Midgard Serpent

Satu lagi monster seperti naga selain Fin Fang Foom yang terkenal karena kekuatannya, yaitu Jormungand alias Midgard Serpent. Dalam sejarah Nordik, Midgard Serpent adalah ular raksasa yang saking besar ukuranya, dia bisa melilit Bumi dan menghancurkannya. Sebagai ancaman bagi Nine Realm, tidak aneh jika Midgard Serpent sering berhadapan dengan Thor. Dalam sejarah aslinya dan juga sejarah Marvel, Midgard Serpent adalah makhluk mitologi Asgardian yang satu level dengan serigala raksasa Fenris. Karena dianggap berbahaya, bahkan Odin membuang monster ular raksasa ini ke laut di Bumi.

Sauron

Karl Lykos alias Sauron awalnya hanyalah seorang mutan yang mempunyai kemampuan untuk menyerap energi dan kekuatan orang lain. Namun, ketika dia menyerap energi mutan lain yang bernama Havok, dia berubah menjadi monster yang mempunyai bentuk seperti dinosaurus pteranodon. Di dimensi Savage Land, Sauron menjadi monster penguasa di daerah yang dipenuhi dengan banyak spesies dinosaurus. Sebagai monster dinosaurus, tentu saja Sauron tidak bisa diremehkan, karena Marvel melabelinya sebagai monster dengan ancaman level Avengers, sama seperti Thanos dan Kang the Conqueror.

Swarm

Apa yang terjadi ketika monster serangga menjadi seorang Nazi? Itulah yang terjadi pada monster bernama Swarm ini. Sebelum menjadi monster lebah bernama Swarm, dia adalah seorang ilmuwan Nazi bernama Fritz Von Meyer yang terkenal karena obsesinya pada sarang lebah. Dengan kecerdasannya, dia berhasil melatih ribuan lebah untuk menuruti perintahnya. Sejak saat itu dia menjadi monster lebah yang sering membuat Avengers kewalahan dengan ribuan lebah di tubuhnya. Ditambah lagi dia adalah seorang Nazi yang cerdas, jadi pada dasarnya Swarm sudah menjadi monster sejak awal.

Wendigo

Jika berbicara monster buas, Wendigo adalah salah satunya. Monster yang satu ini berasal dari kedalaman hutan Kanada. Dia diceritakan sebagai monster buas yang sering memangsa manusia dengan cakar dan giginya yang mematikan. Sebagai ancaman bagi manusia, tentu saja hal tersebut membuat Wendigo sering berhadapan dengan para superhero Marvel. Kekuatan dari Wendigo terbukti dari para superhero yang dihadapinya, seperti Moon Knight dan Hulk. Ketika bertarung dengan Hulk, bahkan Wendigo terlihat mampu menyamai kekuatan salah satu anggota Avengers tersebut.

Xemnu

Beberapa monster terkenal di Marvel Universe sebagian besar adalah alien yang diceritakan menginvasi Bumi, salah satunya adalah Xemnu yang penampilannya seperti legenda Yeti. Yang membuat Xenmu sulit dikalahkan adalah karena dia adalah monster yang cerdas sekaligus kuat. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 60-an di komik Journey Into Mystery, Xemnu adalah monster sakti yang mampu mengunakan telekinesi dan hipnosis. Dengan kekuatan tersebut, Xemnu diceritakan berhasil mengendalikan superhero sekelas Hulk untuk melakukan semua perintahnya.

Dari sekian banyak monster di Marvel Universe, cukup jelas bahwa 10 monster ini adalah yang paling sulit untuk dikalahkan. Bukan hanya kekuatannya saja yang membuat kesepuluh monster ini eksis, tetapi mereka juga terkenal karena mempunyai kemampuan yang unik, dari mulai berubah bentuk, sampai mengendalikan pikiran orang lain. Jadi, anggapan tentang monster itu pada umumnya bodoh, harus disingkirkan dari kamus Marvel, karena kesepuluh monster ini telah membuktikan bahwa monster adalah ancaman yang sebenarnya.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.