Sebagian besar entitas kosmik di Marvel Universe adalah makhluk misterius yang diberkahi dengan kekuatan tidak masuk akal. Dengan segala yang mereka miliki, para entitas kosmik ini terkadang menghampiri Bumi untuk tujuannya yang tidak terlalu menguntungkan bagi Bumi sendiri. Sebagai contoh Galactus dan Celestial adalah entitas kosmik yang kedatangannya ke Bumi jelas akan menjadi bencana bagi Bumi dan semua isinya.

Sebagai pemakan planet, Galactus mengangap Bumi sama seperti planet-planet lain, yaitu makanan yang lezat. Sedangkan bagi para Celestial, Bumi hanya lah sebuah planet tempat mereka berekperimen, kemudian sampai waktunya tiba mereka akan memutuskan untuk menghancurkan Bumi atau tidak. Mengetahui hal tersebut, tentunya para superhero Bumi harus saling bekerja sama untuk mengusir mereka, di mana hal tersebut bukan lah sesuatu yang mudah. Karena pada dasarnya tidak ada superhero Bumi yang bisa menyaingi kekuatan mereka, baik Galactus maupun Celestial.

Untuk itu, tidak jarang para superhero akan berusaha mencari cara agar bisa mengalahkan para entitas kosmik tersebut, setidaknya membuat mereka menjauhi Bumi untuk sementara waktu. Selain cara-cara yang sulit dan beresiko, ternyata ada cara yang sangat praktis untuk mengalahkan entitas kosmik, yaitu dengan senjata super sakti Ultimate Nullifier yang sangat ditakuti oleh Galactus. Apa sebenarnya Ultimate Nullifier ini, dan sesakti apa senjatanya sampai Galactus saja bisa takut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Origins Ultimate Nullifier

Senjata maha dahsyat ini pertama kali diceritakan pada tahun 1966 di komik Fantastic Four #50 karya legenda Marvel Stan Lee dan Jack Kirby. Setelah mengetahui bahwa sang Pemakan Planet sedang bergerak menuju ke Bumi, tim Fantastic Four kemudian berusaha mencari cara untuk memukul mundur Galactus agar tidak memakan Bumi. Saat tim keluarga super sedang kebingungan, Uatu the Watcher yang seharusnya tidak ikut campur, menyuruh Johnny Storm alias Human Torch untuk menemukan Ultimate Nullifier, karena hanya senjata tersebut yang bisa membunuh Galactus.

Uatu memberi tahu Human Torch bahwa Ultimate Nullifier hanya bisa ditemukan di planet asal Galactus, yaitu Taa II. Tanpa berpikir panjang, Human Torch langsung pergi ke Planet Taa II untuk mengambil Ultimate Nullifier. Dan setelah menemukan senjata tersebut, Human Torch kemudian memberikannya pada Reed Richards alias Mister Fantastic, di mana pada saat Galactus hampir memakan Bumi, Mister Fantastic menodongkan Ultimate Nullifier dan menyuruh Galactus pergi. Galactus yang ketakutan kemudian memilih untuk mundur karena dia tidak punya pilihan lain, setelah sebelumnya marah-marah pada Uatu.

Selain kemunculan pertamanya di komik Fantastic Four, Ultimate Nullifier kembali muncul di komik Infinity War (1992). Setelah Magus berhasil mengumpulkan kekuatan lima kubus kosmik dan lima Permata Keabadian, Diceritakan bahwa superhero Quasar mencoba menggunakan Ultimate Nullifier untuk mengalahkan supervillain Magus yang memiliki 5 Infinity Gems dan 5 Cosmic Cube, bukannya berhasil, Quasar justru memusnahkan dirinya sendiri karena tidak mampu mengendalikan Ultimate Nullifier. Sejak saat itu Uatu mengamankan Ultimate Nullifier dengan tangannya sendiri.

Dari segi bentuk, sebenarnya Ultimate Nullifier mempunyai betuk yang aneh dan tidak keren sama sekali. Mungkin Stan Lee dan Jack Kirby ingin menjelaskan bahwa Ultimate Nullifier adalah senjata yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Bentuknya digambarkan sebagai logam kecil seperti korek api dan bisa digunakan hanya dengan satu tangan saja. Walaupun sebelumnya Uatu tidak menjelaskan siapa yang menciptakan Ultimate Nullifier, pada akhirnya terungkap bahwa senjata maha dahsyat tersebut terbuat dari tubuh Galactus sendiri.

Dan karena pada dasarnya Galactus adalah entitas kosmik yang sangat kuat, bahkan dalam beberapa kisah dia diperlihatkan lebih kuat dari para Celestial, itulah mengapa Ultimate Nullifier juga mempunyai kekuatan penghancur yang sangat dahsyat. Sejauh ini Galactus sendiri hanya menjelaskan Ultimate Nullifier sebatas penciptaannya saja, dia masih belum menjawab misteri mengapa Galactus membuat senjata tersebut. Banyak penggemar yang berspekulasi bahwa Stan Lee dan Jack Kirby sengaja menceritakan Ultimate Nullifier, agar ciptaan terbaik mereka (Galactus) mempunyai kelemahan.

Seberapa Dahsyat Kekuatan Ultimate Nullifier

Sampai saat ini masih belum ada informasi yang menjelaskan seperti apa kemampuan maksimal dari Ultimate Nullifier. Yang jelas, Uatu dan Galactus menjelaskan bahwa Ultimate adalah senjata paling dahsyat di alam semesta. Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa senjata ini mampu melumat siapa pun targetnya. Jika Galactus dijadikan patokan, maka semua makhluk yang tidak lebih kuat dari Galactus pasti bukan masalah juga bagi Ultimate Nullifier, termasuk Celestial.

Namun, dengan semua yang ditawarkan oleh senjata maha dahsyat ini, tentunya ada harga yang harus dibayar oleh penggunanya. Ultimate Nullifier hanya bisa digunakan jika pikiran penggunanya cukup kuat untuk menahan kesaktian Ultimate Nullifier, karena jika tidak, maka penggunanya sendiri yang akan menghilang dari alam semesta. Konon jika penggunanya mampu berkonsentrasi serta memiliki kemampuan super genius, Ultimate Nullifier bisa dipakai untuk menhancurkan semua time line sampai semua makhluk hidup di dalamnya terhapus dari sejarah.

Itulah penjelasan tentang Ultimate Nullifier, senjata maha dahsyat yang bisa melenyapkan Galactus, Celestial, dan bahkan alam semesta. Bisa dibayangkan jika senjata ini jatuh pada tangan yang salah, dan karakter tersebut mempunyai pikiran yang kuat, maka bukan tidak mungkin karakter tersebut akan menjadi supervillain paling hebat di Marvel Universe. Syukurnya, selain Fantastic Four, Uatu, dan Galactus sendiri, sangat sedikit orang yang pernah melihat Ultimate Nullifier. Jadi, untuk saat ini Marvel Universe masih relatif aman.