Attack on Titan banyak sekali menghadirkan plot twist atau kejutan-kejutan besar yang terjadi di ceritanya. Salah satu kejutannya adalah ketika para karakter mengungkapkan sebuah fakta atau keputusan yang tidak diduga sebelumnya. Dan hal tersebut otomatis merubah pandangan para fans terhadap karakter itu. Baik pihak Marley atau penduduk Paradis, keduanya sama-sama pernah menghadirkan kejutan tersebut.

Salah satu kejutan terbesar yang dihadirkan dalam ceritanya adalah bagaimana para karakter ini ternyata mengkhianati karakter lainnya. Dengan alur cerita yang gelap, serta berbagai elemen dewasa lainnya yang muncul dalam seri Attack on Titan, rasanya memang wajar jika para karakter ini menunjukan sisi mereka yang lain. Siapa saja?

Reiner Braun

Reiner merupakan salah satu karakter yang populer di seri ini. Seperti yang diperlihatkan dalam kilas baliknya, saat masih kecil Reiner sangat ingin menjadi salah satu pasukan Warrior Marley. Setelah berusaha dengan keras, pada akhirnya mimpi tersebut terwujud. Tetapi, saat dia menjadi anggota Warrior dia dipaksa untuk melakukan apa yang tidak dia inginkan.

Salah satunya adalah melakukan penyusupan ke pulau Paradis untuk mencari informasi tentang Founding Titan. Reiner pun kemudian bergabung dengan Survey Corps, dan bahkan menjadi sosok mentor bagi Eren. Namun, setelah perlahan identitasnya mulai terbongkar, akhirnya Reiner pun berbalik menyerang pulau Paradis dan Survey Corps. Padahal, dia sendiri sudah mulai meyakini bahwa dia adalah bagian dari cabang militer Paradis tersebut.

Ymir

Ketika Ymir masih kecil, dia sempat tinggal dan hidup di wilayah Marley. Sebuah kelompok agama dari pihak Eldian kemudian bertemu dengan Ymir, dan meyakini bahwa dia adalah “jelmaan” dari sosok Ymir Fritz, leluhur kaum Eldia. Ketika para penduduk Marley mengetahui hal tersebut, Ymir pun kemudian dikirim ke Paradis.

Setelah mewarisi kekuatan Jaw Titan, Ymir kemudian memulai hidupnya sebagai pasukan dari 104th Cadet Corps, di mana dia bertemu dengan para karakter lain seperti Eren, Mikasa, dan lain-lain. Karena masa lalunya yang pernah tinggal di wilayah Marley, Ymir pun memahami apa yang harus dialami oleh Reiner dan Bertholdt, yang mana pada akhirnya membuat dia mengkhianati Survey Corps dan membantunya. Akhirnya Porco Galliard pun mengambil alih kekuatan Jaw Titan darinya.

Eren Krueger

Saat sosok Krueger pertama kali diperkenalkan dalam cerita, dia nampak seperti halnya para pasukan militer Marley pada umumnya. Tetapi, pada kenyataanya dia merupakan sosok “The Owl,” identitas rahasia yang dia gunakan sebagai pemimpin dari Eldian Restorationist bersama dengan sosok Grisha Yeager. Krueger juga merupakan pewaris kekuatan dari Attack Titan, dan sudah menggunakan kekuatannya untuk menghabisi para petinggi Marley yang pernah menjadi rekan kerjanya. Krueger kemudian mewariskan kekuatan Attack Titan kepada Grisha Yeager, dengan harapan bahwa dia bisa melanjutkan misi besar mereka.

Zeke Yeager

Sebagai anak dari Grisha dan Dina, Zeke memang sedari awal sudah dipersiapkan untuk menjadi bagian dari Eldian Restorationist. Tetapi, saat pihak Marley hampir saja berhasil membongkar identitas daro Zeke, dia pun kemudian mengkhianati kedua orang tuanya demi menyelamatkan dirinya dan juga kakek neneknya. Akibat dari perbuatannya tersebut, pihak Marley pun akhirnya percaya dan memberikan kekuatan Beast Titan.

Selama bertahun-tahun lamanya, Zeke berpura-pura menjadi sosok yang sangat setia kepada pihak Marley. Tanpa mereka ketahui bahwa sebenarnya Zeke masih menjadi bagian dari Eldian Restorationist dengan caranya sendiri. Zeke sendiri memiliki rencana untuk menggunakan Founding Titan untuk menghentikan pertumbuhan bangsa Eldia. Dengan begitu, pertempuran antar bangsa pun bisa terhenti. Ironisnya, bukan hanya bangsa Marley yang dia khianati. Survey Corps dari pihak Eldia pun dia khianati.

Floch Forster

Floch merupakan salah satu anggota dari 104th Cadet Corps yang pada awalnya hendak bergabung dengan cabang militer Garrison. Tetapi, Floch kemudian memilih untuk bergabung dengan Survey Corps. Ironisnya adalah dia kemudian membenci pihak militer Paradis dan memutuskan untuk membantu Eren mewujudkan mimpinya. Floch merupakan salah satu orang yang ikut membentuk Yeagerist dan membantu mereka mengambil alih kendali Paradis. Flock menjadi pengkhianat bagi teman-temannya, tetapi di sisi lain Floch pun bertarung dengan harapan bahwa Paradis bisa menjadi tempat yang lebih baik.

Eren Yeager

Pengkhianatan paling besar dalam seri Attack on Titan tidak lain adalah pengkhianatan yang dilakukan oleh Eren Yeager. Saat dia masih kecil, dia bermimpi untuk bisa bergabung dengan Survey Corps. Namun, setelah mewarisi kekuatan Attack Titan dan melihat seperti apa situasi pada masa yang akan datang, dia pun berubah secara drastis. Eren mulai mengkhianati mantan rekan-rekannya dan kemudian membentuk gerakan Yeagerist.

Ketika semuanya siap, para Yeagerist ini pun mengambil alih kendali di pulau Paradis. Kemudian yang paling epik tentunya adalah bagaimana Eren menginisiasi serangan Rumbling, yang mengakibatkan ribuan nyawa menghilang. Ironisnya adalah alasan Eren melakukan hal tersebut merupakan langkah yang dia ambil untuk melindungi rekan-rekannya. Eren juga ingin melindungi orang-orang yang ada di balik tembok di pulau Paradis.

Bagi para karakter di ceritanya, momen tentang siapa sosok asli dari yang mereka kenal tersebut tentunya menjadi sebuah kejutan yang tidak terduga. Meskipun pengkhianatan yang mereka lakukan berhasil membuat para fans merasakan apa yang mereka rasakan, di sisi lain, pengkhianatan ini pun bisa dibilang ironis karena mereka memiliki alasan tersendiri mengapa mereka mau melakukan hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.