Infinity Crisis

Jika di kisah lain Superman diceritakan tewas secara mengenaskan di tangan orang lain, di komik Infinity Crisis, dia justru dibunuh oleh dirinya sendiri. Di komik tersebut diceritakan bahwa alam semesta utama, yaitu Earth-2, diserang oleh Superboy-Prime dan Alexander Luthor dari Earth-3. Untuk melindungi Bumi Superman berusaha menghadapi ancaman tersebut, tetapi karena Superman utama bukan tandingan Superboy-Prime pada saat itu, dia tewas di tangan versi alternatif dirinya sendiri. Untungnya, kematian Superman berhasil membuat para superhero lain untuk bersatu dan menang melawan Superboy-Prime.

Kingdom

Seakan mati satu kali masih dianggap kurang, Superman pernah diceritakan mati berkali-kali di sekuel Kingdom Come, yaitu komik The Kingdom. Di komik tersebut, seorang villain penjelajah waktu bernama Gog, yang sebelumnya diberi kekuatan oleh Quintessence, memutuskan untuk menggunakan semua kekuatannya untuk membunuh Superman di semua timeline. Menyaksikan Superman mati berkali-kali oleh musuh yang sama adalah pengalaman yang sulit sekali didapatkan dari kisah DC lainnya. Dan “tragis” adalah kata yang tempat untuk menggambarkan nasib Superman tersebut.

Last Knight On Earth 

Kematian tragis Superman berikutnya pernah diceritakan di komik Batman: Last Knight On Earth. Diceritakan pada zaman post apocalyptic banyak sekali superhero dan supervillain yang tewas dibunuh oleh Omega, tetapi hal tersebut tidak menjadi alasan bagi para superhero dan supervillain yang tersisa untuk bertarung dengan supervillain kuat tersebut. Namun, bukannya bekerja sama, Superman dan Lex malah bertengkar untuk memutuskan siapa yang akan menghadapi Omega. Dalam prosesnya Superman tewas di tangan musuh bebuyutannya, yaitu Lex, sebelum akhirnya giliran Lex yang tewas oleh Omega.

Red Son

Dalam salah satu kisah alternatif DC, Superman diceritakan tumbuh besar menjadi seorang pemimpin di Uni Soviet. Dengan kekuatannya, Uni Soviet diceritakan berkembang menjadi negara paling kuat di Bumi. Di sisi lain, negara Amerika yang dipimpin oleh Lex Luthor, ingin sekali mengalahkan Uni Soviet. Luthor kemudian menciptakan pasukan Green Lantern Corps untuk bertempur melawan Superman. Mengetahui bahwa dunia akan lebih damai tanpanya, Superman menciptakan Brainiac yang seolah-olah menyerangnya dan membunuhnya. Dan sejak saat itu Uni Soviet pun runtuh dengan kematian Superman.

Superman New 52

Walaupun era New 52 banyak dikritik oleh para penggemar, tetapi kematian Superman di New 52 adalah salah satu kisah yang menarik sekaligus tragis. Diceritakan bahwa menjelang kematiannya, Superman makin hari makin melemah. Sampai akhirnya dia diceritakan harus berhadapan dengan Denny Swan, yang sebelumnya tersambar petir dan mengaku sebagai Superman baru. Saat bertarung dengannya, Superman yang sudah melemah memutuskan untuk mengeluarkan semua sisa kekuatannya. Walaupun menang, pada akhirnya Superman tewas karena keracunan kryptonite.

Itulah 10 kematian Superman yang paling tragis di DC Universe. Kematiannya yang berulang kali ini telah membuktikan bahwa Superman pada dasarnya hanya superhero biasa yang tidak mempunyai keabadian, meskipun dirinya diberkahi dengan kekuatan super yang sangat hebat. Selain itu, dari berbagai kematiannya ini, bisa disimpulkan bahwa kematian Superman yang heroik selalu meninggalkan dampak yang besar bagi Bumi dan orang-orang di sekitarnya, menandakan betapa pentingnya Superman di DC Universe.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.