Avengers adalah tim super terbaik di Bumi dan juga Marvel Universe. Sejak pertama kali diceritakan pada tahun 1963, tim super yang satu ini sudah sangat sering sekali berhasil menyelamatkan Bumi dari berbagai ancaman para supervillain. Avengers sendiri telah diisi oleh para superhero populer, di mana mereka membangun hubungan kerja yang sangat baik. Walaupun begitu, bukan berarti tim super ini akan selalu berhasil mempertahankan setiap anggotanya, karena pada kenyataannya banyak juga superhero yang keluar dari Avengers untuk alasannya masing-masing. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini.

Ant-Man

Ant-Man versi Marvel Universe lebih sering dipegang oleh Hank Pym, yang sudah sejak awal diceritakan turut mendirikan Avengers. Selama perjalanannya bersama Avengers, Hank telah melalui banyak masa-masa sulit, sampai pada akhirnya dia memutuskan untuk keluar dari Avengers di komik Avengers #230 (1983). Diceritakan bahwa Hank ingin sekali fokus pada penelitian ilmiahnya, dia kemudian meninggalkan Avengers dan istrinya Janet Van Dyne alias Wasp. Sejak saat itu penerusnya yang bernama Scott Lang mulai mengambil tempatnya sebagai Ant-Man dan juga anggota tetap Avengers.

Black Widow

Setelah memulai debutnya sebagai salah satu mata-mata terhebat Uni Soviet, Natasha Romanoff alias Black Widow kemudian menjadi salah satu anggota terlama di Avengers. Dengan pelatihannya sebagai Black Widow, Nat menjadi salah satu anggota Avengers yang paling berguna. Sepanjang kariernya bersama Avengers, Black Widow menjadi superheroin yang digilai oleh anggota Avengers lainnya, termasuk Hercules dan Daredevil. Suatu hari setelah dia menyelesaikan SHIELD dan Avengers, Black Widow memilih untuk keluar dari Avengers dan lari bersama Daredevil, yang pada saat itu adalah kekasihnya.

Moon Knight

Marc Spector alias Moon Knight adalah seorang vigilante yang mendapatkan kekuatannya dari Dewa Khonshu. Dengan kekuatan yang dimilikinya, Moon Knight dapat dengan mudah diakui dan bergabung dengan Avengers di komik West Coast Avengers Vol. 2 #21 (1987). Setelah sempat bersama Avengers selama beberapa tahun, Moon Knight kemudian diceritakan mengalahkan Doctor Doom di komik Moon Knight #50, para Avengers yang tidak terima dengan tindakan brutalnya kemudian menegurnya. Moon Knight yang merasa tidak dihargai memilih untuk keluar dengan membakar kartu anggotanya.

Doctor Strange

Tidak ada yang menyangka karakter sekalem Doctor Strange pernah diceritakan keluar dari tim terbaik Bumi. Selama menjadi Avegers, banyak sekali jasa yang diberikan oleh Strange pada tim, salah satunya adalah membuka Sanctum Sanctorum sebagai markas kedua Avengers ketika mereka sedang membutuhkannya. Namun, di salah satu kisah Marvel Comics, Strange pernah diceritakan merasa tidak layak menjadi Sorcerer Supreme dan juga anggota Avengers setelah dirinya menguasai ilmu hitam. Doctor Strange yang malu kemudian memutuskan untuk keluar dari Avengers dan meletakan jubahnya.

Hulk

Hulk adalah salah satu anggota tetap Avengers yang cukup kontroversial. Keberadaannya di Avengers sering sekali menyebabkan tim cukup keulitan untuk mengendalikannya, baik saat berhadapan dengan villain, maupun saat tiba-tiba mengamuk pada sesama timnya. Pada akhirnya hal tersebut yang membuat Bruce Banner memilih untuk keluar dari Avengers. Walaupun dalam beberapa kesempatan dia kembali lagi, tetapi tetap saja Bruce tidak bisa mengedalikan Hulk sepenuhnya dan kembali memutuskan pergi menjauh dari tim yang selama ini mau menerima semua keadaannya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.