Mini 4WD merupakan sebuah hobi yang bisa memunculkan tantangan besar bagi para pemiliknya. Ada banyak sekali potensi yang bisa dimunculkan dan diaplikasikan oleh para pemilik terhadap mobil yang dimiliki, seperti dengan melakukan setting atau meningkatkan performanya, apalagi jika Geeks memang sengaja atau merupakan penghobi yang serius dalam menjalankan hobi ini.

Untuk bisa memenangkan sebuah kompetisi tentunya dibutuhkan sebuah “racikan” yang tepat untuk mobil tamiya yang digunakan. Karena, jika settingan dari mobilnya salah, bukan tidak mungkin Geeks akan kalah atau bahkan tidak bisa melanjutkan balapan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan setting mobil Tamiya agar performanya sempurna.

Memasang Dinamo yang Tepat

Dinamo merupakan salah satu komponen penting dalam mobil tamiya. Tanpa adanya dinamo tentu mobil tersebut tidak bisa melaju. Tidak bisa sembarangan juga untuk memasang dinamo di mobil tamiya kita. Ada beberapa kategori dari dinamo yang bisa Geeks perhatikan; torsi tinggi, RPM tinggi, dan seimbang. Pilihan dinamo ini memiliki efek besar terhadap laju dari mobil tamiya.

Dinamo dengan torsi tinggi cocok untuk trek yang berliku-liku atau naik-turun, sedangkan untuk dinamo yang memiliki RPM tinggi cocok digunakan untuk trek yang lurus dan panjang. Sedangkan untuk dinamo seimbang, bisa digunakan untuk trek yang tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu banyak belokannya atau tidak terlalu berkelok-kelok. Geeks perlu memperhatikan trek yang akan dilalui mobil tamiya dan mempertimbangkan dinamo yang tepat untuk bisa mencapai performa yang sempurna.

Pastikan Berjalan Dengan Mulus

Untuk menjaga keseimbangan mobil tamiya dan agar mobilnya bisa belok dengan baik dan tidak keluar lintasan, perlu diperhatikan beberapa komponen utama yang menentukan hal tersebut. Contohnya adalah roller, gear, bearing, dan sebagainya. Pastikan semua hal tersebut berjalan dengan sempurna dan maksimal. Misalnya pastikan roller bisa berputar dengan sempurna, tidak terlalu ketat atau longgar.

Jika semua berjalan dengan baik, mobil tamiya bisa melakukan cornering dengan mudah dan efisien. Jangan lupa juga untuk melapisi minyak (grease) seperti yang dihadirkan dalam instruksi manual. Bersihkan terlebih dahulu area yang akan dilapisi. Pemilihan jenis dan bahan dari bearing atau pun roller juga mempengaruhi kesimbangan dan kecepatan dari mobil tamiya.

Tentukan Ban yang Tepat

Meskipun mobil tamiya tidak seperti mobil balap pada dunia nyata, di mana cuaca, suhu, kelembapan, atau hal lainnya mempengaruhi bagaimana pembalap memilih ban, tetapi memilih ban pun terbukti bisa membantu performa bagi mobil tamiya. Ban lembut (soft tires) berarti lebih banyak cengkraman (grip). Sedangkan ban keras tidak memiliki daya cengkram tinggi.

Namun, dalam Mini 4WD selain ban, roller juga membantu mobil berbelok dengan baik. Dengan pemilihan roller dan ban yang tepat, mobil bisa berbelok lebih mulus dan stabil. Artinya tidak ada pengurangan kecepatan ketika berbelok. Jika Geeks memilih ban lembut, mobil memang akan menjadi lebih stabil, tetapi kecepatan menjadi hal yang harus dipertaruhkan. Ukuran ban pun bisa memengaruhi kecepatan dan gaya belok dari mobil.

Rem dan Damper

Kecepatan memang dibutuhkan, tetapi kecepatan bukanlah segalanya. Mobil yang bisa melaju kencang belum tentu bisa tetap berada di jalurnya. Ketika mobil terlalu kencang, bukan tidak mungkin ketika ada tanjakan atau belokan mobil akan terlempar keluar lintasan. Maka diperlukan pengereman yang baik. Rem yang berupa busa mampu membuat mobil menjadi lebih lambat dan stabil sebelum melompat. Nah di e-commerce Indonesia sendiri, harga busa rem berkisar antara 60-70ribuan.

Sementara untuk Damper, Damper memberikan pengaruh terhadap berat dan bagaimana mobil mendarat setelah melompat. Tentukan posisi atau berat dari damper agar semuanya bisa sempurna dan presisi. Damper memiliki harga yang lebih bervariatif, tergantung dengan bentuk yang beredar. Pemilihan busa rem dan Damper bisa menjadi kunci kemenangan dalam lomba. Perlu diperhatikan ada berapa titik lompatan dalam treknya agar Geeks bisa melakukan penyesuaian.”

Roller

Seperti disebutkan di atas, Roller menjadi salah satu elemen penting selain dinamo di mobil tamiya. Roller adalah kunci dari mobil tamiya agar bisa berbelok dengan mulus. Dan pemilihan jenis atau bahan dari roller pun bisa memengaruhi performa dari mobilnya. Juga perlu diperhatikan ukuran dari roller tersebut, serta bagaimana settingan dari rollernya.

Semakin lebar mobilnya (ketika sudah dipasang oleh roller), maka semakin masuk mobilnya ketika berbelok. Hal ini bisa memberikan keuntungan di mana berbelok jadi lebih mudah dan cepat, serta membuat trek menjadi lebih pendek. Pastikan pengaturan mobilnya sesuai dengan yang dibutuhkan.

Pilih Bahan yang Lebih Ringan

Banyak pembalap Mini 4WD lebih memilih mobil mereka untuk diatur seringan mungkin. Dengan begitu, beban kerja dari dinamo akan berkurang dan tentunya kecepatan pun akan meningkat. Mobil yang ringan juga akan menyebarkan beban secara merata, yang membuat mobil tetap berada di bawah pusat gravitasi.

Untuk meringankan mobilnya, bisa dimulai dari pemilihan body atau rangka tamiyanya. Terdapat pilihan rangka yang ringan dan transparan yang bisa digunakan sebagai dasar dari mobil yang akan Geeks atur. Namun, Geeks juga bisa memilih rangka lainnya yang bisa menyesuaikan dengan trek yang akan menjadi tempat melajunya tamiya tersebut.

Meskipun mobil tamiya hanya mainan, namun bagaimana kita melakukan pengaturan terhadap mobil tersebut seolah menjadi “gambaran” dari apa yang terjadi di dunia nyata. Di sisi lain, seperti di sebutkan di atas juga bahwa melakukan pengaturan yang tepat bisa menghasilkan mobil yang juara. Dan ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.