Time travel selalu menjadi tema yang menarik jika dibahas di Marvel Comics. Karena dengan tema tersebut, biasanya para penggemar akan disuguhi berbagai kisah luar biasa dari penjelajah waktu yang diceritakan mengunjungi beberapa titik sejarah Marvel. Di Marvel Comics sendiri ada beberapa karakter yang namanya memang terkenal sebagai penjelajah waktu, baik untuk tujuan pribadi maupun untuk tujuan yang jauh lebih besar lagi. Para penjelajah waktu ini menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk hidup di luar timelinenya sendiri. Siapa saja karakter menarik ini? Simak di bawah ini.

Bishop

Jika membahas time travel, X-Men mempunyai cukup banyak penjelajah waktu yang terkenal, salah satunya adalah Lucas Bishop. Salah satu kisah time travel ikoniknya pernah terjadi di komik X-Men: Onslaught (1996), diceritakan bahwa Bishop melakukan perjalanan waktu untuk memberi tahu anggota X-Men yang lain bahwa ada seorang pengkhianat yang akan membinasakan mereka, dia adalah Xavier yang dirasuki oleh supervilain kosmik bernama Onslaught. Walaupun berhasil menyelamatkan X-Men, Onslaught berhasil lolos dengan membawa tubuh Xavier alias Professor X.

Cable

Penjelajah waktu lainnya yang terkenal dari X-Men adalah Cable, dia adalah saingan Bishop yang tampaknya lebih terkenal. Hal tersebut karena kisah time travel Cable sudah terjadi sejak dirinya masih kecil. Cable adalah anak dari Scott Summers alias Cyclops yang dikirim ke masa depan agar virus tekno-organik yang menyerang bagian kiri tubuhnya bisa disembuhkan. Beberapa tahun kemudian Cable kembali sebagai seorang pria dewasa dengan senjata besar sebagai ciri khasnya. Di Marvel sendiri, pengaruh Cable sudah dibuktikan dengan keberhasilannya mebolak-balikan sejarah.

Doctor Doom

Doctor Doom sebenarnya tidak secara khusus mendedikasikan dirinya sebagai penjelajah waktu. Namun, di salah satu kisah Marvel Comics, Doctor Doom pernah diceritakan menemukan Time Platform yang memungkinkannya melakukan time travel. Dia diceritakan menggunakan Time Platform untuk menemukan harta karun Blackbeard yang hilang. Dalam kesempatan lain, perjalanan waktunya secara tidak sengaja mempertemukan Doom dengan Rama-Tut, di mana hal tersebut menjadi awal kelahiran Kang the Conqueror yang sangat mengidolakan tekad jahat dan kostum dari Doctor Doom.

Kang the Conqueror

Jika berbicara tentang penjelajah waktu terbaik di Marvel Universe, Kang adalah orangnya. Dari semua karakter penjelajah waktu, sepertinya Kang adalah orang yang paling berdedikasi. Seumur hidupnya diahabiskan untuk menjelajahi waktu dan menguasai berbagai timeline. Bahkan karena Kang the Conqueror sering melakukan penjelajahn waktu, karakter Marvel mengenalnya dalam banyak versi. Selain Kang sendiri, versi Kang lainnya yang terkenal adalah versi mudanya yang dipanggil Iron Lad, dan versi tuanya yang bernama Immortus, di mana letiganya sangat terobsesi dengan time travel.

Ravonna Renslayer

Ravonna Renslayer adalah salah satu alasan lain mengapa Kang sering melakukan perjalanan waktu. Diceritakan bahwa Ravonna adalah kekasih dari Kang yang sering mengikutinya ke timeline mana pun. Selain sebagai kekasih, ada versi alternatif dari Ravonna yang sering melakukan timer travel sendirian demi membalaskan dendamnya pada Kang. Dendam tersebut bermula karena Kang telah menghancurkan planetnya dan memaksanya untuk menjadi kekasih. Dengan semua pengalamannya melakukan perjalanan waktu, bisa dibilang Ravonna adalah versi wanita Kang the Conqueror.

Itulah lima karakter Marvel yang terkenal sebagai penjelajah waktu terbaik di Marvel Universe. Tentunya sebagai sesama penjelajah waktu, bukan tidak mungkin mereka juga bisa bersinggungan satu sama lain. Karena walaupun timeline di Marvel memiliki jumlah yang tidak terbatas, pada dasarnya arus waktu atau timestream di mana mereka berlalu-lalang hanya ada satu. Dan meskipun jumlah penjelajah waktu tidak banyak, tetapi kehadiran mereka selalu berhasil memperumit timeline dan semua kehidupan di dalamnya.