Marvel adalah media superhero yang cukup sering menghadirkan karakter manusia biasa yang memiliki pengaruh yang kuat di Marvel Universe. Sebagai contoh, Tony Stark alias Iron Man adalah manusia biasa yang memanfaatkan kegeniusan dan kekayaannya untuk menjadi superhero terkuat di Marvel. Di sisi supervillain ternyata ada juga karakter yang seperti itu, dia adalah Wilson Fisk alias Kingpin yang terkenal sebagai kriminal genius.

Pengaruhnya di Kota New York sering membuatnya jadi ancaman nyata bagi para superhero. Dalam sejarah Marvel, berbagai superhero pernah diceritakan berhadapan dengan Kingpin. Dan pada kenyataannya tidak jarang Kingpin lebih sering membuat mereka kewalahan, di mana hal tersebut diwujudkan oleh Kingpin dengan kegeniusan dan relasinya yang kuat sebagai salah satu pemimpin mafia paling berpengaruh. Untuk mengetahui lebih jelas siapa Kingpindi Marvel Universe, simak di bawah ini, Geeks.

Origin Kingpin di Marvel Comics

Wilson Fisk alias Kingpin adalah villain bertubuh besar yang pertama kali diceritakan pada tahun 1967 di komik Amazing Spider-Man #50 karya Stan Lee dan John Romita. Kingpin mempunyai masa kecil yang misterius sebelum menjadi mafia di East Coast. Satu-satunya masa lalu Kingpin yang terungkap adalah bahwa dia adalah anak dari keluarga miskin dan pecandu narkoba yang selalu berusaha menjadi yang terbaik, bahkan ketika dia mulai menekuni olahraga angkat beban.

Kingpin sangat percaya bahwa jika tubuhnya kuat, dia akan bisa mengusai dunia kejahatan. Setelah mendalami banyak bidang yang mengutamakan kekuatan, Fisk juga mulai menyadari bahwa selain kuat dia juga harus pintar, sehingga dia banyak belajar ilmu sains, seni, dan juga politik. Ketika umurnya menginjak 15 tahun, dia kemudian menggunakan ilmu politiknya untuk mendirikan geng penjahat yang mempunyai pengaruh dan kedekatan dengan orang-orang penting di East Coast.

Superhero yang pertama kali dihadapi oleh Kingpin adalah Spider-Man, ketika dirinya menjalankan bisnis narkoba untuk keluarga mafia yang disebut Maggia. Setelah mengalami jatuh bangun karena sering berhadapan dengan Spider-Man, 20 tahun kemudian Kingpin mengumumkan bahwa dirinya telah menjadi pemimpin mafia paling berpengaruh di Kota New York dan Las Vegas.

Dan saat Spider-Man sempat menghilang di komik Amazing Spider-Man #50 (1967), Kingpin mulai melancarkan rencana besarnya untuk membentuk koalisi para penjahat yang beranggotakan supervillain kuat, seperti Crime-Master, Doctor Octopus, Green Goblin, Mad Thinker, Hammerhead, dan Silvermane. Namun, ketika dia hampir berhasil menguasai Kota New York sepenuhnya, Spider-Man yang telah kembali bersama media Daily Buglemengekspos semua kejahatan Kingpin dan akhirnya koalisi tersebut bubar.

Setelah mengetahui bahwa selama ini suaminya adalah pemimpin mafia, istri Kingpin yang bernama Vanessa marah dan menyuruh Kingpin berhenti. Kingpin yang sangat mencintai istrinya kemudian setuju untuk pensiun dan tinggal di Jepang. Mengetahui bahwa Vanessa akan menjadi ancaman bagi bisnis mafia milik Kingpin, seorang ajudan Kingpin menculik Vanessa dan membunuhnya tanpa sepengetahuan bosnya, agar Kingpin tetap melakukan kejahatan sebagai pemimpin mafia.

