Justice League adalah tim super DC yang sering digambarkan sebagai pelindung Bumi dan alam semesta. Masing-masing anggota Justice League sendiri terbukti mempunyai reputasi yang bagus sebagai superhero solo, di mana hal tersebut pada akhirnya membuat mereka sangat layak berada di tim super ini. Meskipun penggemar lebih mengenal Justice League sebagai tim yang beranggotakan karakter populer, seperti Batman, Superman, Wonder Woman, Flash, Aquaman, Green Lantern, dan sebagainya, ternyata ada 10 anggota rahasia Justice League yang jarang orang ketahui. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks.

Atomica

Atom adalah salah satu anggota Justice League yang terkenal karena kemampuannya yang bisa berubah-ubah ukuran. Terlepas dari popularitas Atom yang cukup baik, di era New 52, DC meluncurkan Atom versi wanita yang bernama Rhonda Pineda alias Atomica. Ketika dia terlihat muncul sebagai superheroin yang berhasil menghentikan serangan Kerajaan Atlantis, para anggota Justice League mulai merekrutnya. Namun, pada akhirnya niat busuk Atomica terbongkar ketika dia menggunakan Pandora Box di markas JL untuk memanggil para anggota Crime Syndicate dari universe alternatif untuk menyerang Bumi.

Crimson Fox

Crimson Fox adalah salah satu anggota Justice League yang mempunyai latar belakang cukup rumit. Berbeda dengan superhero lain yang hanya diperankan oleh satu orang, identitas Crimson Fox dijalankan oleh dua karakter kembar yang bernama Constance dan Vivian. Setelah kematian orang tuanya akibat penyakit kanker yang disebabkan oleh perusahaan jahat, Constance dan Vivian bersumpah untuk membasmi kejahatan di Kota Paris. Untuk mempermudah misi mereka, Constance memalsukan kematiannya, dan bergantian menjadi Crimson Fox dan Vivian dalam waktu yang bersamaan.

Despero

Martian Manhunter sebenarnya sudah cukup untuk mewakili peran “monster” di Justice League. Namun, seakan belum puas, DC kemudian memasukan Despero sebagai anggota monster lainnya di Justice League, padahal selama bertahun-tahun Despero digambarkan sebagai alien pengendali pikiran yang ingin menghancurkan JL. Dalam salah satu kisah DC Comics diceritakan bahwa Green Lantern Kilowog memasukan kesadaran rekannya yang bernama L-Ron ke tubuh Despero, dan karena kemampuannya yang hebat, para anggota JL memasukannya ke sub kelompok JL khusus para monster, yaitu JL Task Force.

Etrigan

Monster lain yang pernah diceritakan bergabung dengan Justice League adalah Etrigan. Dia sebenarnya adalah iblis yang dipanggil oleh Merlin untuk melindungi Camelot dari penyihir Morgaine le Fey pada zaman medieval. Namun, setelah Merlin mengetahui bahwa Etrigan jauh lebih berbahaya dari Morgaine, dia kemudian menggabungkan Etrigan dengan dengan seorang manusia bernama Jason Blood. Untuk membuat dirinya tidak diambil alih oleh sang iblis, Jason kemudian mempelajari banyak ilmu sihir. Ketika Justice League mengetahui kemampuan hebat Jason Blood, mereka merekrutnya sebagai anggota tetap.

G’nort

G’nort Esplanade Gneesmacher adalah seekor makhluk anjing humanoid yang terdaftar sebagai anggota Green Lantern Corps. Awalnya G’nort sengaja dijadikan Green Lantern oleh seorang villain bernama Poglachian untuk mempermalukan Green Lantern Corps karena kebodohan dan ketidakmampuannya, tetapi setelah Green Lantern lain yang bernama Guy Gardner mengetahui plot Poglachian, G’nort justru diajak bergabung ke Justice League International dan dibiarkan tetap menjadi bagian dari Green Lantern Corps. Selain JLI, G’nort bahkan pernah bergabung dengan Justice League of Antarctica.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2