Dibalik kerumitan semestanya, sebenarnya konsep Star Wars cukup simpel, yaitu kebaikan melawan kejahatan. Kebaikan di semesta Star Wars digambarkan dengan para Jedi yang menggunakan Light Side Force, sedangkan kejahatan digambarkan dengan para Sith yang menggunakan Dark Side Force. Dalam waralaba Star Wars sendiri sudah banyak sekali karakter yang diceritakan menggunakan kekuatan Force, dan di antara mereka ada pengguna Dark Side Force yang terkenal karena kekuatannya yang dahsyat. Siapa saja mereka? Berikut 5 pengguna Dark Side Force paling kuat di Star Wars!

Count Dooku

Count Dooku alias Darth Tyranus awalnya adalah seorang Jedi Master yang pada akhirnya tenggelam ke dalam Dark Force bersama sembilan belas Jedi lainnya yang termasuk Lost Twenty. Dengan pengalamannya sebagai seorang Jedi dan juga pengetahuannya tentang Dark Force, Dooku menjadi seorang Sith yang mampu menggunakan Force Lightning, petir murni yang biasanya digunakan untuk menyerang. Selain pernah mengalahkan Obi-Wan Kenobi dan Anakin Skywalker muda, Dooku juga menjadi master dari banyak Sith tangguh, salah satunya adalah General Grievous yang menggunakan empat lightsaber sekaligus.

Kylo Ren

Sebagai salah satu Sith termuda, Kylo Ren dengan cepat ditakuti di First Order dan bahkan di galaksi. Sebagai murid langsung dari Supreme Leader Snoke (yang sebenarnya dikendalikan oleh Palpatine), tujuan Kylo adalah berusaha untuk menghancurkan New Republic, Resistance, dan juga para Jedi. Yang membuat Kylo sangat hebat adalah karena dia mampu menyeimbangkan Dark Force dan Light Force, jadi bisa dibilang Kylo bukan Sith dan juga bukan Jedi. Demi menunjukkan kesetiaanya pada Snoke, Kylo bahkan tega membinasakan Jedi Order baru dan membunuh ayahnya sendiri, yaitu Han Solo.

Darth Bane

Dessel alias Darth Bane adalah satu-satunya Sith yang masih hidup setelah perang Jedi vs Sith (seribu tahun sebelum Empire berkuasa), di mana hal tersebut secara otomatis membuatnya menjadi salah satu Sith terkuat di semesta Star Wars. Dengan jatuhnya Sith pada saat itu, Darth Bane menciptakan Rule of Two yang mengharuskan hanya ada dua Sith dalam sekali waktu, yaitu sang master dan muridnya. Sebagai seorang Sith tangguh dan juga saksi Perang Jedi vs Sith, Darth Bane adalah pengguna Dark Side Force yang mengerikan. Syukurnya, dia diceritakan telah lama mati dan diteruskan oleh Palpatine.

Palpatine

Mempunyai nama asli Sheev Palpatine, dia menyebut dirinya Darth Sidious setelah menjadi seorang Master Sith. Jika berbicara tentang karakter paling jahat, kejam, dan haus kekuasaan, Palpatine adalah orangnya. Bisa dibilang Palpatine adalah orang yang menguasai Dark Side Force paling dalam. Saat menjadi penguasa Empire, Palpatine adalah orang yang memerintahkan Darth Vader untuk menghancurkan Jedi Order. Dengan kekuatan Lightning Force miliknya yang sangat kuat, Palpatine pernah mengalahkan Grandmaster Yoda, Mace Windu, dan banyak Jedi terkenal lainnya yang takluk padanya.

Anakin Skywalker

Pengguna Dark Side Force terkuat yang terakhir adalah Anakin Skywalker alias Darth Vader, yang konon jauh lebih hebat dari semua Sith dalam sejarah Star Wars, dan tentu saja paling populer. Walaupun Anakin memulai kariernya sebagai seorang Jedi, tetapi setelah jatuh pada Dark Side, Anakin menjadi seorang Sith yang paling banyak membunuh Jedi. Sebagai Masternya, Palpatine sendiri bahkan sangat takut pada Anakin setelah dirinya menjadi Darth Vader. Jika Palpatine saja diakui sebagai pengguna Dark Side Force paling dalam, berarti Darth Vader mungkin berada di palung terdalam dari Dark Side Force.

Itulah 5 pengguna kekuatan Dark Side Force yang terkenal karena kehebatan dan kesaktiannya. Walaupun di bawah mereka masih ada Darth Maul, Grand Inquisitor, dan Sith lainnya, cukup jelas bahwa posisi lima terkuat dipegang oleh kelima karakter ini. Jika dibandingkan dengan Sith lainnya, apalagi dengan sebagian besar Jedi, kelima karakter mempunyai posisi solid sebagai karakter terkuat di semesta Star Wars.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.