00, figure Perfect Grade Raiser dalam bentuk Trans-Am nampak sangat mencolok dengan warna Rose Gold. Meskipun terlihat sedikit aneh untuk sebuah mobile suit, figure ini nampak benar-benar ciamik. Figure ini pun dilengkapi dengan beam saber, pedang dan perisai, serta LED yang menyala hijau.

Yang menarik dari figure ini adalah pada bagian jetpack yang ada di belakang rangka figurenya juga ternyata bisa dilepas, yang mana artinya figure ini menghadirkan konsep two in one atau menghadirkan dua hal sekaligus dalam satu figure. Untuk bisa menebus figure menarik dan unik ini, Geeks diharuskan membayar sebesar 400 USD atau sekitar 5,8 juta Rupiah.

Plated Coating Wing Gundam Zero

Salah satu desain mobile suit yang paling ikonik adalah Wing Gundam Zeo dari seri Gundam Wing: Endless Waltz. Sedikit perubahan kemudian diberikan kepada Gundam ini, di mana di balik rangka Gundam tersebut terdapat sepasang bulu sayap buatan. Figure ini juga hadir dengan senjata ikonik Double Buster Rifle.

Plated Coating Wing Gundam Zero merupakan salah satu bagian dari Hi-Resolution Model Kits milik Bandai. Mereka menyediakan rangka yang belum dibangun, dan ada pula bagian yang bisa dibangun oleh para pehobi. Warna metalik pada bagian sayap memiliki kualitas bahan yang tinggi. Bagian-bagian lainnya pun tidak kalah ciamik. Untuk bisa menebus figure ini, Geeks perlu membayar sekitar 400 USD atau sekitar 5,8 juta Rupiah.

TAMASHII NATIONS Strike Freedom Gundam

Figure Gundam yang satu ini bukanlah bagian dari seri Gunpla utama mana pun, melainkan bagian dari Tamashii Nation yang masih milik Bandai. Tamashii Nation sendiri adalah perusahaan yang membuat berbagai figure dari franchise lainnya seperti Star Wars, Monster Hunter, Dragon Ball Z, dan tentunya Gundam.

Figure ini merupakan perwakilan dari mobile suit milik Kira Yamato Strike Freedom Gundam dari Mobile Suit Gundam SEED Destiny. Figure ini didesain oleh Tomo Shigeta, dan mampu melakukan berbagai pose atau hal lainnya. Dari segi desain pun tingkat keakuratannya sangat tinggi. Hal ini pun membuat harganya cukup tinggi, yaitu 700 USD atau sekitar 10 juta Rupiah.

Perfect Grade Unicord Gundam 03 Phenex Narrative Version

Bisa dibilang Perfect Grade Unicorn Gundam Phenex Narrative version ini adalah figure Gundam yang paling keren dan juga paling mahal. Mobile suit ini diadaptasi dari seri anime Mobile Suit Gundam NT. Dengan warna emas yang cerah, Phenex bisa dengan cepat mendapatkan perhatian orang-orang. Disertai dengan LED biru yang menempel di badannya, benar-benar menambah kesan yang mewah.

Figure Gundam Phenex juga dilengkapi dengan perisai sayap yang ikonik, yang mana perisai tersebut pun berwarna emas. Figure ini sendiri sudah dirilis pada Maret 2021 kemarin, dan yang menarik adalah ada dua versi harga yang diberikan. Untuk versi pre-order, figure ini dihargai 550 USD atau sekitar 7,9 juta Rupiah. Dan ketika sudah terjual, harganya bisa mencapai 770 USD atau sekitar 11 juta Rupiah.

Gunpla merupakan salah satu hobi yang unik dan menarik, meskipun seperti halnya hobi lainnya ada harga yang harus dibayarkan. Dan beberapa figure di atas adalah contoh dari Gunpla yang mahal, namun harga yang harus dibayarkan sesuai dengan kualitas yang diterima oleh Geeks semua. Bagi pehobi, mungkin harga tersebut bisa jadi bukan masalah selama mereka bisa mendapatkan model tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.