Gorr

Merasa tidak terima dengan kematian keluarganya, Gorr yang menyalahkan para dewa kemudian bersumpah akan memburu semua dewa di Marvel Universe. Dengan pedang Necrosword yang dia temukan, Gorr mulai membunuh para dewa dan menyerap semua kekuatannya, sampai akhirnya dia bertemu dengan Dewa Petir Thor di komik Thor: God Of Thunder #11 (2013). Gorr yang berniat membunuh semua dewa di timeline dengan menggunakan Godbomb, akhirnya dikalahkan oleh Thor yang meminta semua makhluk berdoa untuknya. Dalam prosesnya Thor berhasil memenggal Gorr dengan Necrosword.

Hela

Meskipun seorang Asgardian, Hela adalah Dewi Kematian yang sangat menginginkan sebuah pertempuran bisa terjadi di Asgard. Karena dengan begitu dia bisa menguasai semua jiwa yang telah mati untuk dirinya sendiri. Dengan pengalamannya yang jauh lebih banyak dari Thor, cukup jelas bahwa Thor tidak ada apa-apanya dibanding Hela. Namun di komik Thor #361 (1985), diceritakan bahwa Thor mengetahui bahwa jubah yang Hela pakai adalah sumber kekuatannya. Dengan mengambil jubah tersebut, akhirnya Thor bisa mengalahkan Hela dan membuat semua teman-temannya hidup kembali.

Mangog

Konon Mangog adalah entitas kosmik terkuat yang pernah ada, dia tercipta dari “seribu planet dan satu miliar makhluk” yang telah dibunuh oleh Odin. Dengan dendamnya tersebut, Mangog mulai menyerang Asgard dan membunuh banyak Asgardian dalam prosesnya. Ketika Thor yang asli, Odin, dan Freya tidak bisa mengalahkan Mangog di komik The Mighty Thor #705 (2018), Jane Foster alias Mighty Thor datang dan melemparkannya ke inti matahari. Dia kemudian mengikatnya dengan rantai yang diikatkan pada Mjolnir dan serigala Fenris, menyebabkan Mangog terpenjara selamanya di inti matahari.

Jormungandr

Jormungandr alias Midgard Serpent atau Naga Raksasa Bumi adalah makhluk kuat yang cukup sering diceritakan dalam mitologi Nordik. Ketika Jormungandr berniat menghancurkan Bumi dengan lilitan tubuhnya di komik Thor #380 (1987), Thor yang mengetahui bahwa hanya Mjolnir yang bisa melukainya, kemudian menantang Jormungandr. Walaupun dalam pertarungan tersebut Thor sempat kewalahan, pada akhirnya Thor berhasil mengalahkannya. Sayangnya, Thor terkena racun Jormungandr yang membuatnya terlihat mati di akhir komik.

Surtur

Jika berbicara tentang musuh terbesar Asgard, Raksasa Api Surtur adalah kandidat pertamanya. Hal tersebut karena dia sejak awal sudah diramalkan akan menyebabkan kehancuran Asgard yang disebut Ragnarok. Ketika sang Raksasa Api menyatakan perang besar terhadap Nine Realms di komik Mighty Thor #21 (2012), Thor yang marah kemudian bersumpah untuk mengalahkannya. Di mana hal tersebut Thor buktikan dengan menggunakan Twilight Sword milik Surtur untuk membunuh Surtur dengan menusuk lehernya. Di mana hal tersebut menjadi bukti kemenangan Thor paling besar.

Itulah 10 musuh terkuat yang pernah berhasil Thor kalahkan. Sebagian besar superhero mungkin akan berjuang sekuat tenaga untuk memukul mundur kesepuluh villain ini, dan tidak jarang juga para superhero tersebut diceritakan mati karena kalah kuat. Namun, bagi Thor kesepuluh villain ini justru hanyalah bagian dari rutinitasnya. Kekalahan sepuluh villain ini juga membuktikan, bahwa Thor adalah salah satu superhero terkuat di Marvel Unverse.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.