Megatron adalah salah satu karakter paling penting dari waralaba Transformers. Dia adalah pemimpin terkuat Decepticon yang sangat ditakuti oleh anak buahnya dan bahkan oleh para Autobot. Konon hanya Optimus Prime saja yang bisa menandingi kekuatan Megatron. Sayangnya, dari segi desain Megatron paling pertama, yaitu versi Generation 1, dia tampak ketinggalan dibanding yang lain, apalagi dibanding Optimus Prime yang penuh warna dan menarik mata. Oleh karena itu kali ini kita akan membahas desain-desain terbaik Megatron yang sebenarnya jauh lebih baik dari versinya di Generation 1. Simak di bawah ini, Geeks.

Megatron X – Cyberverse

Sebenarnya desain Megatron utama di serial Cyberverse (2018) hampir sama seperti Megatron G1 dengan warna dominan abu-abu. Namun di akhir Cyberverse Season 2, muncul Megatron dari dimensi alternatif yang terlihat mempunyai desain mencolok. Menamai dirinya sebagai Megatron X, desainnya terlihat lebih futuristik dengan neon-neon berwarna ungu, sedangkan warna abu-abu diganti dengan hitam. Cukup jelas bahwa desainnya ini membuat Megantron tampak jauh lebih sangar dan kejam. Hal tersebut bahkan benar-benar dibuktikan ketika dia mengambil alih serangan pada Autobots.

Megatron – Transformers: Prime

Sekilas desainnya di Transformers: Prime (2010) mirip dengan desain Transformers live-action (2007) karya Michael Bay. Hal tersebut kemungkinan karena serial animasinya hadir tidak lama setelah filmnya. Namun, jika keduanya dibandingkan, Megatron versi Prime jauh lebih menarik dengan warna ungu yang tidak berlebihan, tetapi tetap mengutamakan desain yang tidak terlalu kaku. Desain Megatron ini membuatnya lebih terlihat seperti monster yang mengenakan armor. Ditambah lagi di serial animasi 3D ini, suara Megatron terdengar sangat pas yang membuatnya gagah sekaligus seram.

Megatron – Transformers IDW Comics

Megatron versi IDW ini bukan hanya terlihat lebih baik dari versi G1, tetapi juga lebih brutal dan berbahaya. Dari desainnya terlihat jelas betapa kuatnya Megatron yang satu ini, matanya menyala berwarna merah dan banyak sekali persenjataan yang dibawa olehnya. Di komiknya, Megatron diceritakan menjadi pemimpin Decepticon setelah Starscream berhasil dikalahkan oleh Autobot. Saat Megatron memimpin, Decepticon berkembang pesat, diceritakan mengambil alih Bumi dan memusnahkan pasukan Autobot. Desain dan kisah Megatron di komik IDW ini adalah salah satu yang terbaik dari waralabanya.

Megatron – Transformers: Animated 

 

Pada tahun 2007, Hasbro menggarap serial animasi berjudul Transformers: Animated. Di serial animasi ini Megatron mempunyai desain yang lebih ramping dari sebelumnya, hal tersebut disesuaikan agar karakternya terlihat lebih fluid. Aksen warna ungu terlihat di samping perut dan lengannya, membuatnya tampak lebih menarik. Namun, dengan desain tersebut Megatron tetap sangar seperti sebelumnya. Latar belakang karakternya di Transformers: Animated ini digambarkan sebagai Decepticon yang diasingkan dari Planet Cybertron, sehingga sepanjang serialnya Megatron diceritakan berusaha untuk kembali.

Megatron – Beast Wars

Mengambil arah yang sedikit berbeda dari versi robot sebelumnya, Megatron di serial animasi Beast War (1996) dapat berubah menjadi Tyranosaurus Rex. Di serial animasinya diceritakan bahwa setelah mencuri Golden Disk di Planet Cybertron, Megatron pergi ke masa lalu untuk mengubah sejarah. Pada zaman prasejarah, Megatron menamai kelompok Decepticon-nya dengan sebutan Predacon. Desain barunya di Beast War ini membuat Megatron sangat tepat dengan perubahannya sebagai T-Rex, warna ungu juga lebih mendominasi dari sebelumnya, menggantikan warna abu-abu yang terlalu biasa saja.

Itulah 5 desain terbaik Megatron dari semua versinya di waralaba Transformers. Kebanyakan dari lima desain ini penggemar sepakat bahwa desainnya jauh lebih baik dari versi Generation 1 yang kaku dan membosankan. Penambahan warna aksen dan fitur-fitur dari kelima desain ini membuat Megatron tampak seperti seharusnya, yaitu keren sekaligus mengintimidasi. Dari kelima desain ini yang mana favorit kalian, Geeks?

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.