Eternals adalah film ketiga MCU pada tahun 2021, sekaligus film kedua di Fase 4 setelah Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Film yang disutradarai oleh Chloé Zhao ini bercerita tentang 10 Eternal Bumi yang diciptakan dan diperintahkan oleh langsung Celestial untuk melindungi Bumi sejak 7.000 tahun yang lalu dari para Deviant. Mereka adalah Ajak (Salma Hayek), Sersi (Gemma Chan), Sprite (Lia McHugh), Phastos (Brian Tyree Henry), Druig (Barry Keoghan), Thena (Angelina Jolie), Ikaris (Richard Madden), Kingo (Kumail Nanjiani), Makkari (Lauren Ridloff), dan Gilgamesh (Don Lee).

Di filmnya, para Eternal ini diperlihatkan mempunyai perasaan yang kurang lebih mirip seperti manusia, mereka bisa saling jatuh cinta dan saling peduli terhadap sesamanya. Dampak negatif dari perasaan tersebut adalah tumbuhnya pengkhianatan dan kekecewaan di antara mereka, seperti yang terjadi di ending film Eternals ketika Ikaris memilih untuk melawan Eternal lain karena dia menganggap kebangkitan Celestials Tiamut lebih penting dari semuanya. Dan ketika satu-satunya misi tersebut gagal, Ikaris yang kebingungan dan tidak sanggup menahan malu, memutuskan untuk terbang menuju matahari.

Mengingat bahwa Eternals diberkahi dengan kekuatan kosmik, tidak jelas apakah Ikaris tewas terbakar di matahari atau tidak. Dan baru-baru ini, dalam sesi wawancaranya dengan CBR, salah satu penulis Eternals Kaz Firpo mengonfirmasi bahwa Ikaris telah benar-benar mati. “Saya pikir dia menyesal dengan cara dia menjalani seluruh hidupnya di Planet Bumi,” kata Firpo. “Pada dasarnya tindakan Ikaris menggambarkan, “Jika saya tidak bisa melayani Celestial, dan saya tidak bisa bersama keluarga [Eternal] saya, maka saya memilih opsi ketiga,” yaitu benar-benar terlupakan selamanya. Jadi ya, dia mati.”

Walaupun Ikaris diceritakan mati, kemudian para Eternal lain berhasil mengagalkan kelahiran Celestial Tiamut, hal tersebut tidak membuat Bumi sepenuhnya aman. Karena di akhir film Celestial Arishem the Judge datang dan menculik Kingo, Sersi, dan Phastos untuk menentukan nasib Bumi berikutnya, sementara Thena, Makkari, dan Druig pergi berkeliling galaksi dengan pesawat Domo untuk memberi tahu Eternal lain yang tersebar di galaksi tentang rencana sebenarnya dari para Celestial.

Dengan terjawabnya nasib Ikaris ini, sebenarnya masih banyak misteri yang belum terjawab oleh film Eternals. Salah satunya apakah kematian benar-benar membuat Eternal “hilang untuk selamanya”, karena pada dasarnya Eternal adalah ciptaan Celestial yang ingatannya disimpan di markas Celestial, sehingga masih ada kemungkinan bagi Ikaris dengan tubuh lain untuk kembali pada masa depan MCU. Ending film Eternals sendiri telah menjanjikan sebuah sekuel, jadi kita nantikan saja kelanjutannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.