Dalam sejarah DC, Superman adalah salah satu superhero andalan dan juga paling kuat dalam setiap kisahnya. Walaupun Superman bukan makhluk Bumi asli, dia hadir sebagai harapan bagi Bumi untuk menghalau semua ancaman dari para supervillain yang berbahaya. Di mana dalam prosesnya, Superman harus mengalami jatuh bangun dan bahkan beberapa kali diceritakan mati. Dari sekian banyak kematian Superman di DC, ada di antaranya yang paling tragis dan memberi dampak yang sangat besar pada DC. Berikut 10 kematian Superman paling tragis yang pernah diceritakan di DC Universe.

Camelot Falls

Salah satu  inkarnasi Superman di komik Superman: Camelot Falls, diceritakan harus menghadapi supervillain kuat bernama Khyber, yang sebelumnya mengajak para supervillain untuk bertempur melawan para superhero. Dalam pertempuran udara, Khyber membanting Superman ke Bumi dan menyebabkan bencana alam yang sampai menghancurkan peradaban. Merasa Khyber harus segera dihentikan, Superman kembali menghadapinya sekali lagi. Namun, saat dia hampir menang, Superman malah ragu untuk membunuhnya, dan hal tersebut justru membuatnya mati mengenaskan di tangan Khyber.

Crisis On Infinite Earths

Di kisah Crisis On Infinite Earths, Superman pernah diceritakan bertempur melawan banyak supervillain sekaligus untuk terkahir kalinya. Dengan bantuan Lois Lane, Superman akhirnya mampu memenangkan pertarungan. Dan setelah merasa dunia sudah aman dan tidak ada lagi penjahat, Superman kemudian menggunakan Gold Kryptonite untuk melemahkan dirinya sendiri, dia kemudian pergi ke Fortress of Solitude dan mati di sana. Walaupun cerita ini adalah karangan Lois Lane agar Superman bisa hidup normal dengannya, tetapi kisah Superman tersebut tetap saja terdengar tragis.

DCeased

Sepanjang sejarah DC, kisah komik DCeased bisa dibilang adalah yang paling mengerikan dan tragis. Konsepnya adalah Bumi diceritakan terkena wabah zombie dari Anti-Life Equation yang membuat para manusia, termasuk superhero dan supervillain, menjadi zombie pemakan daging. Saat Flash menjadi zombie paling cepat di Bumi, Superman berusaha menghentikannya dengan terbang ke arah Flash dan menghancurkan tubuhnya. Sayangnya, kuku tangan Flash menancap pada tubuh Superman, membuatnya menjadi zombie sampai akhir hayatnya.

DCEU Dawn of Justice

Salah satu kisah ikonik di mana Superman mati secara tragis adalah di film Batman v Superman: Dawn of Justice (2016). Meskipun filmnya dimulai dengan perseteruan antara Batman dan Superman, tetapi pada akhirnya mereka berdua bertarung bersama untuk mengalahkan klon Zod Doomsday yang dibuat oleh Lex Luthor. Untuk mengalahkannya, Superman kemudian melakukan serangan terakhir dengan menusukan tombak kryptonite buatan Batman ke Doomsday. Mengetahui bahwa dia telah kalah, Doomsday juga menusuk dada Superman, dan akhirnya mereka berdua sama-sama mati.

The Death of Superman

Dari judul komiknya saja kita sudah tahu bahwa The Death of Superman akan menceritakan kematian dari Superman. Namun, yang tidak diduga sebelumnya adalah bahwa kematiannya di komik ini adalah yang paling tragis pada saat itu. Diceritakan bahwa Doomsday yang tiba-tiba muncul langsung mengalahkan para anggota Justice League. Sebagai salah satu anggota terkuat di tim, Superman kemudian bertarung habis-habisan dan berhasil membunuh Doomsday. Sayangnya luka yang diterima oleh Superman menyebabkan dia mati di pelukan Lois Lane, meninggalkan Bumi dalam kesedihan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2