Tidak ada yang menyangka jika kemudian sosok Yonko Kaido ternyata memiliki seorang anak yaitu Yamato. Selama ini, Kaido hanya diperkenalkan sebagai sosok Yonko yang tangguh, kuat, dan sangat sulit untuk ditaklukan. Bahkan, meskipun sudah berulang kali dicoba, tidak ada yang sanggup untuk bisa mengalahkan Kaido. Fakta mengejutkan kemudian muncul saat diketahui bahwa Kaido memiliki seorang anak.

Namun, di sisi lain, fakta mengenai Yamato ini juga memunculkan sebuah pertanyaan besar di kalangan para fans. Siapa yang kemudian menjadi ibu dari Yamato? Dengan kurangnya petunjuk yang ada, dan juga Oda Sensei masih belum memberikan banyak informasi mengenai hal ini, membuat para fans banyak memunculkan spekulasi dan teori. Ada beberapa teori menarik yang muncul terkait siapa ibu dari Yamato.

Yang pertama adalah Big Mom. Big Mom dan Kaido pernah berada di kapal yang sama karena mereka merupakan bagian dari kelompok Rocks. Big Mom sendiri senang untuk mencari laki-laki dan dia nikahi. Dan dari pernikahan tersebut Big Mom pun memiliki anak. Memang cukup masuk akal jika kemudian Big Mom adalah ibu dari Yamato mengingat dia memiliki banyak anak.

Teori yang kedua adalah Black Maria. Banyak fans berpendapat bahwa wajar Yamato merupakan “campuran” antara Black Maria dan Kaido. Yamato sendiri memiliki tanduk yang sama dengan Black Maria, dengan dasar putih dan hitam di atasnya. Keduanya juga memiliki alis dan rambut yang sama. Melihat ciri-ciri fisik tersebut, lagi-lagi bisa jadi bahwa Black Maria juga adalah ibu dari Yamato.

Namun, ada juga teori yang menarik di mana disebutkan bahwa Kozuki Toki mungkin adalah ibu dari Yamato. Dalam teorinya dijelaskan bahwa sebelum bertemu dengan Oden, Toki terlebih dahulu bertemu dengan Kaido. Seperti yang kita ketahui, Toki memiliki buah iblis Toki Toki no Mi yang membuatnya bisa melompati waktu ke masa yang akan datang. Toki sendiri diketahui lahir pada abad yang hilang atau sekitar 800 tahun yang lalu.

Toki kemudian melompati waktu ke 38 tahun yang lalu sebelum perang besar di God Valley terjadi. Dia pun kemudian bertemu dengan Kaido. Kaido dan Toki kemudian menjalani sebuah hubungan, seperti halnya saat dia bersama dengan Kozuki Oden. Tetapi, kemudian pertempuran di God Valley pun terjadi. Dan saat itu kelompok Rocks harus kalah dan mereka pun kemudian bubar. Kaido kemudian memutuskan untuk membuat kelompok bajak lautnya sendiri, dan Toki pun ikut bersama Kaido.

Pada saat inilah Toki memutuskan untuk pergi, karena Kaido berubah menjadi sosok yang mengerikan. Teorinya sendiri menjelaskan bahwa ada kemungkinan sebelum kekalahan kelompok Rocks di God Valley, Kaido bukanlah sosok yang mengerikan seperti yang diperlihatkan saat ini. Itulah yang kemudian menjadi alasan mengapa Toki mau ikut bersama Kaido. Tetapi, Kaido kemudian berubah setelah peristiwa God Valley, yang mana hal tersebut membuat Toki akhirnya memutuskan untuk pergi dan meninggalkan Yamato.

Setelah Toki kembali melompati waktu dan pergi ke masa depan, akhirnya Toki pun bertemu dengan Kozuki Oden. Sesuai dengan cerita kilas balik Oden, Toki kemudian menikah dengan Oden memiliki dua anak yaitu Kozuki Momonosuke dan Kozuki Hiyori. Setelah Oden dieksekusi oleh Kaido dan Orochi, Toki pun kembali menggunakan kekuatannya dan kemudian menghilang.

Geeks mungkin berpikir mengapa Kozuki Toki bisa dispekulasikan menjadi ibu dari Yamato? Berdasarkan penjelasan teorinya, ada beberapa hal yang mendasari hal tersebut. Pertama adalah dari Kozuki Momonosuke dan Yamato yang cenderung berdekatan. Hal ini diketahui dalam informasi di Vivre Card Yamato. Dalam infonya diketahui bahwa usia Yamato adalah 28 tahun, dan usia Momonosuke sendiri adalah 28 tahun. Hal tersebut dianggap tidak masuk akal

Tetapi teorinya menyebutkan bahwa mungkin saat Toki pergi ke masa depan dan bertemu dengan Oden, sebenarnya dia sedang mengandung Yamato. Mengapa kemudian tubuh Toki tidak terlihat seperti wanita yang sedang hamil? Disebutkan karena hal tersebut kemungkinan adalah efek dari buah iblis Toki Toki no Mi.

Buah iblis diketahui memiliki efek samping terhadap tubuh penggunanya. Untuk kasus Toki, mungkin efek dari buah iblisnya membuat tubuhnya tidak terlihat seperti sedang hamil. Ketika Yamato lahir, Toki memutuskan untuk menyerahkannya kepada Kaido – karena memang itu adalah anaknya. Kemudian dalam Vivre Card sendiri menyebutkan bahwa tidak diketahui di mana Yamato lahir. Apakah dia memang pada awalnya bukan berasal dari Wano? Atau justru dia bukan berasal dari Grand Line? Apakah Yamato berasal dari Red Line?

Dengan banyaknya misteri yang masih menyelimuti Kozuki Toki, memang segalanya bisa saja terjadi. Artinya, mungkin teori spektakuler tentang Toki adalah ibu dari Yamato mungkin saja benar. Kita masih belum tahu apa yang terjadi kepada Toki sebelum bertemu dengan Kozuki Oden. Kita juga belum tahu apakah dia memang berasal dari 800 tahun lalu atau ada hal lainnya yang belum terungkap dari sosok Toki. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.