Dan setelah kembali aktif sebagai pemimpin mafia, Kingpin lebih sering berhadapan dengan Matt Murdock alias Daredevil. Di komik Daredevil Vol. 2 #15 (2001), Kingpin mengadopsi Maya Lopez alias Echo, yang ayah kandungnya dia bunuh sendiri dan memfitah bahwa Daredevil yang telah melakukannya. Ketika Echo dewasa, dengan kemampuannya untuk meniru gerakan orang yang baru dilihatnya, Echo bertarung dengan sengit melawan Daredevil. Dan ketika Daredevil meyakinkan Echo bahwa Kingpin adalah pembunuh yang sebenarnya, Echo menembak Kingpin hingga buta.

Di komik Daredevil Vol. 5 #28 (2017), setelah kekuasaannya atas Kota New York mulai menurun, Kingpin menggunakan semua sumber dayanya yang tersisa untuk membantu warga Kota New York yang kesusahan. Pada akhirnya terungkap bahwa tujuan Kingpin yang sebenarnya adalah untuk menarik simpati warga New York agar memilihnya menjadi walikota, di mana rencananya berhasil dan dia berjanji akan memusnahkan para superhero yang dipandang sering main hakim sendiri, termasuk Punisher, Daredevil, Spider-Man, Luke Cage, dan masih banyak lagi superhero yang menjadi targetnya.

Sebenarnya tujuan utama Kingpin menjadi walikota adalah ingin mengamankan dua artefak kuno yang disebut Lifeline Tablet dan Tablet of Death. Dengan kedua tablet tersebut Kingpin membangkitkan anaknya yang bernama Richard, yang sebelumnya dibunuh oleh Vanessa karena sempat mengambil alih kekuasaan Kingpin. Pembangkitan Richard dilakukan oleh Kingpin sebagai bentuk penebusan untuk dirinya dan Vanessa. Sejak saat itu Kingpin dan anaknya menjadi penguasa yang jauh lebih kuat lagi daripada sebelumnya.

Kekuatan Kingpin sebagai Kriminal Genius

Berkat latihan beban yang telah dia tekuni sejak kecil, Kingpin terkenal dengan kekuatannya yang melebihi manusia biasa, hal tersebut dibuktikan dengan kemampuannya untuk mengangkat beban seberat 300 kg dengan mudah. Di komik Savage Wolverine #6 (2013) bahkan Kingpin pernah diperlihatkan mampu menghancurkan tengkorak manusia hidup dengan satu tangan. Dan sebagai orang yang terkenal sebagai kriminal genius, Kingpin sangat cerdas dalam mengorganisir, dia mempunyai banyak bawahan yang setia karena hormat sekaligus takut padanya.

Dengan tubunya yang besar, yang tampaknya terlalu berat untuk bergerak lincah, ternyata Kingpin menguasai banyak seni bela diri, dari mulai sumo sampai judo. Dengan kemampuan bertarungnya ini, Kingpin sering membuat kewalahan para superhero, seperti Spider-Man dan Daredevil yang terkenal mempunyai indra keenam. Rekor tertinggi yang pernah dicapai Kingpin adalah menumbangkan delapan orang sekaligus dalam waktu hanya 17 detik. Dengan semua yang dimilikinya, dari mulai kekuatan, kegeniusan, kekayaan, sampai kekuasaan, Kingpin hanya mempunyai satu kelemahan, yaitu keluarganya.

Itulah sejarah Kingpin di Marvel Universe yang berliku-liku, tetapi sangat jelas memperlihatkan betapa kuatnya dia. Berawal dari seorang anak miskin, Kingpin tumbuh dengan tekad kuatnya dan mencapai posisi tinggi sebagai Wali kota New York. Hal tersebut membuktikan bahwa dia telah mecapai banyak prestasi yang jarang bisa dicapai oleh superhero mana pun. Kingpin dirumorkan akan muncul juga di serial Hawkeye dengan diperankan oleh Vincent D’Onofrio. Kita lihat saja nanti kebenarannya di serial Hawkeye yang tayang setiap hari Rabu di saluran streaming Disney+.