Star Wars adalah waralaba besar yang sukses berkat trilogi film pertamanya dan trilogi prekuel yang menceritakan origin Anakin Skywalker alias Darth Vader. Melihat kesuksesan enam film pertamanya, LucasFilm kemudian mengembangkan lagi semestanya dengan trilogi sekuel yang terdiri dari Episode VII: The Force Awakens (2015), Episode VIII: The Last Jedi (2017), dan Episode IX: The Rise of Skywalker (2019). Sayangnya, trilogi tersebut telah menuai respons yang beragam dari penggemar, dan satu-satunya yang dianggap berhasil hanya pengembangan karakter Kylo Ren dari Adam Driver.

Menjelang akhir film Episode IX: The Rise of Skywalker, Ben Solo alias Kylo Ren diperlihatkan mengorbankan dirinya agar Rey (Daisy Ridley) bisa hidup kembali setelah mengalahkan Sheev Palpatine alias Darth Sidious (Ian McDiarmid). Banyak penggemar yang merasa kecewa karena karakter Kylo dimatikan. Namun, seperti yang pernah dikatakan oleh Luke Skywalker sebelumnya bahwa “Tidak ada yang benar-benar pergi (mati).” Maka masih ada kemungkinan bagi Kylo Ren untuk muncul kembali pada masa depan Star Wars.

Baru-baru ini, kembalinya Kylo Ren seakan didukung oleh pernyataan sang aktor Adam Driver dalam sesi wawancaranya dengan UNILAD. Driver mengatakan bahwa dia tidak melawan teori penggemar yang menyatakan bahwa Kylo Ren pasti kembali, karena pada dasarnya hal yang paling dia hargai adalah bisa bekerja dengan para pembuat film hebat. Jadi, jika pembuat film menginginkan Kylo Ren atau siapa pun untuk kembali, selama pembuat film tersebut memenuhi “standar”, maka tidak ada yang tidak mungkin bagi Driver sendiri.

“Tidak, saya sama sekali tidak menentangnya. Bagi saya, ini adalah media bagi para pembuat film, jadi satu-satunya hal yang saya lakukan adalah bekerja dengan pembuat film hebat,” kata Driver. “Apa pun ukuran [kesuksesan], tidak begitu menarik bagi saya. Memang ada hal yang menarik jika mengerjakan keduanya [berdasarkan pembuat film dan kesuksesan film]. Tetapi saya selalu mengikuti orang-orang yang membuat saya tertarik untuk bekerja sama, dan apakah saya cocok untuk peran tersebut? Hal-hal seperti itu atau apapun. Saya tidak menolaknya.”

Jika benar pada akhirnya Adam Driver diberikan kesempatan untuk kembali sebagai Kylo Ren, ada kemungkinan karakternya akan muncul di film Star Wars berikutnya yang berjudul Rogue Squadron. Namun, karena saat ini film tersebut masih ditunda untuk sementara waktu, karena perselisihan kreatif antara sutradara Patty Jenkins dan LucasFilm, kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.