Pedang menjadi salah satu senjata yang umum digunakan oleh berbagai karakter yang ada di cerita One Piece. Mulai dari karakter protagonis, sampai karakter antagonis, ada banyak yang menggunakan pedang sebagai senjata utama mereka. Contohnya adalah Roronoa Zoro, Big Mom, Shanks, dan masih banyak lainnya. Dan seperti yang dihadirkan dalam ceritanya, ada tiga kategori utama pedang dalam cerita One Piece.

Yang pertama adalah Meito. Meito secara singkat bisa diartikan sebagai pedang yang populer. Pedang yang masuk dalam kategori ini adalah pedang yang sudah sangat dikenal oleh banyak orang. Mereka akan tahu pedang tersebut hanya dengan melihatnya saja. Kemudian yang kedua adalah Yoto. Pedang Yoto adalah pedang yang misterius sekaligus dikutuk.

Pedang Yoto disebut sebagai pedang kutukan karena pengguna atau pemiliknya akan merasakan “efek samping” dari penggunaan pedang tersebut. Seperti yang dijelaskan oleh Shimotsuki Kouzaburo di chapter 1033, bahwa pedang memiliki kepribadiannya masing-masing. Dan tidak ada yang namanya pedang kutukan. Para penggunanya kemungkinan memiliki kekuatan yang lebih rendah dari pedang tersebut sehingga sulit untuk mengendalikannya.

Yang terakhir adalah Kokuto atau bisa diartikan sebagai pedang hitam. Pedang hitam mungkin bisa dibilang adalah klasifikasi tertinggi dari ketiga ini, di mana tidak semua pedang kemudian bisa masuk dalam kategori ini. Bahkan, pedang hitam sebenarnya tidak bisa didapatkan melainkan diraih dengan cara terus menerus menggunakannya.

Koneksi kuat antara pengguna dan pedangnya menjadi salah satu kunci untuk membuat pedang hitam. Tenguyama juga menjelaskan bahwa kemampuan Haki menjadi kunci lainnya untuk bisa merubah sebuah pedang menjadi pedang hitam. Sampai sejauh ini, baru ada dua pedang saja yang masuk dalam kategori pedang hitam; Yoru dan Shusui.

Yoru

Yoru merupakan salah satu dari 12 pedang Saijo O Wazamono atau pedang dengan kualitas sempurna. Sejauh ini baru 3 pedang yang diperlihatkan dalam cerita yang masuk dalam sub-klasifikasi pedang sempurna, yaitu Yoru, Shodai Kitetsu, dan Murakumogiri. Selain menjadi pedang dengan kualitas sempurna, Yoru juga merupakan pedang yang masuk dalam kategori pedang hitam.

Yoru merupakan pedang yang dimiliki oleh Dracule Mihawk. Pedang ini diperlihatkan sangat dahsyat, misalnya ketika membelah ombak es saat perang besar di Marineford. Kedahsyatan dari pedang Yoru juga pernah diperlihatkan ketika Mihawk menghancurkan sebuah kapal berukuran besar dengan satu kali tebasan. Bahkan, Mihawk juga diperlihatkan bisa menghancurkan meteor yang ditarik oleh Issho dengan pedang ini.

Masih belum diketahui dari mana Mihawk mendapatkan pedang tersebut, dan juga apakah Mihawk mendapatkannya sedari awal dan kemudian merubahnya menjadi pedang hitam, atau Mihawk menemukannya sudah dalam keadaan berubah menjadi pedang hitam. Kita juga belum mengetahui siapa yang membuat pedang Yoru.

Pedang Yoru sendiri diketahui memiliki tinggi sekitar lebih dari 190 cm, hal ini dikarenakan pedangnya mampu melampaui tinggi Mihawk ketika disimpan di belakang. Mihawk sendiri sering terlihat menggunakan dua tangannya untuk bisa mengayunkan pedang Yoru, tetapi yang dahsyatnya adalah tidak jarang dia hanya menggunakan satu tangan seolah Mihawk sudah biasa melakukannya.

Shusui

Seperti halnya Yoru, Shusui adalah salah satu pedang terkuat yang ada di serinya. Tetapi, yang menarik adalah Yoru bukanlah bagian dari Saijo O Wazamono, melainkan O Wazamono atau pedang yang memiliki kualitas baik. O Wazamono sendiri berada satu tingkat di bawah Saijo O Wazamono. Dan kurang lebih ada 21 pedang yang masuk dalam sub-klasifikasi ini. Shusui adalah salah satunya.

Pedang Shusui dahulu digunakan oleh seorang samurai legendaris, sosok yang dianggap sebagai dewa pelindung bagi para penduduk Wano, yaitu Shimotsuki Ryuma. Setelah kematiannya, pedang Shusui pun disimpan di atas makam Ryuma. Namun, saat Gecko Moria datang ke Wano, dia mencuri pedang tersebut bersama jenazah dari Ryuma, yang dia gunakan untuk membuat pasukan zombi.

