Pinocchio adalah film animasi Netflix mendatang yang akan menggunakan gaya animasi stop-motion untuk tayangannya. Film bergenre musikal ini akan disutradarai oleh Mark Gustafson (Claymation Easter, A Very Harold & Kumar Christmas) dan pemenang Oscar Guillermo del Toro (Pan’s Labyrinth, The Shape of Water). Versi del Toro ini akan mengadaptasi desain buku Pinocchio (2002) karya Gris Grimly, yang sebelumnya mengadaptasi langsung novel asli The Adventures of Pinocchio (1883) karya Carlo Collodi.

Ide tentang film animasi stop-motion Pinocchio sebenarnya telah diumumkan sejak tahun 2008, tetapi pada saat itu tidak terlalu banyak yang mendukung ide ambisius dari Guillermo del Toro ini. Sampai akhirnya, sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2018 Netflix bersedia mengambil alih dan siap untuk memproduksi dan mendanai filmnya. Kabarnya produksi Pinocchio sendiri berlangsung selama lima bulan, sejak bulan Januari 2020 lalu di Guadalajara, Meksiko dan Portland, Amerika Serikat. Itu berarti, saat ini produksinya telah rampung dan tinggal menunggu tanggal resmi perilisannya.

Baru-baru ini, dalam sesi wawancaranya dengan Collider, Guillermo del Toro memberikan update terbaru terkait tanggal rilis film Pinocchio-nya, dia juga menambahkan bahwa tanggal rilisnya ini akan menandai lima tahun sejak debut film roman fantasinya yang berjudul Shape of Water (2017). “Film [Pinocchio] akan dirilis pada kuartal terakhir tahun 2022,” kata del Toro. “Ini membuat saya sangat penasaran karena sudah hampir lima tahun sejak film Shape of Water dirilis.”

Sutradara del Toro juga berjanji bahwa film Pinocchio versinya ini akan lain daripada yang lain, karena film animasi stop-motion ini sangat personal dan spesial baginya. “Ini film yang sangat personal bagi saya. Ide tentang Pinocchio berbicara tentang hal-hal yang saya anggap sangat dalam, tetapi menyenangkan sekaligus musikal,” tambah del Toro. “Setiap kali saya menonton filmnya saya menangis seperti bayi. Ini tidak seperti versi cerita yang pernah kalian lihat sebelumnya. Ini mengambil dasar-dasar moral dari dongeng aslinya, yaitu jika ingin menjadi anak laki-laki sejati, kalian harus mampu berubah.”

Animasi stop-motion Pinocchio ini diramaikan oleh beberapa bintang yang akan mengisi suara di filmnya, seperti Gregory Mann sebagai Pinocchio, Ewan McGregor sebagai Cricket, David Bradley sebagai Geppetto, Ron Perlman sebagai Mangiafuoco, Tilda Swinton sebagai Peri, Christoph Waltz sebagai Fox/Cat, Cate Blanchett sebagai Dove, Finn Wolfhard sebagai Lampwick/Lucignolo, dan masih banyak lagi. Bagaimana, Geeks, kalian sudah mulai tertarik dengan filmnya bukan? Kita nantikan saja kejutan dari del Toro ini ya.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.