Senjata menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dalam pertarungan di cerita anime. Mulai dari desain yang sangat unik, sampai pada bentuk yang tradisional atau umum, pedang adalah senjata yang paling banyak digunakan dalam cerita dan juga menjadi sesuatu yang sangat familiar bagi para fans. Bahkan, bisa dibilang pedang menjadi senjata yang digunakan oleh mayoritas karakter anime.

Selain dari segi desain, ukuran pedang yang dihadirkan pun bermacam-macam. Contohnya adalah pedang yang besar seperti dalam seri anime Naruto, sampai pada pedang dengan ukuran seperti yang kita kenal dalam seri One Piece. Terkadang, pedang dengan ukuran besar menghasilkan daya hancur yang besar pula. Namun, ada juga pedang dengan ukuran kecil yang tidak kalah mengerikan dari pedang dengan ukuran besar. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Short Sword – Goblin Slayer

Goblin Slayer adalah sosok petualang yang sangat kuat dan juga misterius. Dia diketahui tidak pernah melepas armor yang dia gunakan di depan orang-orang. Obsesi paling besar dari sang Goblin Slayer, sesuai dengan namanya, adalah berburu dan menghabisi semua goblin yang ada di dunia. Dan untuk mewujudkan obsesinya tersebut sang Goblin Slayer menggunakan sebuah pedang ikonik.

Pedang yang digunakan pun merupakan pedang dengan ukuran kecil dan tidak terlalu panjang. Pedang ini sangat efektif untuk digunakan di ruangan sempit atau ruang yang tidak terlalu luas. Pedang ini sendiri digunakan ketika goblin yang menjadi target tidak mampu atau tidak cukup untuk dihabisi dengan pisau. Meskipun sering kali pedangnya hancur, namun sang Goblin Slayer selalu berhasil membetulkan pedang tersebut.

Twin Blade – Banished from the Hero’s Party, I Decided to Live a Quiet Life in the Countryside

Dalam anime Banished from the Hero’s Party, I Decided to Live a Quiet Life in the Countryside, Rit merupakan petualang yang tinggal di tempat milik Red. Meskipun Rit dianggap petualang dengan ranking B atau pemula, dia memiliki kemampuan berpedang yang sangat luar biasa. Rit sendiri menggunakan pedang yang memiliki bagian melengkung, yang selalu dia sematkan di pinggangnya. Setelah dilatih oleh Lord Gaius, melindungi kerajaannya dari para monster, dan berpetualang dengan Hero’s Party, kemampuan berpedang Rit pun akhirnya meningkat. Dengan penggunaan pedang unik ini, memberikan Rit gaya bertarung yang unik juga.

White Chakra Sabre – Naruto

Dalam dunia Naruto, Hatake Kakashi dikenal karena kemampuan Sharingan miliknya dan juga teknik Raikiri. Tetapi, saat Kakashi masih menjadi Jonin, dia diketahui memiliki sebuah pedang pendek. Pedang tersebut merupakan milik sang ayah, Hatake Sakumo, yang dikenal dengan sebutan “White Fang.” Pedang tersebut kemudian diwariskan kepada kakashi.

Pedang milik Sakumo tersebut bernama “White Chakra Sabre,” yang merupakan pedang berjenis tantou dengan bagian pelindung kecil berbentuk lingkaran. Kakashi sempat menggunakan pedang ini dalam berbagai pertarungan saat perang besar shinobi ketiga. Namun, pedangnya kemudian hancur dalam pertarungannya melawan Kakko, saat melindungi Obito dan Rin.

Tsubaki Ninja Sword Form – Soul Eater

Tsubaki, partner dari Black Star dalam seri anime Soul Eater, merupakan sebuah Demon Weapon yang memiliki banyak form atau bentuk. Dia bisa bertransformasi menjadi sebuah bom asap, shuriken, atau pedang. Tetapi, yang paling epik dari transformasi Tsubaki adalah kemampuannya untuk berubah menjadi sebuah Ninja Sword atau pedang ninja. Transformasi tersebut membuat Black Star untuk bisa fokus terhadap kecepatannya.

Selain itu, menggunakan pedang ini juga membuat Black Star bisa menggunakan teknik ‘Speed Star’ miliknya. Teknik ‘Speed Star’ sendiri merupakan teknik yang membuat Black Star untuk bisa bergerak dalam kecepatan yang sangat tinggi, membuatnya tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, sehingga memberikan keuntungan dalam pertempuran.

Maple Short Sword – Bofuri: I Don’t Want to Get Hurt, so I’ll Max Out My Defense

Dalam seri anime Bofuri: I Don’t Want to Get Hurt, so I’ll Max Out My Defense, Bofuri dikenal sebagai seorang monster dan karakter yang mirip seperti seorang pemimpin/bos karena kekuatan dan juga kemampuannya yang sangat unik. Perisai yang dia miliki, ‘Replica Of The Dark Knight,’ bersama dengan ‘Devourer Skill’ menjadi teknik yang paling ikonik dari Maple karena memang dia berfokus pada hal pertahanan.

Namun, bukan berarti Maple tidak bisa menyerang sama sekali. Maple diketahui memiliki sebuah pedang pendek yang juga sangat dahsyat, yang membuat Maple bisa menggunakan teknik ‘Hydra,’ ‘Paralyzing Shout,’ dan sebagainya. Dengan perpaduan antara perisai dan pedang tersebut, Maple pun menjadi sosok yang sangat kuat.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2