Venom adalah salah satu karakter Marvel yang mempunyai hubungan sangat dekat dengan Spider-Man. Namun, sayangnya hal tersebut lebih sering di ceritakan di Marvel Comics daripada di versi live action-nya. Padahal, mereka berdua mempunyai kesempatan yang sangat banyak sekali untuk bertemu, salah satunya adalah di film Marvel Cinematic Universe mendatang yang berjudul Spider-Man: No Way Home. Terlepas dari Marvel dan Sony yang saat ini masih lebih memilih untuk bungkam, sebenarnya ada 5 alasan mengapa Venom dapat muncul di No Way Home. Apa saja itu? Simak di bawah ini, Geeks!

Anggota Sinister Six di Marvel Comics

Sinister Six adalah tim supervillain yang didirikan khusus untuk mengalahkan Spider-Man. Sejak pertama kali diceritakan pada tahun 1964 di komik Amazing Spider-Man Annual #1, umumnya Sinister Six beranggotakan enam musuh Spider-Man yang saling bekerja sama. Seiring waktu anggotanya sering berganti-ganti, dan Venom sendiri pernah beberapa kali bergabung dengan tim supervillain ini. Selain Sinister Six, Venom juga pernah menjadi anggota Sinister Twelve dan Sinister Sixty. Dengan sejarahnya tersebut, sangat masuk akal jika Venom menjadi anggota keenam Sinister Six di Spider-Man: No Way Home nanti.

Sejarah Hubungannya dengan Spider-Man

Spider-Man dan Venom adalah dua karakter Marvel yang mempunyai sejarah hubungan sangat panjang. Hubungan mereka berdua pertama kali diceritakan di komik Amazing Spider-Man #300 (1988), saat Eddie Brock alias Venom melakukan debutnya sebagai supervillain. Kemudian setelah melalui banyak pertarungan, pada tahun 1993 mereka berdua diceritakan melakukan genjatan senjata di komik Amazing Spider-Man #375, setelah sebelumnya bekerja sama mengalahkan symbiote Carnage. Dan sejak saat itu Eddie dan Peter bahkan sering melakukan makan bersama sebagai sahabat.

Di sisi lain, Eddie Brock alias Venom (Tom Hardy) dan Peter Parker alias Spider-Man (Tom Holland) sudah terlalu lama melakukan segala sesuatu sendirian. Sejauh ini mereka berdua telah mempunyai dua film solonya masing-masing, sehingga sudah saatnya bagi mereka untuk bertemu, tentunya dimulai terlebih dahulu sebagai musuh. Karena hanya dengan begitu kisah mereka berdua akan tampak lengkap seperti di Marvel Comics. Sepertinya akan sangat menarik melihat bagaimana hubungan mereka berdua berkembang dalam versi live-action yang dimainkan oleh Hardy dan Holland.

Aktor Telah Mengisyaratkan Kehadirannya

Baik Tom Hardy maupun Tom Holland, keduanya sempat mengisyaratkan “crossover” Venom dan Spider-Man melalui akun Instagramnya masing-masing. Pada bulan September, Hardy sempat memposting foto dirinya yang sedang mengenakan topi produksi Spider-Man: No Way Home. Kemudian pada bulan Oktober, Holland juga memposting IG Story dengan tulisan “Apakah rumor tersebut benar?” dan menandai akun Instagram Tom Hardy. Belum lagi, Tom Hardy juga pernah mengatakan bahwa dia sangat ingin Venom-nya bertarung dengan Spider-Man Holland. Dengan begitu, tidak aneh jika film No Way Home akan menjadi pembuktian bagi mereka berdua.

Post Credit Venom 2 berhubungan dengan No Way Home

Post Credit film Venom Let There Be Carnage telah memperlihatkan hubungan antara Sony’s Spider-Man Universe dengan Marvel Cinematic Universe. Di adegan tersebut, Eddie yang sedang bersantai dengan Venom dalam sebuah kamar usang (masih di SSU), tiba-tiba berpindah dalam sekejap ke sebuah kamar mewah (di MCU). Eddie dan Venom yang sama-sama terkejut kemudian melihat berita di televisi yang memperlihatkan J. Jonah Jameson (J.K. Simmons) membawakan berita penting yang mengungkap identitas Peter Parker sebagai Spider-Man.

Dan jika melihat trailer No Way Home, di mana Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) gagal merapal mantra dan menyebabkan para villain “tamu” muncul di MCU, ada kemungkinan kejadian tersebut berbarengan dengan adegan post credit Venom 2. Venom terbawa ke MCU sebagai salah satu “tamu” yang akan menjadi anggota keenam dari Sinister Six. Walaupun mungkin motifnya berbeda dengan kelima penjahat lainnya, seperti Doc Ock, Green Goblin, Electro, Sandman, dan Lizard, cukup masuk akan jika Venom yang kebingungan akan memilih bergabung dengan Sinister Six.

Akan Menjadi Kejutan Paling Tepat

Jika melihat rumor Spider-Man: No Way Home yang mulai terkonfirmasi satu persatu, bukan tidak mungkin pada akhirnya kehadiran Spider-Man Tobby Maguire dan Andrew Garfield akan terbukti juga kebenarannya. Dan jika hal tersebut benar, satu-satunya kejutan lain yang akan terasa sangat tepat setelah kehadiran Maguire dan Grafield adalah kehadiran Tom Hardy sebagai Venom. Karena jika bukan Venom, kemungkinan kejutannya akan terasa biasa saja karena penggemar sudah terlalu kaget dengan kehadiran dua Spider-Man lain tersebut.

Itulah 5 alasan mengapa Venom layak muncul di Spider-Man: No Way Home sebagai anggota keenam Sinister Six. Dan jika Venom benar-benar muncul di film No Way Home nanti, sepertinya akan banyak sekali potensi yang bisa berperngaruh terhadap masa depan MCU. Dimulai dengan kemungkinan Spider-Man lain yang terbawa kembali ke SSU dengan Venom, sampai kemungkinan Spider-Man MCU yang mendapatkan kekuatan symbiote untuk fondasi awal kisah Spider-Man berikutnya. Kita buktikan saja ya, Geeks, saat film Spider-Man: No Way Home tayang pada tanggal 17 Desember 2021.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.