Sebagai serial asal Korea Selatan, Hellbound adalah salah satu tayangan Netflix yang perilisannya sangat sukses dan diterima dengan baik oleh para penggemar di seluruh dunia. Serial bergenre horor fantasi ini disutradarai dan ditulis langsung oleh Yeon Sang-ho yang juga menulis webtoon-nya bersama Choi Kyu-seok. Berdasarkan data Netflix, penayangan perdana serial Hellbound telah mencapai puncak streaming hanya dalam waktu satu hari, lebih cepat dari serial Squid Game yang sebelumnya sangat viral.

Tidak aneh mengapa Hellbound sangat populer, salah satunya adalah karena serial ini digarap oleh sutradara Yeon Sang-ho yang sebelumnya terkenal menggarap Train To Busan (2016), Psychokinesis (2018), Peninsula (2020). Hellbound sendiri bercerita tentang rangkaian fenomena mengerikan sekaligus aneh yang terjadi di berbagai belahan dunia, di mana tiga monster raksasa kejam tiba-tiba muncul dan menyiksa “pendosa” yang sebelumnya telah divonis oleh sesosok makhluk gaib misterius. Serial Hellbound berakhir dengan menyisakan beberapa misteri yang belum terjawab.

Sutradara Jelaskan Ending Hellbound Season 1!, Greenscene

Baru-baru ini, dalam sesi wawancaranya dengan The Korea Times, sutradara Yeon Sang-ho mengungkapkan bahwa maksud dari serial Hellbound adalah tentang manusia itu sendiri. “Pesan terpenting yang ingin saya sampaikan melalui karya ini adalah tentang kemanusiaan dan apa artinya menjadi manusia,” kata Sang-ho. “Meskipun serialnya berlatar di Korea, saya pikir masalahnya sangat universal, seperti kehidupan dan kematian, dosa dan hukuman, dan sebagainya. Kita semua memiliki pertanyaan ini sebagai manusia, jadi saya pikir itu membantu serialnya beresonansi dengan penonton global.”

Hellbound Season 1 berakhir dengan masyarakat Korea Selatan yang mulai mencurigai tujuan sebenarnya dari sosok gaib tersebut, termasuk mencurigai sekte Kebenaran Baru yang menganggap sosok tersebut sebagai “Tuhan”. Di ending Hellbound, seorang sopir taksi mengatakan kepada Min Hye-jin (Kim Hyun-joo), “Saya tidak tahu banyak tentang Tuhan, dan saya bahkan tidak peduli, Tetapi satu hal yang saya tahu bahwa dunia ini milik manusia. Dan kita harus menyelesaikan masalah kita sendiri.” 

Pesan penutup di serial tersebut senada dengan maksud dari sang sutradara, bahwa sebagai manusia yang sering mempertanyakan tentang kehidupan dan kematian, pada akhirnya hanya diri kita sendiri yang bisa menyelesaikan masalah di dunia. Jika mengacu pada serial Hellbound, sepertinya di Season 2 nanti para manusia akan mencoba melawan sekte Kebenaran baru dan Tuhan palsu mereka. Gimana, Geeks, makin tidak sabar ‘kan dengan Season 2-nya? Kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya ya.