Zombi Ryuma sendiri pernah muncul di arc Thriller Bark, di mana di dalam tubuh zombi Ryuma tersebut terdapat bayangan dari Brook. Setelah menang bertarung melawan zombi Ryuma, akhirnya Zoro pun mendapatkan pedang Shusui karena Zoro dianggap sebagai sosok ahli pedang yang hebat yang dianggap pantas sebagai pemilik baru Shusui.

Kedahsyatan pedang Shusui pernah beberapa kali diperlihatkan, misalnya ketika Zoro menghancurkan sebuah kapal dengan hanya satu tebasan. Atau ketika dia menggunakan pedang ini dalam menghadapi Pica. Juga saat Zoro menggunakannya untuk menghadapi Oars. Meskipun bukan bagian dari cerita canon, Shusui adalah pedang yang digunakan oleh Ryuma untuk menghabisi seekor naga pada zaman dahulu.

Pedang Yang Berpotensi Menjadi Black Blade

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa sejauh ini baru ada dua pedang saja yang termasuk dalam kategori pedang hitam. Namun, bukan berarti tidak ada lagi pedang memiliki potensi untuk bisa menjadi pedang hitam. Selama persyaratan untuk bisa mengubah pedang biasa menjadi pedang hitam bisa terlaksana, maka bukan tidak mungkin akan lahir pedang hitam lainnya. Berikut adalah beberapa pedang yang berpotensi menjadi pedang hitam:

  • Wado Ichimonji : Wado Ichimonji adalah salah satu dari 21 pedang dengan kualitas baik. Mirip seperti Shusui. Pedang ini awalnya merupakan pedang yang akan diwariskan kepada Kuina, tetapi Zoro kemudian meminta Koushiro memberikannya kepadanya untuk menghormati Kuina. Dalam beberapa kali kesempatan, kita melihat bagaimana pedang ini dialiri oleh Haki, yang mana artinya pedang ini memiliki potensi untuk menjadi pedang hitam di kemudian hari. Juga pedang ini dibuat oleh Shimotsuki Kouzaburo yang memiliki koneksi dengan Zoro.
  • Ame no Habakiri : Pedang ini pun menjadi salah satu pedang O Wazamono atau pedang dengan kualitas baik. Pedang ini dahulunya digunakan oleh Kozuki Oden, dan sebelum kematiannya, Oden mewariskan pedang ini kepada Kozuki Momonosuke. Pedang ini menjadi salah satu dari dua pedang yang pernah melukai Kaido. Berdasarkan hal tersebut, pedang ini dipastikan bisa menjadi sebuah pedang hitam, dan tugas Momonosuke untuk melakukan hal tersebut.

  • Gryphon : Gryphon merupakan pedang yang dimiliki oleh salah satu Yonko, yaitu Shanks. Klasifikasi dari pedang Gryphon sendiri masih belum diketahui sampai sekarang. Tetapi, ada spekulasi yang menyebutkan bahwa bisa jadi Gryphon merupakan salah satu dari 12 Saijo O Wazamono. Gryphon pun pernah diperlihatkan dilapisi oleh Haki, seperti ketika menahan serangan Sakazuki. Artinya pedang ini memiliki potensi untuk bisa menjadi pedang hitam. Mampu membuat Gryphon menjadi pedang hitam tentunya akan sesuai dengan status Shanks sebagai Yonko.
  • Pedang Fujitora : Fujitora merupakan admiral angkatan laut pertama yang dianggap sebagai angkatan laut dengan kemampuan berpedang yang luar biasa. Kemampuan berpedangnya bahkan mampu melampaui kemampuan berpedang dari Roronoa Zoro. Bahkan, Fujitora pun mampu mengimbangi kemampuan Sabo. Sudah sering Fujitora melapisi pedangnya dengan Armament Haki. Dengan statusnya sebagai ahli pedang, wajar jika Fujitora mampu merubah pedang yang belum diketahui namanya tersebut menjadi pedang hitam.
  • Enma : Seperti halnya Ame no Habakiri, Enma merupakan salah satu pedang milik Kozuki Oden. Pedang ini awalnya merupakan milik Kozuki Hiyori, sebelum kemudian Hiyori menukarnya dengan pedang Shusui yang dimiliki Zoro. Enma juga merupakan salah satu pedang yang masuk subklasifikasi O Wazamono, dan memiliki “kedahsyatan” di mana mampu menyerap Haki penggunanya. Menurut penuturan Tenguyama, Zoro memiliki kesempatan untuk bisa merubahnya menjadi pedang hitam, dan di akhir chapter 1033 diperlihatkan bagaimana potensi Zoro untuk merubah Enma menjadi pedang hitam sudah dimulai.

Kesimpulannya, pedang hitam merupakan peringkat tertinggi dari tingkatan pedang yang ada. Dan karena menjadi yang terkuat, tidak semua orang bisa merubah pedang biasa menjadi pedang hitam. Mereka yang sudah memiliki pedang hitam atau mampu merubah pedang biasa menjadi pedang hitam, bisa dipastikan adalah seorang ahli pedang yang sangat hebat. Saat ini, Zoro menjadi salah satu orang yang akan mampu merubah Enma menjadi pedang hitam. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter selanjutnya ya Geeks!