Celestial adalah entitas kosmik super sakti yang konon kekuatannya mampu menghancurkan atau menciptakan sebuah galaksi di Marvel Universe. Sejak pertama kali diceritakan di Marvel Comics pada tahun 1976, sangat sedikit sekali karakter Marvel yang diceritakan bisa mengalahkan mereka, dan jauh lebih sedikit lagi karakter yang mendapatkan “berkah” kosmik dari Celestial. Namun, ada 5 karakter Marvel langka yang pernah diceritakan mempunyai kemampuan Celestial, dan dengan kekuatan barunya terbukti banyak hal dahsyat yang bisa mereka lakukan. Siapa saja mereka?

Apocalypse

En Sabah Nur alias Apocalypse adalah salah satu mutan terkuat yang sudah ada di Bumi sejak 3000 tahun sebelum masehi. Sebagai musuh X-Men, bisa dibilang Apocalypse adalah supervillain yang sangat sulit untuk dikalahkan, salah satu faktornya adalah karena dia menggunakan teknologi Celestial yang diberikan padanya, termasuk armor Celestial. Armor Celestial konon tidak bisa dihancurkan, bahkan dengan kekuatan yang bisa menghancurkan planet sekali pun. Dan dengan armor ini, terbukti bahwa Apocalypse hanya bisa dilukai oleh senjata atau sihir khusus yang mungkin penggunanya sangat sedikit.

Beast

Tidak ada yang mengira mutan tercerdas di alam semesta ini akan menggunakan kekuatan Celestial. Namun, pada kenyataannya Dr. Henry Philip “Hank” McCoy alias Beast pernah menggunakan artefak ruang angkasa yang disebut Black Vortex di komik crossover X-Men dan Guardians of the Galaxy, yaitu The Black Vortex¬†(2015). Black Vortex sendiri adalah cermin sakti ciptaan Celestial Godhead yang memungkinkan penggunanya melihat versi terbaik mereka. Di cermin tersebut, Beast melihat versi buruk dirinya yang justru membuatnya menjadi gila dan langsung menghancurkan planet Kree yang disebut Hala.

Ghost Rider

Robby Reyes adalah versi Ghost Rider yang terkenal memilih mobil muscle car sebagai kendaraan apinya. Dan dia juga Ghost Rider pertama yang pernah berhadapan dengan Celestial dan bahkan mengemudikannya. Di komik Avengers (2018), saat Loki datang dengan para Dark Celestial untuk melakukan Final Host, Ghost Rider memasukan energinya pada tubuh Celestial yang telah tumbang. Dan karena tubuh Celestial sama seperti mesin, Ghost Rider mampu mengendalikan tubuh raksasa tersebut untuk bertarung bersama Avengers lain dalam mengalahkan Loki dan Dark Celestial lainnya.

Loki

Sejak melakukan debutnya pada tahun 1962, Loki sudah sangat sering sekali membuat keonaran di Marvel Universe. Jatuh bangun dalam mewujudkan tujuannya mungkin sudah biasa bagi Loki. Namun, sepanjang sejarahnya di Marvel Universe, Loki pernah meraih sebuah prestasi langka dengan mendapatkan kekuatan Celestal. Di komik Avengers (2018), Loki pernah diceritakan membantu Celestial melakukan Last Host, kunjungan ke Bumi untuk memutuskan nasib Bumi. Loki bahkan diceritakan mendapatkan kekuatan Celestial yang memungkinkannya berkomunikasi dengan para Celestial.

Sunfire

Sesuai dengan namanya, Sunfire adalah superhero asal Jepang yang mampu mengeluarkan kekuatan api sepanas matahari. Di komik Uncanny Avengers (2012), diceritakan bahwa kehadiran supervillain Apocalypse Twins menyebabkan Celestial menilai Bumi layak dihancurkan. Pada akhirnya terungkap bahwa Apocalypse Twins adalah perangkap yang disiapkan Kang untuk menarik perhatian Celestial, sehingga dia bisa mengambil kekuatannya. Namun, dalam prosesnya justru Sunfire berhasil mendahului Kang, dan mendapatkan kekuatan Celestial yang sangat kuat untuk sementara waktu.

Itulah 5 karakter Marvel Universe yang pernah diceritakan mendapatkan kemampuan super sakti Celestial. Walaupun kekuatan dahsyat tersebut hanya sementara, tetapi kelima karakter ini terbukti mampu memanfaatkannya dan sempat menjadikan mereka sebagai makhluk terkuat di alam semesta. Terlepas dari tujuannya masing-masing, cukup jelas bahwa pernah “menggunakan kekuatan Celestial” adalah suatu kebanggaan yang mungkin tidak bisa diraih oleh karakter lainnya.