Berbeda dengan tayangan asli, media kartun mempunyai keunggulan yang dapat memaksimalkan imajinasi penciptanya. Tidak ada hukum fisika atau logika yang membatasi para karakter di dunia kartun, penciptanya bisa membuat mereka sampai ke titik yang tidak masuk akal, misalnya tidak terluka setelah jatuh dari tempat tinggi, kemudian bisa mengeluarkan benda-benda besar walaupun tidak mempunyai saku. Dan yang paling sering diperlihatkan adalah karakter yang mempunyai gerakan dan kecepatan yang tidak masuk akal. Siapa saja mereka? Berikut 10 karakter kartun paling cepat!

Dastardly & Muttley

Anak indonesia tahun 90-an pasti pernah melihat kartun balapan mobil yang berjudul Wacky Races (1968). Dari sekian banyak karakter dan mobil yang unik, ada satu tim pembalap jahat yang terdiri dari Dick Dastardly dan anjingnya Muttley. Mereka berdua sering melakukan trik licik untuk memenangkan lomba, di mana hal tersebut membuat mereka selalu terlihat hampir sampai duluan di garis finish, sebelum akhirnya ada saja yang membuat mereka gagal sebelum melintasi garis finish. Namun, dibalik semua kegagalannya, sebenarnya mobil roket mereka adalah yang paling cepat di perlombaan.

Flash

Sebagai salah satu superhero tercepat di DC Universe, Flash yang pertama kali muncul di DC Comics akhirnya mendapatkan kesempatan pertamanya untuk muncul di serial kartun DC pada tahun 1967. Setelah sering muncul dalam serial kartun DC, pada tahun 2016 Flash juga tampil di serial kartun TV yang berjudul Justice League Action. Dalam kartun tersebut, Flash yang mempunyai kekuatan Speed Force diceritakan mampu berlari dengan kecepatan mencapai 4.000 km/jam. Bahkan dalam beberapa kesempatan dia terlihat bisa berlari lebih cepat dari waktu dan melakukan time travel.

Quicksilver

Sama seperti Flash, Quicksilver adalah superhero Marvel yang mempunyai kemampuan berlari super cepat. Karakter Marvel yang mempunyai nama asli Pietro Maximoff ini pernah muncul di serial kartun Captain America pada tahun 1966, sejak saat itu dia sering muncul di berbagai serial kartun Avengers dan X-Men. Di kartunnya, Quicksilver diceritakan mampu berlari secepat kecepatan suara dan mampu berlari di atas permukaan air. Konon kecepatan maksimal dari Quicksilver adalah 280 km/detik atau 1.008.000 km/jam. Tentunya kecepatan tersebut hanya mungkin dilakukan di dunia kartun.

Road Runner

Hampir semua orang pasti pernah melihat ayam super cepat yang satu ini. Mempunyai nama asli Road Runner, ayam atau burung ini terkenal dengan suaranya yang berbunyi “bip bip” seperti klakson mobil. Kemampuan lari Road Runner selalu berhasil membuatnya lolos dari jebakan Wile E. Coyote, anjing yang selalu berusaha memangsanya. Road Runner selalu terlihat berlari di jalan raya, terkadang di gurun juga, tanpa mengurangi kecepatannya sedikit pun. Kemungkinan itu semua karena tubuhnya yang ramping, serta paruhnya yang membuat gaya berlarinya lebih aerodinamis.

Silver Surfer

Selain Quicksilver, Marvel juga mempunyai karakter lain yang bisa bergerak dengan sangat cepat, dia adalah Norrin Radd alias Silver Surfer. Pelayan Galactus ini pertama kali melakukan debut kartunnya pada tahun 1998 di serial solonya yang berjudul Silver Surfer. Meskipun serial kartunnya tidak berlangsung lama, tetapi banyak sekali yang diceritakan di kartun tersebut, seperti latar belakang, kekuatan, dan bahkan memperlihatkan Silver Surfer bekerja sama dengan Avengers. Di kartun tersebut Silver Surfer diceritakan mempunyai keceptan super yang mampu membawanya berkeliling galaksi dengan cepat.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.