Kemarin Hawkeye baru saja menayangkan episode terbarunya yang memulai serialnya dengan kisah masa kecil Maya Lopez (Alaqua Cox). Dalam flashback tersebut, banyak sekali karakter yang bukan hanya penting bagi kehidupan Maya, tetapi juga menjadi salah satu premis di serialnya Hawkeye kali ini. Diceritakan bahwa ayah Maya Lopez, yaitu William Lopez (Zahn McClarnon) dibunuh oleh Clint Barton (Jeremy Renner) saat dirinya masih menjadi Ronin setelah peristiwa Thanos Snap, di mana hal tersebut yang membuat Maya sangat dendam pada Ronin yang awalnya dia kira adalah Kate Bishop (Hailee Steinfeld).

Menariknya, bukan hanya William saja karakter penting yang muncul dalam cerita flashback Maya, tetapi ada satu karakter lagi yang mungkin akan jauh lebih berdampak pada masa depan MCU. Karakter misterius tersebut muncul ketika Maya kecil sedang melakukan latihan karate, William yang tidak bisa menjemput Maya ketika pulang nanti, menitipkannya pada sosok yang disebutnya sebagai “Paman”. Sosok paman ini terlihat sekilas memiliki tubuh yang besar dan setelan rapi. Siapa sebenarnya paman Maya ini? Dan akan seperti apa dampaknya pada MCU? Simak penjelasannya di bawah ini.

Siapa “Paman” di Hawkeye Episode 3?

Sepertinya sosok “paman” yang dimaksud di flashback tersebut bukanlah paman kandung dari Maya Lopez, melainkan sosok teman ayahnya yang sudah sangat dikenal baik oleh Maya sendiri. Di Hawkeye episode 3 sempat dijelaskan bahwa William Lopez adalah orang kepercayaan “paman” di Tracksuit Mafia. Sehingga kematian William di tangan Ronin, selain berpengaruh pada kehidupan pribadi Maya, sangat memengaruhi Tracksuit Mafia juga, di mana hal tersebut akan sangat dirasakan oleh sosok paman yang merupakan bos tertinggi dari mafia.

Mengacu pada hubungannya dengan ayah Maya dan mafia, kemungkinan besar sosok paman tersebut tidak lain adalah sang kriminal genius Wilson Fisk alias Kingpin, yang pertama kali melakukan debut komiknya di Amazing Spider-Man #50 (1967) karya Stan Lee dan John Romita. Kingpin adalah villain Marvel yang digambarkan sebagai salah satu pemimpin mafia paling berpengaruh di Kota New York, ciri khasnya adalah mempunyai kepala pelontos, tubuh besar, dan sering mengenakan setelan jas rapi. Di mana ciri-ciri tersebut sangat mirip dengan penampilan sosok paman di flashback Maya.

Di Marvel Comics, kisah Kingpin dan Echo pernah diceritakan di komik Daredevil Vol. 2 #15 (2001). Di komik tersebut diceritakan bahwa ayah Maya Lopez bekerja pada mafia New York yang dipimpin oleh Kingpin. Karena sebuah kejadian, Kingpin menyuruh seseorang untuk membunuh ayah Maya. Mengetahui potensi dari Maya yang bisa meng”copy” apapun yang dilihatnya, Kingpin kemudian mengadopsi Maya dan menjadikannya mesin pembunuh untuk mengalahkan musuh bebuyutannya, yaitu Daredevil. Kingpin mengatakan kepada Maya bahwa yang telah membunuh ayahnya adalah Daredevil.

Pengaruh Kingpin Pada Masa Depan MCU 

Sama seperti tayangan MCU lainnya, kemungkinan Marvel Studios mengubah sedikit latar belakang Maya Lopez dan masa lalunya, agar lebih sesuai dengan kondisi MCU. Dalam hal ini karakter Daredevil yang diburu oleh Maya di Marvel Comics, diganti oleh Ronin alias Hawkeye alias Clint Barton. Perbedaanya terletak pada kebenaran bahwa Ronin memang telah membunuh William Lopez, sedangkan Daredevil hanya difitnah saja oleh Kingpin di komiknya. Walaupun begitu, kita masih belum tahu alasan apa yang menyebabkan Ronin harus membunuh William, karena alasan sebagai Tracksuit Mafia masih belum cukup kuat.

Kemungkinan William dijadikan “perisai hidup” oleh Kingpin, sehingga dia tetap aman dalam membangun kerajaan mafianya pasca Thanos Snap. Karena dengan begitu cukup masuk akal jika saat ini Kingpin menjadi salah satu mafia paling berpengaruh di Kota New York seperti di Marvel Comics. Dan dengan fondasi yang sudah terbangun ini, bukan tidak mungkin Kingpin akan menjadi salah satu villain yang merepotkan superhero lain pada masa depan MCU, dimulai dengan Hawkeye, baru setelah itu dengan musuh di komiknya, seperti Daredevil dan Spider-Man.

Rumor tentang kemunculan Kingpin di serial Hawkeye ini sebenarnya sudah mulai dibahas sejak penayangan perdana serialnya di Disney+. Maya Lopez adalah alasan kuat mengapa Kingpin berpotensi hadir di Hawkeye. Beberapa waktu lalu juga beredar rumor yang mengatakan bahwa karakter Kingpin di Hawkeye nanti akan diperankan oleh Vincent D’Onofrio yang sebelumnya berperan di serial Netflix Daredevil. Tentu saja rumor tersebut disambut meriah oleh para penggemar, karena D’Onofrio adalah aktor yang tepat untuk memerankan Wilson Fisk alias Kingpin.

Kehadiran Kingpin dari Vincent D’Onofrio di serial Hawkeye nanti, pastinya akan membuat petualangan Clint dan Kate jauh lebih berbahaya dari sebelumnya. Karena kali ini mereka bukan hanya menghadapi sekelompok penjahat lucu seperti Tracksuit Mafia, tetapi juga harus berhadapan dengan Kingpin yang merupakan orang berpengaruh di Kota New York, dan bahkan mungkin di Marvel Cinematic Universe. Kita nantikan saja Hawkeye episode berikutnya, semoga saja Kingpin segera muncul di episode mendatang yang dijadwalkan tayang di Disney+ pada hari Rabu, 8 Desember 2021.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.