Haki merupakan salah satu kemampuan yang sangat berharga dan sangat luar biasa dalam seri One Piece, apalagi jika mereka ingin menjadi yang terkuat atau mampu bertahan di kejamnya lautan New World. Dari tiga jenis Haki yang ada, Haki Pengawasan atau Observation Haki adalah salah satu Haki yang paling sering muncul dan digunakan para karakter.

Dengan menggunakan kemampuan Haki Pengawasan, penggunanya bisa “melihat” apa yang tidak bisa dilihat oleh orang biasa, seperti memprediksi serangan, merasakan emosi keberadaan orang lain, dan sebagainya. Namun, yang paling luar biasa dari Haki Pengawasan adalah mampu melihat ke masa depan. Ini merupakan tingkatan tertinggi dari Haki Pengawasan dan diketahui baru dua orang yang memiliki kemampuan ini, yaitu Luffy dan Katakuri. Tetapi, para karakter ini memiliki potensi untuk memiliki kemampuan yang sama. Siapa saja?

Sanji Vinsmoke

Sanji si kaki hitam merupakan koki andalan dari kelompok bajak laut Topi Jerami dan merupakan kru paling kuat ketiga, setelah Luffy dan Zoro. Menurut Eiichiro Oda dalam sebuah kolom SBS disebutkan bahwa Sanji memiliki spesialisasi dalam hal Haki Pengawasan. Artinya, Sanji merupakan karakter yang paling terlatih dalam penggunaan Haki ini.

Sanji sendiri membangkitkan kemampuan Hakinya tersebut saat bertarung melawan Ivankov beserta para bawahannya di kerajaan Kamabakka saat time-skip. Dengan bangkitnya kemampuan Haki Pengawasan Sanji, kemampuannya pun meningkat cukup drastis. Sanji sendiri sebenarnya sudah memperlihatkan tanda bahwa dia bisa melihat ke masa depan, seperti saat menghindari serangan Katakuri di arc Whole Cake Island.

Koby

Salah satu Rear Admiral dari angkatan laut. Koby saat ini berada di bawah kepemimpinan X Drake, di mana Koby merupakan bagian dari organisasi rahasia angkatan laut SWORD. Kemampuan Haki Kobi sendiri pada awalnya tidak sengaja bangkit, saat dia mendengar suara-suara para tentara angkatan laut saat perang besar di Marineford. Menurut Helmeppo, Koby sangat ahli dalam menggunakan Haki Pengawasan.

Koby pun kemudian dilatih oleh Monkey D. Garp, termasuk melatih kemampuan Hakinya. Meskipun Koby belum menunjukan tanda bahwa dia melihat ke masa depan, namun dengan latihan yang dia lakukan, hanya tinggal masalah waktu sampai kemudian Koby berhasil membangkitkan kemampuan tertinggi ini. Koby sendiri bercita-cita untuk menjadi seorang admiral. Dengan mampu melihat ke masa depan, Koby sudah satu langkah lebih dekat ke mimpinya.

Usopp

Usopp merupakan salah satu kru Topi Jerami dan juga sang penembak jitu dari krunya – sekaligus orang yang menciptakan berbagai benda. Saat time-skip terjadi, Usopp berlatih di pulau Boin bersama Heracles. Setelah latihan yang sangat intens, Usopp pun tumbuh menjadi sosok yang jauh lebih kuat. Dan di arc Dressrosa diperlihatkan bagaimana Usopp berhasil membangkitkan kemampuan Hakinya.

Dalam momen tersebut Usopp diperlihatkan mampu melihat targetnya dalam bentuk aura, dari jarak yang sangat jauh dan bahkan terhalang oleh tembok. Meskipun kemampuan Haki Pengawasan Usopp belum sehebat Sanji dan Luffy, dengan latihan dan pengalaman bertarung akan membuat Usopp semakin ahli dalam penggunaan Haki ini dan puncaknya dia akan mampu melihat ke masa depan. Dan mengingat Usopp adalah penembak jitu di kelompok Topi Jerami, wajar jika kemudian kemampuan ini dimilikinya.

Shanks

Shanks merupakan salah satu dari empat penguasa samudra alias Yonko dalam cerita One Piece. Shanks merupakan salah satu bajak laut terkuat, meskipun dia tidak memiliki kemampuan buah iblis. Shanks benar-benar mengandalkan kemampuan Hakinya yang sangat luar biasa. Karena itulah wajar jika Shanks bisa menguasai ketiga Haki sekaligus.

Sejauh ini Shanks sudah diperlihatkan sangat ahli dalam menggunakan Haki penguasa serta Haki Senjata. Namun, untuk Haki Pengawasan sendiri masih belum terlalu banyak diperlihatkan. Meskipun begitu, diyakini bahwa Shanks pun memiliki Haki Pengawasan yang sangat luar biasa. Dan bahkan diyakini juga bahwa Shanks akan mampu melihat ke masa depan dengan kemampuan dahsyat Hakinya ini.

Roronoa Zoro

Zoro merupakan orang terkuat kedua di kelompok bajak laut Topi Jerami. Dia juga merupakan komandan atau tangan kanan dari Luffy. Seperti halnya Sanji, dalam kolom SBS diketahui bahwa Zoro memiliki keahlian dalam penggunaan Haki Senjata. Hal ini wajar mengingat dia adalah salah satu ahli pedang terbaik. Dan baru-baru ini diketahui bahwa Zoro mampu menggunakan Haki Penguasa.

Meskipun tidak diketahui apakah Zoro memiliki kemampuan Haki Pengawasan, tetapi ada spekulasi yang berkembang di kalangan fans bahwa mungkin saja suatu hari Zoro akan membangkitkan Haki Pengawasannya. Dan ketika hal itu terjadi, Zoro pun akan mampu melihat ke masa depan setelah dia berhasil menguasai dan melatih Hakinya.

Kemampuan untuk bisa melihat situasi atau kondisi pada masa yang akan datang merupakan kemampuan yang sangat luar biasa, karena tidak semua orang mampu melakukannya atau membangkitkannya. Kemampuan ini tentunya akan membuat seseorang bisa menguasai situasi pertandingan, karena dia tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Kita nantikan saja ya Geeks apakah para karakter di atas akan mampu membangkitkan kemampuan tersebut pada masa yang akan datang.