Seri manga Jujutsu Kaisen saat ini sedang berjalan di arc yang baru yaitu Culling Game. Banyak fans yang beranggapan bahwa arc ini akan menjadi arc penting menuju akhir ceritanya. Hal ini berdasarkan dari apa yang diucapkan oleh sang mangaka dalam sebuah wawancara pada Februari kemarin, di mana seri Jujutsu Kaisen kemungkinan akan selesai pada 2023 mendatang.

Terlepas dari hal itu, Gege Akutami sendiri saat ini sedang merasakan puncak popularitas di mana seri buatannya mampu bersaing dengan seri yang sudah populer terlebih dahulu seperti One Piece atau Boruto: Naruto Next Generation. Dengan ceritanya yang sudah mendekati akhir, pertanyaan besarnya kemudian apakah Yuji Itadori akan tewas di akhir ceritanya.

Nasib Yuji Itadori

Sejak Yuji Itadori memutuskan untuk memakan jari Sukunanya yang pertama, maka takdirnya sudah terkunci. Itadori harus tewas. Dan Itadori sendiri bisa dibilang beruntung, karena Gojou Satoru kemudian muncul dan “menyelamatkan” nyawa Itadori meskipun untuk sementara. Itadori sendiri menyetujui kesepakatan yang dibuat olehnya dan Gojo.

Itadori bisa bernafas lega untuk sementara, tetapi dia harus membantu Gojo membuat dunia menjadi tempat yang aman dari para arwah kutukan. Karena hal ini, tidak jarang nyawa dari Itadori berada di ujung tanduk. Bahkan, bukan sekali dua kali Itadori hampir tewas dalam pertualangannya sebagai penyihir Jujutsu. Namun, terdapat sebuah hal menarik yang disampaikan Itadori.

Di akhir musim pertama animenya, Kamo dari SMK Jujutsu Kyoto bertanya kepada Itadori mengapa dia mau menjadi seorang penyihir Jujutsu. Itadori mengatakan bahwa dia ingin menyelamatkan sebanyak mungkin orang, sehingga mereka bisa menyaksikan kematiannya. Dari apa yang diucapkannya, Yuji sepertinya sudah siap dengan segala hal yang terjadi kepada dirinya.

Di akhir arc Shibuya Incident dalam versi manganya, diketahui bahwa Itadori sudah mengonsumsi 15 jari Sukuna. Artinya hanya lima jari lagi, dan tinggal masalah waktu sebelum kemudian Itadori menemukan satu per satu jari tersebut. Setelah Sukuna mengamuk di Shibuya, dan Gojo yang menghilang, dunia Jujutsu sendiri saat ini sedang mengincar nyawa dari Yuji Itadori.

Namun, yang menjadi pertanyaanya kemudian adalah apakah Gojo akan membiarkan hal tersebut terjadi? Gojo sudah merasakan kepedihan dan sakit yang mendalam ketika dia harus menghabisi nyawa rekan dan rivalnya, Suguru Geto, dalam Jujutsu Kaisen 0. Dengan takdir Yuji adalah tewas, apakah Gojo akan bisa merelakan kepergian salah satu murid kesayangannya tersebut?

Apakah Yuji Ingin Mati?

Sejak kematian kakeknya, Yuji memang menunjukan bagaimana dia peduli dan terobsesi dengan kematian, serta bagaimana kematian tersebut seharusnya terjadi. Yuji sendiri selalu ingin manusia mengalami takdir kematian yang baik. Yang luar biasa adalah seperti disebutkan di atas, saat pertemuan pertama dengan Gojo Satoru dan setelah dia memakan jari Sukunanya yang pertama, Yuji sudah menerima takdirnya.

Sebenarnya, secara teknis, Yuji sudah pernah mati seperti yang diperlihatkan di episode lima seri animenya. Namun, berkat Sukuna, Itadori berhasil kembali hidup. Seiring berjalannya cerita, kita diperlihatkan bagaimana perlahan mental dan psikologis dari Itadori hancur. Bagaimana dia tidak bisa melindungi Junpei dari Mahito, bagaimana dia melihat Nobara dan Nanami menderita di Shibuya, benar-benar memberikan dampak mendalam bagi Itadori.

Hal tersebut seolah membuat Itadori berpikir bahwa memang tidak ada yang bisa dia lakukan. Belum lagi dalam seri animenya kita diperlihatkan bagaimana Itadori harus mengalami dilema, di mana dia harus membunuh manusia yang mengalami perubahan menjadi monster kutukan atau death painting. Satu-satunya alasan mengapa Itadori masih bertahan sampai sekarang adalah janjinya kepada Nanami dan Fushiguro. Itadori berjanji bahwa dia akan menyelamatkan orang sebanyak yang dia bisa.

Dalam wawancara pada Feburari 2021 kemarin, Akutami mengatakan bahwa hampir 60% cerita sudah selesai di seri manganya. Dia pun sudah memiliki ide bagaimana ceritanya akan berakhir. Meskipun takdir dari Megumi Fushiguro dan Itadori Yuuji sudah ada dalam pikirannya, Akutami mengakui dia masih belum mengetahui apa yang akan terjadi kepada Sukuna.

Masih belum diketahui apakah setelah Itadori memakan 20 jari Sukuna dia bisa terlepas dari sang raja kutukan, sehingga nasibnya bisa berubah. Untuk saat ini, jawaban dari pertanyaan tentang apakah Yuji Itadori akan mati di akhir serinya adalah ya, Yuji akan tewas di akhir serinya sesuai dengan kesepakatan yang dibuat. Kecuali, jika ada keajaiban muncul yang membuat nyawa Itadori selamat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.