Sudah dua dekade lebih Eiichiro Oda menerbitkan seri paling populer di dunia yaitu One Piece. Namun, meskipun begitu sampai saat ini masih ada banyak misteri yang masih belum terpecahkan. Salah satunya adalah teka-teki tentang sosok Dr. Vegapunk. Selama ini, kita hanya diberi tahu bahwa Vegapunk adalah sosok ilmuwan yang luar biasa jenius.

Selain itu, kita pun baru diperlihatkan sedikit mengenai penampilan fisik dari Vegapunk. Oda Sensei menggambarkan Vegapunk sebagai seorang pria dengan kaos bergaris, menggunakan sarung tangan kuning, dan menggunakan jas lab. Untuk wajahnya sendiri masih dirahasiakan. Yang paling mengesankan dari Vegapunk adalah berbagai ciptaan dan uji coba yang dia lakukan atau hasilkan.

Berbicara mengenai Vegapunk, banyak fans meyakini bahwa Vegapunk akan muncul di arc Wano Country ini. Ada beberapa hal yang dianggap menjadi petunjuk mengenai kemungkinan kemunculan Vegapunk di Wano. Pertama, di awal arc Wano Country, Orochi sempat meminta kepada CP-0 untuk membawa serta Vegapunk. Hal ini sebagai bentuk kesepakatan jual-beli senjata antara Pemerintah Dunia dan Orochi.

Kemudian, dalam arc Reverie pun sempat disinggung bahwa pihak angkatan laut kemungkinan akan muncul di Wano. Ini bisa menjadi jalan bagi pihak angkatan laut untuk bisa masuk ke Wano. Mereka mungkin akan mengikuti keinginan Orochi untuk mengirimkan Vegapunk ke Wano, dengan ditemani angkatan laut sebagai bentuk pengamanan.

Sedangkan pasukan angkatan laut lainnya kemudian akan datang secara mendadak. Pada intinya, Vegapunk muncul sebagai “umpan” bagi invasi angkatan laut ke Wano. Kedua, Vegapunk merupakan sosok yang bertanggung jawab atas buah iblis buatan yang dimakan oleh Momonosuke. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Trafalgar, bahwa Pemerintah Dunia memiliki rencana untuk membuat pasukan raksasa.

Mereka pun kemudian menangkap Kaido dan membuat Kaido sebagai subyek uji coba. Sayangnya, Vegapunk sendiri menganggap buah iblis ciptaanya dari DNA Kaido tersebut sebagai sebuah kegagalan. Hal ini pun memunculkan tanda tanya, di mana pada kenyataanya buah iblis tersebut tidak terlalu buruk. Momonosuke mampu berubah menjadi seekor naga yang mirip dengan naga Kaido.

Satu-satunya hal yang mungkin belum sempurna adalah bagaimana Momonosuke perlu dalam keadaan panik untuk bisa berubah menjadi naga. Belum lagi kita pun melihat buah iblis buatan SMILEs yang banyak dikonsumsi penduduk Ebisu di Wano. Kemunculan Vegapunk mungkin bisa memecahkan masalah bagaimana menghilangkan efek yang muncul setelah memakan buah tersebut.

Chopper mungkin bisa saja mencari tahu atau menjadi orang yang melakukan hal tersebut. Tetapi, Vegapunk mungkin dianggap lebih pantas untuk muncul. Franky dan Chopper sendiri mungkin bisa belajar dari Vegapunk mengenai berbagai macam hal, mulai dari masalah medis sampai hal teknologi.

Berdasarkan hal tersebut, pada intinya kemunculan Vegapunk bertujuan untuk memecahkan berbagai misteri yang ada atau yang muncul di Wano. Vegapunk juga mungkin bisa memberikan kesempatan bagi Oda Sensei untuk mengembangkan ceritanya, seperti bagaimana Chopper dan Franky bisa mempelajari banyak hal dari Vegapunk.

Kemudian, pertemuan Vegapunk dengan kelompok Topi Jerami juga bisa menjadi momen yang pas untuk memberikan atau menghadirkan penjelasan mengenai buah iblis – dan juga berbagai misteri lainnya. Vegapunk sendiri bisa saja muncul di akhir arc Wano sebagai “penutup” dari arcnya.

Dengan begitu, Oda dianggap tidak perlu membuat sebuah arc yang khusus untuk membahas Vegapunk – meskipun mungkin hal itu akan lebih baik. Oda bisa kemudian fokus pada arc selanjutnya yang lebih krusial, mengingat saat ini cerita One Piece sudah mendekati akhirnya. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Oda Sensei memang akan menghadirkan Vegapunk di akhir arc Wano.