Roronoa Zoro merupakan karakter dari kru Topi Jerami yang mengalami peningkatan kekuatan cukup drastis di arc Wano Country ini, selain Luffy. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana dahsyatnya Zoro saat berhadapan dengan Kaido, salah satu Yonko dan juga makhluk terkuat di dunia. Dia bahkan sanggup untuk melukai Kaido dengan pedang dan juga Haki miliknya.

Bukan hanya mampu melukai Kaido. Zoro juga diperlihatkan mampu menahan serangan kombinasi dari Kaido dan Big Mom, meskipun hanya beberapa saat. Zoro memang tidak lagi bertarung menghadapi kedua Yonko tersebut, tetapi saat ini Zoro sedang menghadapi lawan yang sanggup membuatnya harus melampaui batas kekuatan yang dia miliki.

Zoro saat ini berhadapan dengan King, komandan Kaido paling kuat dan salah satu anggota dari All-Stars. Pertarungan antara King melawan Zoro cukup mendapatkan perhatian para fans. Banyak momen epik terjadi, seperti saat Zoro berhasil menghancurkan sebagian topeng milik King. Kemudian teknik tempura udon yang digunakan King untuk menyerang Zoro.

Dalam chapter 1033 kemarin kita bahkan melihat bagaimana Zoro pada tahap frustasi di mana dia tidak bisa melukai King, karena kekuatan dan daya tahannya yang sangat luar biasa. Semua serangan Zoro tidak ada yang mampu membongkar pertahanan dari King, bahkan teknik yang digunakan oleh Zoro saat melukai Kaido nampak tidak berarti apa-apa bagi King.

Namun, sebuah momen menarik juga terjadi pada chapter tersebut. Ketika Zoro mulai kehilangan motivasi bertarung karena dia tidak tahu harus melakukan apa untuk bisa menyerang King, ditambah lagi Enma yang bertindak di luar kendali, tiba-tiba Zoro teringat berbagai momen yang muncul pada masa lalu yang mengingatkan kembali Zoro akan koneksi antara pedang dan pemiliknya.

Pada momen tersebut, Zoro akhirnya menyadari bahwa apa yang terjadi pada Enma dan Kozuki Oden. Zoro menyadari bahwa mungkin Oden memiliki sesuatu yang tidak dia miliki, yaitu kemampuan Haki dan kekuatan yang dahsyat. Enma dikenal mampu menghisap Haki dalam jumlah yang banyak, sehingga bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan Haki luar biasa, tubuhnya tidak akan sanggup menahan Enma.

Akhirnya Zoro mulai mengerahkan seluruh kekuatannya dan juga seluruh kemampuan Hakinya. Zoro mau menuruti apa yang menjadi keinginan Enma. Dan yang menariknya adalah kita melihat Zoro bukan hanya melapisi Enma dengan Haki senjata saja, tetapi juga Haki Penguasa. Hal ini bisa dilihat dari para anak buah Kaido yang tidak sadarkan diri saat hendak menyerang Zoro.

Momen di mana Zoro menggunakan kombinasi Haki Penguasa dan juga Haki Senjata untuk melapisi senjata atau pedangnya, mengingatkan kita akan sosok hebat yang juga menggunakan hal yang sama seperti Gol D. Roger atau Whitebeard. Dalam pertarungan yang terjadi diantara mereka, kita melihat bagaimana keduanya melapisi pedang mereka dengan Haki Penguasa dan Haki senjata yang mana hal tersebut menghasilkan kekuatan yang dahsyat.

Berdasarkan hal tersebut, Zoro mungkin bisa pada akhirnya menemukan cara untuk mengalahkan King. Zoro bisa menggunakan teknik yang digunakan oleh Roger dan juga Whitebeard untuk menyerang pertahanan dari King yang sangat kuat. Mungkin, dengan menggunakan kombinasi dari dua Haki seperti para legenda tersebut Zoro akan menang menghadapi King.

Saat ini, Zoro pun sedang bersiap untuk melakukan serangan kepada King dengan ketiga pedangnya. Dan kita bisa melihat bagaimana ketiga pedang Zoro “menyala” akibat Haki luar biasa Zoro. Ini akan menjadi sebuah peningkatan Zoro yang sangat luar biasa untuk bisa mempersiapkan diri menghadapi ancaman yang jauh lebih dahsyat kedepannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.