Arc Wano Country masih terus berlangsung sampai saat ini. Dan sepertinya ceritanya sendiri masih belum akan selesai dalam waktu dekat. Saat ini, pertempuran di Onigashima sedang berada di puncak cerita. Setelah sebelumnya lima Worst Generation menghadapi dua Yonko utama, kini kelima Worst Generation tersebut berhadapan dengan musuh mereka masing-masing.

Luffy saat ini sedang berhadapan dengan Kaido. Eustass Kid dan Law sedang berhadapan dengan Big Mom. Killer baru saja memenangkan pertarungan menghadapi Basil Hawkins. Dan Zoro sendiri saat ini sedang berhadapan dengan King. Tetapi, memang tidak mudah untuk berhadapan dengan komandan terkuat dari kelompok bajak laut Beast tersebut. Hal ini terbukti dari Zoro yang kewalahan dalam menghadapi King.

Namun, banyak fans yang mengatakan bahwa Zoro akan berhasil mengalahkan King. Bukan hanya itu, Zoro juga diprediksi akan mampu melampaui kekuatan dahsyat dari Kozuki Oden. Dan sepertinya spekulasi mengenai hal tersebut perlahan mulai terbukti, seperti yang diperlihatkan dalam beberapa petunjuk yang muncul dalam ceritanya.

Pertama, dari sisi kekuatan. Dalam salah satu momen diperlihatkan bagaimana Kaido dan Big Mom melakukan sebuah serangan kombinasi. Mereka berdua melancarkan serangan yang sangat dahsyat. Yang menarik adalah Zoro berhasil menahan serangan tersebut, meskipun hanya untuk beberapa saat. Serangan kombinasi tersebut dianggap lebih dahsyat dari serangan yang pernah diterima oleh Oden di sepanjang hidupnya, contohnya adalah teknik Kamusari milik Roger.

Meskipun pada chapter 1033 kemarin, Zoro mengatakan bahwa dia masih sedikit lemah, namun pada akhirnya Zoro bangkit dan mengerahkan seluruh kemampuannya. Kedua, Zoro diyakini akan melampaui Kozuki Oden ketika dia benar-benar bisa mengendalikan pedang Enma, pedang milik Oden yang sekarang ada di tangan Zoro.

Dalam chapter 1033 kemarin, kita mendapatkan penjelasan mengenai pedang dan koneksinya dengan sang pemilik serta pembuatnya. Pembuat pedang – seperti Shimotsuki Kozaburo dan Tenguyama – membuat sebuah pedang dengan dua harapan. Pertama, sesuai dengan tujuannya, pedang tersebut harus bisa mencabut nyawa orang sebanyak-banyaknya.

Kemudian, pengguna dari pedang tersebut pun harus bisa membuat pedangnya berubah menjadi pedang hitam. Dengan cara seperti itu, maka takdir dan juga tujuan dari si pembuat pedang tersebut akan terpenuhi. Oden merupakan satu-satunya orang yang diketahui berhasil mengendalikan Enma, meskipun hal tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Dengan waktu yang panjang tersebut Oden mulai memahami Enma dan mampu mengendalikannya, sehingga dia bisa mencari celah agar tidak ada efek negatif yang muncul saat menggunakannya. Dalam chapter 1033 kemarin, kita melihat bagaimana selama ini – saat pertempuran berlangsung – Zoro selalu menahan Haki Penguasa miliknya agar tidak sepenuhnya digunakan.

Tetapi, hal itu bukanlah sesuatu yang diinginkan Enma. Enma sendiri ingin Zoro untuk menggunakan Haki Penguasa miliknya secara penuh, karena itulah cara yang bisa digunakan untuk bisa menguasai Enma. Konsep sederhananya adalah Enma akan memberikan efek yang luar biasa dahsyat, dengan syarat sang pengguna harus mau membiarkan Enma menyerap banyak sekali Haki.

Seperti yang diperlihatkan dalam kilas balik kisahnya, Kozuki Oden memang tidak pernah ragu untuk mengerahkan Haki Penguasa atau Haki Senjata dalam jumlah besar. Bahkan, saat bergabung dengan kru Roger dan Whitebeard pun Oden dianggap setara dengan para komandan Yonko lainnya – bahkan hampir setara dengan mereka berdua.

Meskipun begitu, satu hal yang tidak dimiliki oleh Oden adalah menguasai sepenuhnya dari Enma. Perlu disimak bahwa Oden memang bisa mengendalikan pedang Enma, tetapi dia tidak pernah benar-benar menguasai Enma meskipun dia sudah lama memiliki Enma. Itulah alasan mengapa pedang Enma – dan Ame no Habakiri – bukanlah bagian dari pedang hitam seperti Yoru atau Shusui.

Tetapi, yang menarik adalah meskipun Zoro hanya memiliki waktu yang lebih sedikit dibandingkan Oden, Zoro sudah mampu memahami apa yang menjadi keinginan Enma dan dia bisa dengan cepat beradaptasi. Dengan menguasai Enma sepenuhnya, Zoro akan mampu mewujudkan janjinya kepada Luffy untuk menjadi yang terbaik. Zoro akan mampu melakukannya, dan saat itu terjadi artinya Zoro sudah melampaui sosok Kozuki Oden.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.