Saitama merupakan karakter yang paling kuat dalam seri One-Punch Man. Dengan satu kali pukulannya, apa pun dan siapa pun musuhnya bisa dengan mudah dihancurkan dan dikalahkan. Inilah kemudian yang menjadi “ciri khas” dari Saitama. Sudah banyak musuh yang dia habisi atau kalahkan dengan hanya satu pukulan. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu dengan kekuatan Saitama ini.

Terlepas dari kemampuan Saitama yang mampu menghancurkan apa pun dengan hanya satu pukulan, sebagai sosok yang memiliki kekuatan dahsyat Saitama pun memiliki kemampuan lainnya. Kemampuan ini mungkin tidak banyak disadari oleh para fans karena kemampuan pukulannya mampu menutupi kemampuan ini. Lalu, apa saja kehebatan dari Saitama selain pukulannya?

Mampu Melompat Dengan Sangat Tinggi dan Jauh

Satu hal yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh Saitama adalah terbang, seperti halnya pahlawan super kebanyakan. Namun, meskipun Saitama tidak bisa terbang hal itu bukan jadi sebuah masalah yang besar. Hal ini dikarenakan kemampuannya untuk melompat sudah sangat luar biasa. Saitama mampu melompati sebuah gedung tinggi dengan mudah.

Dia juga mampu menghindari berbagai serangan dengan cara melompatinya. Dan contoh paling nyata dari kemampuan melompat Saitama yang luar biasa adalah ketika Boros melemparkan ke bulan. Saitama pun kemudian menggunakan kemampuan untuk bisa kembali ke bumi dan kembali ke tempat asalnya. Dalam beberapa kesempatan pun diperlihatkan bagaimana Saitama muncul atau pergi dengan cara melompat, bukan terbang.

Mampu Bertahan di Luar Angkasa

Saitama pernah diperlihatkan berada di luar angkasa – bahkan dia terdampar di bulan – saat Saitama bertarung melawan sang penjahat antar galaksi, Boros. Tetapi, alih-alih Saitama tewas, yang terjadi adalah Saitama seolah tidak terpengaruh oleh ruang hampa di sana. Bahkan, tidak ada luka atau apa pun yang membuat Saitama terluka akibat Saitama yang bergesekan dengan Atmosfer.

Yang unik juga adalah Saitama memutuskan untuk tidak bernafas saat berada di luar angkasa. Dia menutup hidungnya seolah-olah sedang berada di dalam air. Dan hal itu pun tidak memengaruhi kondisi oksigen dalam tubuhnya. Saitama juga sepertinya tidak terpengaruh oleh radiasi matahari yang sangat mematikan, di mana jika makhluk biasa akan tewas jika terkena hal tersebut.

Mampu Bergerak Dengan Cepat

Karakter yang paling cepat di seri OPM sejauh ini adalah Speed-o’-sound Sonic dan juga Flashy Flash. Namun, Sonic dengan bangganya memproklamirkan dirinya sebagai yang tercepat diantara yang lain. Sampai kemudian Sonic bertemu dengan Saitama. Dalam pertarungan pertama, Sonic bahkan kalah dengan cara yang memalukan.

Dalam pertarungan kedua kalinya, Sonic pun mencoba untuk menghabisi Saitama dan Genos. Genos sendiri mengatakan bahwa dengan teknologi secanggih apa pun, akan sulit baginya untuk mengikuti gerakan Sonic. Namun, ketika Saitama menggunakan teknik “serius” miliknya, Sonic pun akhirnya kalah akibat angin yang dihasilkan dari pergerakan Saitama tersebut.

Tidak Mengenal Rasa Lelah

Bagi Saitama, sejauh ini dia sering diperlihatkan dalam keadaan bosan seolah tidak ada gairah hidup. Namun, dia tidak pernah diperlihatkan merasa kelelahan atau merasakan sakit. Memang tidak ada konfirmasi resmi terkait masalah ini, karena Saitama jarang memperlihatkan emosinya dalam keadaan apa pun. Tetapi, saat pertarungan melawan Boros sekali pun Saitama tidak memperlihatkan pertanda bahwa dia lelah atau sakit.

Saitama sering melakukan pergerakan yang orang normal akan merasa lelah, tetapi Saitama sama sekali tidak merasakannya. Saitama juga tidak pernah diperlihatkan kehabisan nafas atau berkeringat. Dan sampai sekarang pun belum ada musuh yang memaksa Saitama untuk bertarung sampai dia kelelahan atau berkeringat.

Mampu Melumpuhkan Musuh Dengan Tatapannya

Saitama mungkin terlihat seperti sosok yang tidak memiliki kekuatan super. Dia mengenakan kostum berwarna kuning dan merah, serta penampilannya pun seolah tidak memperlihatkan bahwa Saitama adalah sosok yang kuat. Inilah alasannya mengapa kemudian banyak orang dan juga monster yang meremehkan sosok Saitama.

Saitama sering kali dianggap sebagai sosok biasa, dan bukan sebuah ancaman yang besar. Dan hal ini wajar, karena Saitama pun jarang terlibat dalam sebuah konflik atau pertarungan. Tetapi, ketika situasinya memang mengharuskan Saitama untuk serius, terkadang dengan hanya menggunakan tatapannya saja maka musuh akan merasa terintimidasi. Genos pernah merasakan hal tersebut, di mana aura dari Saitama membuatnya tidak bisa bergerak.

Meskipun tanpa menggunakan pukulannya, lima hal di atas membuktikan bahwa Saitama masih memiliki hal lainnya yang juga tidak kalah luar biasa. Kemampuan-kemampuan tersebut membuat Saitama berbeda dari para pahlawan lainnya, yang mana hal ini wajar karena dia adalah karakter terkuat di serinya. Namun, masih menjadi sebuah misteri besar dari mana Saitama mendapatkan semua kekuatan ini. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.