Bagi bajak laut, memiliki kru atau anak buah bisa membantu mereka menjadi yang terbaik atau yang terbesar di lautan. Para kru tersebut akan membantu untuk memenangkan pertempuran yang ada atau yang terjadi. Tidak banyak bajak laut yang mampu bertahan di lautan dan menjadi sosok kuat tanpa kehadiran para kru atau anak buah. Contohnya adalah Dracule Mihawk atau pun Shanks si rambut merah.

Diantara para penguasa samudra atau Yonko lainnya, Shanks dan kelompok bajak laut Rambut Merah mungkin adalah kelompok bajak laut yang paling sedikit krunya. Hal ini bisa dilihat dari kelompok bajak laut Whitebeard yang memiliki ribuan anak buah, yang terbagi ke dalam puluhan divisi. Kemudian kelompok Big Mom yang juga memiliki ribuan kru, yang dipimpin oleh anak-anaknya.

Yang paling epik tentunya adalah kelompok bajak laut Beast yang dipimpin oleh Kaido, yang diketahui memiliki 30.000 pasukan. Shanks sendiri diketahui hanya memiliki kru yang jumlahnya puluhan. Dan juga kru Shanks tersebut masih sangat misterius. Baru sedikit kru Shanks yang diketahui namanya, contohnya adalah Benn Beckman, Lucy Roo, dan Yasopp.

Namun, baru-baru ini dalam kolom SBS Volume 101, Oda Sensei pada akhirnya mengungkapkan nama-nama kru Shanks lainnya ketika ada seorang fan bertanya tentang hal ini. Nama-nama kru Shanks yang belum disebutkan adalah Lime Juice, Bonk Punch, Monster, Building Snake, Hongou, dan Howling Gab. Namun, seperti disebutkan dalam artikel sebelumnya, terdapat sebuah hal menarik juga yang disampaikan oleh Oda dalam SBS ini.

Menurut Oda, kelompok Shanks saat ini menjadi kelompok bajak laut yang besar. Bahkan, nama-nama yang disebutkan di atas merupakan para petinggi dari kelompok bajak laut Shanks ini. Artinya, mereka tentu memiliki bawahan atau anak buah, yang mana jumlahnya sendiri masih belum diketahui secara pasti. Tetapi, dengan Oda mengatakan bahwa kelompok bajak laut Shanks saat ini menjadi kelompok yang besar, artinya jumlah krunya pun cukup banyak.

Mengapa kemudian Shanks memilih untuk tidak memiliki banyak anak buah? Ada kemungkinan bahwa hal ini terpengaruh dari sang mantan kapten, Gol D. Roger. Seperti yang kita ketahui, beberapa bajak laut kuat saat ini – termasuk para Yonko – dahulunya merupakan kru di sebuah kapal bajak laut. Whitebeard, Big Mom, dan Kaido merupakan bagian dari kelompok bajak laut Rocks.

Shanks sendiri merupakan bagian dari kelompok bajak laut Roger, bersama dengan Buggy si badut. Biasanya, para mantan kru tersebut akan mengadaptasi atau menirukan sistem dari yang pernah mereka lihat atau alami sebelumnya. Contohnya, kelompok bajak laut Beast dianggap menirukan sistem hierarki yang dahulu sempat digunakan oleh kelompok bajak laut Rocks.

Dan Shanks sendiri menirukan apa yang dilakukan oleh Roger, di mana diketahui Roger pun tidak memiliki banyak kru atau anak buah. Jumlahnya pun hanya puluhan. Tetapi, bisa dibilang meskipun jumlah krunya hanya puluhan mereka bisa tetap efektif. Terbukti dari Roger yang pada akhirnya berhasil menuju Laugh Tale dan menjadi raja bajak laut. Hal ini tentunya tidak akan berhasil tanpa bantuan dari para krunya.

Menarik tentunya untuk melihat apa yang sedang dipersiapkan oleh Oda Sensei terhadap kru bajak laut Shanks dengan jumlah krunya yang bertambah banyak. Mungkin Oda akan menghadirkan sesuatu yang luar biasa, seperti pertempuran. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi pada kru bajak laut Shanks pada chapter selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.