Wheel of Time adalah serial fantasi yang saat ini menjadi andalan saluran streaming Amazon Prime Video. Alur ceritanya cukup sederhana seperti waralaba The Lord of the Rings, yaitu sisi baik melawan sisi jahat. Serial yang digarap oleh Rafe Judkins ini bercerita tentang petualangan seorang penyihir Aes Sedai bernama Moiraine (Rosamund Pike) dan pelindungnya yang bernama al’Lan Mandragoran (Daniel Henney) untuk mencari reinkarnasi Dragon Reborn yang ditakdirkan untuk melawan The Dark One, dan mencegah kehancuran dunia yang disebut dengan Breaking of the World.

Setelah melalui pencarian yang panjang, akhirnya Moiraine dan Mandragoran menemukan 5 kandidat Dragon Reborn di Desa Emond’s Field, mereka adalah Nynaeve al’Meare (Zoë Robins), Egwene al’Vere (Madeleine Madden), Rand al’Thor (Josha Stradowsk), Perrin Aybara (Marcus Rutherford), dan Mat Cauthon (Barney Harris). Belum sempat Moiraine menemukan siapa Dragon Reborn yang sebenarnya, pasukan Trolloc suruhan The Dark One telah datang lebih cepat dan langsung meratakan Emond’s Field. Dengan kekuatan Wheel of Time, Moiraine kemudian berhasil memukul mundur para Trolloc untuk sementara.

Walaupun belum menampakan batang hidungnya secara langsung, sosok The Dark One digambarkan sebagai sosok jahat dan pemimpin dari para Trolloc yang memburu Dragon Reborn. Selama penayangan tiga episode perdananya, cukup jelas bahwa The Dark One adalah antagonis utama di serialnya, yang kemungkinan akan terus menghantui Moiraine dan calon Dragon Reborn di sepanjang serialnya. Siapa sebenarnya The Dark One, mengapa dia begitu berkuasa? Simak penjelasannya di bawah ini.

The Dark One di Novel Wheel of Time

Serial Wheel of Time diadaptasi dari novel populer berjudul sama karya Robert Jordan pada tahun 1990-2013. Di novelnya, The Dark One adalah makhluk gaib yang mempunyai tujuan untuk menghancurkan Wheel of Time (dunia manusia) dan menciptakannya kembali dengan gambarannya sendiri. Konon The Dark One sendiri dipenjara di luar dimensi oleh Sang Pencipta pada awal penciptaan alam semesta, dan sejak saat itu dia terus berusaha untuk membebaskan diri. Walaupun dia dipenjara, The Dark One mempunyai banyak anak buah setia yang menjalankan perintahnya di dunia manusia.

The Dark Ones mempunyai banyak sekali nama, termasuk Father of Lies, Sightblinder, Soulsbane, Lighteater, Shepherd of the Night’s flocks, dan yang paling terkenal adalah Shai’tan. Selain mempuyai banyak anak buah dan pengikut yang jahat, kekuatan The Dark One tetap bisa memengaruhi dunia. Dengan kekuatan jahatnya yang tak terbatas, The Dark One bisa mengambil jiwa-jiwa yang mati dan memindahkan mereka ke dalam tubuh baru. Dan ketika dia bisa lolos dari penjaranya, The Dark One juga mampu membelokkan realitas sampai ke tingkat yang tidak masuk akal.

The Dark One pada Masa Depan Wheel of Time 

Di serial Wheel of Time hampir sama kuatnya dan mengerikannya dengan versi di novelnya. The Dark One mempunyai banyak anak buah di dunia manusia yang rela mati mengikuti semua perintahnya. Sejauh ini sudah terungkap beberapa anak buah jahat dari The Dark One, termasuk di antaranya adalah manusia yang mengabdikan dirinya pada The Dark One yang disebut Atha’an Shadar alias Darkfriends, kemudian di episode pertama dan kedua juga sangat jelas bahwa monster Trollocs yang dipimpin oleh Myrddraal (gambar di bawah) adalah pengikut setia The Dark Ones.

Selain itu, walaupun terbelengu di penjaranya, The Dark One masih tetap bisa masuk ke dalam mimpi manusia dan membawanya ke sisi jahat, tanpa terkecuali para kandidat Dragon Reborn. Mungkin hal tersebut bisa terjadi karena Dragon Reborn masih belum siap dan belum menyadari posisinya sebagai orang yang bertanggung jawab untuk mengalahkan The Dark One. Di mana The Dark One memanfaatkan hal tersebut untuk membuat Dragon Reborn menjadi sekutunya, alih-alih melawannya dan membunuhnya. Karena dengan Dragon Reborn di sisinya, tidak akan ada yang bisa mengalahkannya.

Belum diketahui apakah versi serialnya akan membuat Rand al’Thor sebagai Dragon Reborn atau justru salah satu dari empat kandidat yang lain. Yang jelas, di novelnya sendiri The Dark One baru muncul setelah Rand siap menjadi Dragon Reborn dan cukup kuat untuk mengalahkan The Dark One. Itu artinya, kemungkinan besar The Dark One akan tetap seperti sekarang, tersembunyi di dalam penjara setidaknya selama Wheel of Time Season 1 berlangsung. Walaupun begitu, dia akan terus memperlihatkan pengaruh jahatnya di dunia manusia melalui para anak buahnya yang kejam dan juga kuat.

Di akhir Wheel of Time episode 3, terungkap bahwa tujuan yang sebenarnya dari The Dark One adalah ingin berkerja sama dengan Dragon Reborn. Hal tersebut terbukti saat Rand dan Mat yang terpisah dari Moiraine, mereka ditawari bantuan oleh seorang pelayan bar yang ternyata adalah Darkfriends. Pengikut setia The Dark One tersebut tampaknya mendapatkan perintah langsung untuk menangkap Rand dan Mat, bukan membunuhnya.

Itulah penjelasan sosok misterius The Dark One di serial Wheel of Time, yang sangat jelas bahwa dia adalah antagonis utama di serialnya. Sepertinya akan menarik melihat bagaimana Moiraine dan para kandidat Dragon Reborn melawan para pasukan Myrddraal, sampai waktunya nanti tiba untuk The Dark One muncul dan langsung berhadapan dengan Dragon Reborn. Untuk itu jangan lewatkan serial Wheel of Time episode 4 yang dijadwalkan tayang besok pada tanggal 26 November 2021.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.