Marvel Universe adalah tempat bagi para superhero yang terkenal karena kekuatannya, salah satunya adalah sang Dewa Petir Thor yang diceritakan telah melindungi Bumi selama ribuan tahun. Selain dewa Asgar, Thor juga merupakan salah satu anggota Avengers yang terkenal sebagai fondasi kekuatan dari tim super tersebut. Walaupun dia cukup sering diceritakan bertarung melawan berbagai villain kuat, seperti Thanos atau Ultron, ada juga sepuluh musuh lainnya yang jauh lebih kuat dari siapa pun, tetapi berhasil Thor kalahkan. Siapa saja mereka? Berikut 10 musuh terkuat yang pernah Thor kalahkan!

Apocalypse

En Sabah Nur alias Apocalypse adalah mutan Bumi tertua yang telah menyatu dengan teknologi Celestial. Di komik Uncanny Avengers #6 (2013), Apocalypse diceritakan menyerang Skandinavia, Thor yang kebetulan berada di situ langsung berhadapan dengan Apocalypse. Sayangnya, Thor yang bersenjatakan Jarnbjorn tidak bisa menembus armor Celestial dari Apocalypse, dia kemudian memilih untuk kembali ke Asgard. Di Asgard, Thor menggunakan darahnya untuk memperkuat Jarnbjorn. Kembali ke Bumi dengan percaya diri, akhirnya Thor bisa membelah dada Apocalypse dan mengalahkannya.

Bor

Di komik Thor #600 (2009), diceritakan bahwa Loki selama ini telah membuat kakek Thor yang bernama Bor tertidur dalam es. Di mana akhirnya Loki menggunakannya untuk membuat Thor membunuh kakeknya sendiri di depan para Asgardian. Setelah dihidupkan oleh sihir gelap Loki, Bor melepaskan amarahnya ke Kota New York. Thor yang berusaha melindungi Bumi kemudian bertarung dengan Bor yang juga mampu menggunakan Mjolnir dengan mudah. Di saat-saat terakhir, Thor berhasil memukul Bor dan membunuhnya, sebelum akhirnya Thor menangis setelah menyadari bahwa Bor adalah kakeknya.

Demogorge

Demogorgo adalah makhluk teror yang terkenal sering memakan para dewa. Di komik The Mighty Thor #8-9 (2012) diceritakan bahwa semua dewa yang telah mati akan terjebak di sebuah dimensi mistis di mana mereka bertemu dengan Demogorgo. Ketika Thor diceritakan mati oleh supervillainĀ Cul Borson, Thor bertemu dengan Demogorgo yang langsung memakannya. Syukurnya ketika berada di perut Demogorgo, Thor menemukan jantungnya dan langsung menghantamnya dengan Mjolnir. Thor yang berhasil membebaskan para dewa dari Demogorgo kemudian hidup tenang di Midgard alias Bumi.

Exitar

Awalnya penggemar tidak ada yang menyangka bahwa entitas kosmik Celestial bisa dikalahkan. Namun, pada kenyataannya Thor diceritakan mampu mengalahkan Celestial Exitar the Executioner yang bertugas menghancurkan planet. Kejadian tersebut terjadi di komik Uncanny Avengers #21 (2014) ketika Exitar berniat menghancurkan Bumi. Setelah X-Men Rogue yang telah menyerap semua kekuatan superhero Bumi berhasil melemahkan Exitar, Thor datang dengan kapak pembunuh entitas kosmik yang disebut Jarnbjorn, memenggal, dan melenyapkannya Exitar the Executioner untuk selamanya.

Galactus

Selain Celestial, prestasi lainnya yang pernah diraih oleh Thor adalah dengan mengalahkan sang Pemakan Planet Galactus di komik Thor #1-6 (2020). Setelah menjadi penguasa Nine Realms, Thor didatangi oleh Galactus yang terluka oleh entitas kosmik surgawi bernama Black Winter. Saat Thor berjanji untuk mengalahkannya, Galactus memberi Thor kekuatan kosmik dan mengubahnya menjadi Herald of Thunder. Namun, Thor yang mengetahui rencana busuk Galactus untuk menguasai alam semesta kemudian melenyapkan Galactus saat itu juga, dan mengubah energinya untuk mengalahkan Black Winter sekaligus.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2