Ketika berbicara tentang tim super terbaik di Marvel Unverse, pasti semua orang akan langsung berpikir bahwa Avengers adalah yang terbaik di semestanya. Di dalam tim super terbaik Bumi ini terdapat para superhero yang pada dasarnya memang sudah sangat hebat walaupun sendirian, sehingga ketika mereka berkumpul, sepertinya tidak mungkin ada yang mengalahkan Avengers. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa superhero yang membuktikan kehebatannya dengan mengalahkan Avengers sendirian. Siapa saja mereka, berikut 5 superhero yang pernah mengalahkan Avengers sendirian!

Adam Warlock

Adam Warlock adalah superhero yang sengaja diciptakan sebagai versi manusia terbaik di alam semesta. Ketika pertama kali terlahir, Adam sempat dikalahkan oleh Thor dan melarikan diri. Namun, setelah dia mempunyai Soul Gem di keningnya, Adam Warlock terlahir kembali sebagai sosok yang jauh lebih hebat. Demi menentang Thanos dia mendirikan tim super Infinity Watch untuk menjaga semua Infinity Gem. Dan ketika Infinity Watch sempat diserang oleh Avengers yang dicuci otaknya oleh supervillain Man-Beast, Adam Warlock mampu mengalahkan mereka sendirian.

Cyclops

Pada dasarnya Cyclops adalah superhero paling baik dan sabar di alam semesta, tetapi ketika dirinya bersatu dengan entitas kosmik Phoenix Force karakternya berubah 180 derajat. Dengan kekuatan Phoenix Force dia justru menjadi X-Men paling berbahaya di alam semesta, tujuannya berubah dari yang awalnya ingin melindungi Bumi menjadi menguasainya. Hal tersebut membuat Cyclops harus berhadapan dengan X-Men dan Avengers sekaligus. Dan saat kedua tim super terbaik Bumi ini tidak berkutik menghadapi Cyclops, kegilaan Cyclops berhenti ketika dia membunuh sahabatnya sendiri, yaitu Xavier.

Deadpool

Karena kemampuan healing factornya, cukup jelas bahwa Deadpool adalah salah satu karakter Marvel yang sangat sulit sekali untuk dibunuh. Dan ketika Deadpool yang sudah gila dibuat menjadi lebih gila oleh supervillain Psycho-Man di kisah Deadpool Kills the Marvel Universe (2012), dia mulai membunuh semua karakter Marvel satu-persatu, tanpa terkecuali Avengers. Saat semua Avengers mati dan hanya menyisakan Thor, Deadpool menggunakan Partikel Pym untuk membuat Mjolnir membesar saat sedang dipanggil oleh Thor, di mana hal tersebut langsung menghancurkan tubuh Thor seketika.

Ghost Rider

Ghost Rider adalah salah satu karakter Marvel yang terkenal brutal, bahkan saat dirinya sedang cukup tenang. Di komik Avengers #214 (1981), Johnny Blaze alias Ghost Rider sempat diceritakan agak sedikit “nakal”, dia meneror sebuah kota kecil di Meksiko. Mengetahui hal tersebut kemudian Avengers yang beranggotakan Captain America, Iron Man, Tigra, dan Thor, mencoba untuk melawan Ghost Rider. Dan karena Ghost Rider terlalu kuat bagi Avengers, dia bisa mengalahkan Captain America dan Tigra sekaligus, kemudian menembakan api ke helm Iron Man, dan memukul wajah Thor dengan motornya.

Hulk

World War Hulk (007) adalah salah satu kisah paling ikonik di Marvel Universe yang menceritakan kekalahan semua superhero Bumi di tangan Hulk, tanpa terkecuali Avengers. Setelah tim super genius Illuminati mengirim Hulk ke Planet Sakaar untuk menjauhkannya dari Bumi, Hulk yang menaruh dendam kemudian membawa pasukan Gladiator kembali ke Bumi untuk menyerang semua superhero. Saat tiba di Bumi, Hulk yang lebih marah dari sebelumnya mulai meratakan Illuminati, Avengers, Fantastic Four, X-Men, dan Inhumans. Di mana dalam prosesnya, para Gladiator lebih banyak menonton Hulk yang mengamuk.

Itulah lima superhero yang terbukti mampu mengalahkan tim super terbaik Bumi dengan tangan mereka sendiri. Meskipun Avengers terkenal dengan para superheronya yang kuat, ternyata bukan berarti mereka tidak terkalahkan. Kehadiran kelima superhero ini membuktikan bahwa ancaman tidak selalu datang dari supervillain seperti Ultron atau Thanos, melainkan dari sisi mereka sendiri, di mana dampaknya ternyata cukup buruk bagi Avengers.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.