General Glory

Sekilas mungkin General Glory terlihat sangat mirip seperti Captain America dari Marvel. Menariknya, bukan hanya penampilannya saja yang mirip, melainkan latar belakangnya juga. Karakter yang mempunyai nama asli Joseph Jones ini adalah seorang tentara kebanggaan Amerika pada saat Perang Dunia II. General Glory direkrut menjadi anggota Justice League oleh Maxwell Lord yang pada saat itu menjadi manajer JL. Sejak saat itu dia bergaul dengan Superman, Batman, dan yang lainnya, sampai akhirnya dia diceritakan tewas dalam pertempuran di komik Justice League Quarterly #16.

Lex Luthor

Sebagai musuh bebuyutan Superman, tidak ada yang mengira bahwa Lex Luthor akan bergabung dengan Justice League. Namun, kenyataannya Lex menemukan jalannya sendiri untuk bergabung dengan JL dengan menggulingkan Crime Syndicate (JL alternatif versi jahat). Karena mendapatkan dukungan yang besar dari masyarakat, dia kemudian memaksa JL untuk menerimanya, di mana Batman menolaknya. Namun, pada akhirnya Batman terpaksa menyetujuinya setelah Lex mengancam untuk membocorkan identitas rahasianya dan juga berjanji akan merusak reputasi JL jika dia tidak diterima.

Phantom Stranger

Phantom Stranger adalah karakter DC yang digambarkan sebagai makhluk kosmik dengan fisik yang nyaris abadi. Dia sering menggunakan kekuatannya untuk menghadapi ancaman mistis di DC Universe, oleh karena itu dia pernah menjadi salah satu anggota Justice League Dark bersama Constantine, Zatanna, Swamp Thing, dan sebagainya. Di komik Justice League of America #103, bahkan Phantom Strangers pernah bergabung dengan Justice League utama untuk mengalahkan supervillain Felix Faust. Di Justice League sendiri, bisa dikatakan Phantom Stranger adalah salah satu anggota terkuat.

Triumph

Bisa dibilang Triumph adalah superhero yang diciptakan oleh DC untuk membuat bingung para penggemar. Hal tersebut karena Triumph diceritakan sebagai sosok pendiri Justice League yang sebenarnya. Namun, karena sebuah alasan yang tidak jelas, Triumph sendiri yang sengaja mengubah timeline agar Superman, Batman, Flash, Aquaman, Green Lantern, Wonder Woman, dan Martian Manhunter tampak sebagai pendiri Justice League. Dengan cerita yang tiba-tiba tersebut, penggemar tentunya akan menyukai Triumph seandainya dia tidak digambarkan sebagai karakter yang sombong dan arogan.

Zauriel

Sebagai salah satu malaikat dari Alkitab, Zauriel pernah diceritakan bergabung dengan Justice League ketika tim super tersebut harus berhadapan dengan malaikat jahat yang ingin menggulingkan Tuhan, yaitu Asmodel. Dengan pengetahuannya yang luar biasa tentang agama dan sejarah, serta kemampuan supernya yang bisa mengeluarkan teriakan sonic dan menggunakan tombak sakti, Zauriel adalah salah satu anggota tambahan Justice League yang sangat berguna. Uniknya, di Justice League Zauriel tidak mempunyai masalah dalam bergaul, padahal beberapa anggotanya adalah ateis, termasuk Batman.

Itulah 10 anggota rahasia Justice League yang jarang orang lain sadari. Kehadiran mereka terbukti membawa pengaruh yang besar pada tim, baik untuk kebaikan maupun sebaliknya, seperti yang dilakukan oleh Atomica dan Lex Luthor. Namun, terlepas dari pengaruh yang dibawa oleh kesepuluh karakter ini, sejarah tentang bergabungnya mereka dengan Justice League tidak akan pernah hilang dari sejarah DC Universe.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.