Avengers adalah salah satu elemen penting yang ada Marvel Universe, begitu juga dengan di Marvel Cinematic Universe. Sejak pertama kali diceritakan di film The Avengers (2012), sampai sekarang tim super terbaik Bumi ini telah mengalahkan berbagai macam penjahat, dari Loki dan pasukan Chitaurinya, kemudian Ultron dan para sentrynya, bahkan sampai Thanos dan pasukan Black Ordernya. Selama petualangan mereka bersama, Avengers diceritakan telah memiliki berbagai markas menarik di MCU.

Saat pertama kali dibentuk, Avengers bermarkas sementara di Helicarrier milik SHIELD. Kemudian setelah status keanggotaanya lebih jelas, Tony Stark alias Iron Man mengubah Stark Tower menjadi markas baru Avengers yang disebut Avengers Tower. Dan setelah kejadian Civil War, Tony menjual Avengers Tower dan memindahkan semua properti Avengers dari ke Avengers Compound. Sayangnya, markas tersebut dihancurkan oleh Thanos di Avengers: Endgame (2019) saat pertempuran terakhirnya melawan Avengers.

Dengan ketidak-jelasan status Avengers pasca Endgame, banyak penggemar yang mempertanyakan apakah Avengers masih ada? Melihat credit scene film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021), saat Bruce Banner, Captain Marvel, dan Wong berbicara pada Shang-Chi, kemungkinan besar Avengers masih aktif secara diam-diam. Mengingat Avengers Compound sudah hancur, jika Avengers kembali “go public” di mana mereka akan bermarkas? Berikut 4 kemungkinan markas baru Avengers di MCU!

Sanctum Sanctorum

Pertama kali diceritakan di film Doctor Strange (2016), pada dasarnya Sanctum Sanctorum adalah markas para ahli sihir Mystic Art, di antaranya adalah Sorcerer Supreme Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) dan Wong (Benedict Wong). Di Bumi terdapat tiga Sanctum yang saling berhubungan, yaitu New York Sanctum, London Sanctum, dan Hong Kong Sanctum.

Alasan mengapa Sanctum Sanctorum bisa menjadi markas Avenger berikutnya adalah karena di Marvel Comics sendiri, Strange sering membukakan pintu Sanctum Sanctorum untuk perlindungan bagi para Avengers, di mana hal tersebut membuatnya seperti markas Avengers kedua. Jika Avengers MCU bermarkas di tempat ini, para superhero Bumi bisa saling terhubung dengan tiga lokasi yang berbeda, memungkinkan superhero Asia masuk melalui Hong Kong Sanctum, superhero Eropa melalui London Sanctum, dan superhero Amerika melalui New York Sanctum.

Wakanda

Kerajaan Wakanda adalah negara fiktif Marvel yang berada di Afrika, lokasinya sendiri dikelilingi oleh pegunungan dan hutan belantara yang sangat lebat. Namun, bukan berarti negara kecil ini tertinggal, karena pada kenyataannya teknologi di dalamnya jauh lebih canggih dari negara mana pun. Dikenal karena simpanan SDA vibraniumnya yang sangat banyak, Wakanda menjadi negara paling kaya dan mungkin paling kuat di Bumi. Karena menganut sistem monarki, kerajaannya dipimpin oleh seorang raja yang biasanya menjadi Black Panther.

Wakanda sendiri telah menjadi saksi sejarah pertempuran antara Avengers dan Thanos di Avengers: Infinity Wars (2018). Dengan semua yang dimiliki oleh Wakanda, dari segi SDA dan sejarahnya, tempat tersebut sangat cocok untuk menjadi markas Avengers berikutnya. Dengan bantuan Wakanda, markas Avengers bisa didirikan di ibu kota Wakanda, yaitu Birnin Zana, sehingga akses terhadap vibranium untuk memperkuat tim menjadi lebih mudah. Selain itu, markas baru Avengers juga akan lebih aman, karena saat ini Wakanda adalah negara paling aman yang dilengkapi berbagai teknologi canggih untuk pertahanan.

Celestials Tiamut

Di film Eternals baru-baru ini, terungkap bahwa selama ini di dalam perut Bumi terdapat Celestial yang siap lahir dengan nama Tiamut. Untuk mencegah kehancuran Bumi kerena kelahiran Tiamut ini, para Eternal Bumi menggunakan Uni-Mind untuk menghentikan Tiamut keluar dari dalam perut Bumi. Walaupun strategi tersebut berhasil mengalahkan Tiamut, kepala dan telapak tangan kiri raksasa Tiamut sempat keluar, sehingga meninggalkan struktur yang sangat besar di Bumi.

Sebagai tim super Bumi, Avengers bisa dengan mudah menjadikan bangkai Celestial Tiamut sebagai markas barunya, seperti di kisah komik Avengers Vol. 8 (2018) ketika Avengers menjadikan bangkai Celestial Progenitor sebagai markas yang disebut Avengers Mountain. Dan jika Avengers MCU menjadikan bangkai Tiamut sebagai markas, mereka bisa memanen sisa-sisa energi kosmik dari kepala Tiamut dengan bantuan para Eternal, dan menggunakannya untuk melindungi Bumi. Dengan telapak tangan Tiamut yang besar juga, Avengers bisa menjadikannya tempat latihan bagi para Avengers muda nantinya.

Gedung Baxter

Dibandingkan dengan ketiga lokasi di atas, Gedung Baxter adalah lokasi yang belum muncul di MCU. Namun bukan berarti tempat ini tidak akan ada, karena Gedung Baxter yang berlokasi di Kota New York ini adalah markas Fantastic Four yang dipastikan akan segera melakukan debutnya di MCU. Setelah FF muncul dengan film solonya nanti, bukan tidak mungkin Reed Richards alias Mister Fantastic membukakan pintu markasnya untuk para Avengers, sama seperti Stark yang menjadikan Stark Tower sebagai markas baru Avengers.

Mister Fantastic adalah orang paling genius di Bumi, sehingga dia juga bisa mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Tony Stark terkait berbagai penemuan yang bisa membantu Avengers untuk melindungi Bumi beserta isinya. Belum lagi, anggota FF yang lain, seperti Sue Storm, Johnny Storm, dan The Thing, bisa menjadi tambahan anggota yang menarik bagi Avengers.

Dengan 4 kemungkinan markas baru ini, Avengers MCU tidak akan kekurangan lokasi untuk menjadikannya sebagai basis para superhero berkumpul. Karena walau bagaimana pun, jika para superhero bersatu dan berkumpul, maka tidak ada yang tidak mungkin bagi Avengers. Mereka bisa mendapatkan semua sumber daya untuk mewujudkan markas Baru di empat lokasi ini. Dari keempat calon markas baru ini, Geeks, kalian setuju Avengers bermarkas di mana?

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.