Batman adalah superhero DC yang memiliki penggemar paling banyak. Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena kehadiran Batman sebagai manusia biasa telah membuktikan bahwa dirinya bisa jauh lebih hebat dari superhero yang diberkahi kemampuan super. Di mana hal tersebut telah menginspirasi para penggemar untuk tidak pernah menyerah pada batasan. Walaupun begitu, bukan berarti Batman tidak pernah diceritakan memiliki kemampuan super, karena dalam beberapa kisah di DC Universe, Batman pernah hadir sebagai versi yang lebih kuat. Berikut 5 Inkarnasi Batman paling kuat di DC Universe!

Batman – Superman/Batman

Sebagai dua karakter populer DC yang bersahabat, Batman dan Superman sudah sering kali diceritakan melakukan petualangan bersama di DC Universe. Dan salah satu petualangan yang paling ikonik adalah ketika Batman dan Superman bersama di komik Superman/Batman. Di komik DC tahun 2003 ini, diceritakan kekuatan Batman dan Superman saling bertukar karena kutukan villain bernama Silver Banshee. Superman menjadi seperti manusia biasa, sedangkan Batman menjadi manusia super dengan kemampuan untuk terbang dan mengeluarkan heat vision.

Batman Who Laughs

Inkarnasi Batman Who Laughs sangat layak masuk ke daftar ini karena kekuatannya yang dahsyat. Di kisah Dark Nights: Metal, inkarnasi Batman jahat ini hadir sebagai pemimpin kelompok inkarnasi Batman jahat lainnya dari Dark Multiverse. Pada dasarnya Batman Who Laughs adalah Batman yang di universenya diceritakan membunuh Joker dan menjadi “gila” setelah Joker Toxin (yang dibuat oleh Joker) menginfeksi dirinya. Dalam sekejap Batman dan Joker tampak bersatu menjadi individu yang jauh lebih brutal dan juga lebih kuat, bahkan Justice League saja tidak mampu mengalahkannya.

Batman – Darkseid War

Sebagai Batman yang biasa saja, Bruce sebenarnya sudah sangat populer dan juga kuat. Namun, seakan masih kurang, DC memberi Batman kekuatan maha dahsyat di komik Darkseid War dengan memperlihatkannya menggunakan Mobius Chair, sebuah kendaraan yang bisa menembus ruang, waktu, dan dimensi. Dalam prosesnya, Batman dibantu oleh Wonder Woman untuk mengambil Mobius Chair dari penciptanya, yaitu seorang New God bernama Metron. Dengan Mobius Chair ini, Batman menjadi Dewa Segala Pengetahuan, memungkinkan dia mengatur arah perang dan mengetahui semua kelemahan musuh.

White Lantern Batman

Batman adalah salah satu karakter DC yang sepertinya mampu menggunakan semua kekuatan Lanterns di DC Universe, dari mulai Green Lantern yang heroik, sampai Black Lantern yang penuh kutukan. Dan versi terbaiknya ketika dia menggunakan Lantern adalah ketika Batman menjadi White Lantern di komik Batman Universe #5. Setelah dia dibunuh oleh Vandal Savage di Crime Alley, Batman hidup kembali dengan kekuatan White Lantern kuno yang memungkinkannya mempunyai kemampuan regenerasi healing paling dahsyat. Dan dengan kekuatan ini akhirnya Batman bisa memberi pelajaran pada Vandal Savage.

Batman Vampire

Apa jadinya jika Batman menjadi manusia kelelawar sungguhan seperti dracula? Inkarnasi Batman yang satu ini benar-benar diceritakan di komik Batman and Dracula: Red Rain. Di komiknya, Batman diceritakan harus berhadapan dengan Dracula yang telah memangsa para tunawisma di Kota Gotham. Namun, untuk mengalahkannya Batman membutuhkan batuan dari vampir lain bernama Tanya yang mengigitnya dan mengubahnya menjadi sosok vampir baru. Sejak saat itu Batman mendapatkan kekuatan super yang meliputi kemampuan vampir seperti terbang dan kekuatan super.

Itulah 5 inkarnasi Batman paling kuat di DC Universe. Walaupun pada dasarnya Batman sendiri sudah kuat, tetapi dengan kekuatan baru ini dia berada di level yang tidak masuk akal, di mana supehero lain belum tentu bisa mendapatkan semua kekuatan ini. Dari mulai vampir sampai White Lantern, yang membuktikan dirinya kuat adalah karena dia “Batman” bukan orang lain. Semoga kedepannya kita bisa melihat lebih banyak kejutan dari inkarnasi Batman yang lain ya, Geeks.