Shanks merupakan salah satu dari empat penguasa samudra alias Yonko di New World, yang merupakan wilayah lainnya yang ada di luar Grand Line. Shanks juga merupakan kapten dari kelompok bajak laut Rambut Merah dan dianggap sebagai salah satu karakter terkuat dalam cerita One Piece. Shanks sendiri sudah sejak awal diperkenalkan dalam serinya, di mana dia yang memberikan topi jerami kepada Luffy.

Sejak pertama kali diperkenalkan, bahkan sampai saat ini, Shanks memang sangat jarang sekali muncul dalam cerita. Tetapi, yang menarik adalah meskipun dia jarang muncul dalam ceritanya, repitasinya sebagai bajak laut terkuat di dunia sudah dikenal secara luas. Menjadi salah satu Yonko artinya kemampuan Shanks tidaklah sembarangan.

Sosok Shanks memang dikenal sebagai salah satu Yonko yang “unik” karena hanya dia yang tidak memiliki kemampuan buah iblis. Shanks diketahui hanya mengandalkan Haki miliknya yang sangat dahsyat. Membahas masalah sosok Shanks memang selalu berhasil menarik perhatian para fans, mengingat ada banyak misteri yang masih belum terungkap sampai saat ini.

Meskipun begitu, hal tersebut menjadi kesempatan bagi para fans untuk menghadirkan berbagai teori atau pun spekulasi. Ada banyak spekulasi atau teori yang beredar tentang Shanks, misalnya Shanks merupakan keturunan dari kaum naga langit sehingga dia bisa leluasa bergerak. Ada juga yang mengatakan bahwa Shanks merupakan penjaga Laugh Tale serta penjaga perdamaian.

Tetapi, ada juga spekulasi yang menarik tentang Shanks yang menyebutkan bahwa dia merupakan pemimpin tertinggi dari dunia kriminal atau dunia bawah tanah yang ada di seri One Piece. Beberapa poin coba dihadirkan untuk mendukung spekulasi atau teori ini. Yang pertama, Shanks harus kehilangan tangannya. Mungkin sebagian besar Geeks sudah tahu mengenai “budaya” potong jari.

Hal tersebut terjadi pada organisasi kriminal Yakuza, di mana diketahui mereka yang memutuskan untuk keluar dari organisasi tersebut atau berusaha untuk lepas dari keterikatan dengan para Yakuza harus memotong jari kelingking mereka. Hal ini sudah dilakukan sejak puluhan atau bahkan ratusan tahun lalu. Pada zaman dahulu, potong jari tersebut dilakukan sebagai bentuk “pembayaran” dalam judi jika seseorang sudah tidak sanggup lagi membayar hutangnya dengan uang.

Efek yang terasa dari hilangnya jari kelingking adalah mereka kehilangan kemampuan untuk bisa menggunakan pedang dengan sempurna. Kehilangan jari kelingking membuat genggaman seseorang pedangnya menjadi tidak maksimal. Shanks sendiri diperlihatkan harus kehilangan hampir seluruh lengan kirinya. Hal ini juga yang membuat Mihawk pun enggan kembali menantang Shanks bertarung.

Yang menarik adalah dalam adegan kilas balik diperlihatkan bahwa Shanks memiliki lengan dominan di sebelah kiri artinya Shanks adalah kidal. Inilah alasan mengapa kemudian Shanks menyelipkan pedang Gryphon miliknya di pinggang kanan. Kemudian yang menarik juga adalah kata-kata yang dia ungkapkan kepada Whitebeard saat bertemu di Moby Dick.

Shanks mengatakan bahwa da “bertaruh untuk generasi yang akan datang.” Menurut teorinya, hilangnya lengan Shanks ini memang sengaja dilakukan oleh Oda Sensei untuk semakin menegaskan pengaruhnya terhadap Luffy. Shanks melihat masa depan yang luar biasa di depan mata Luffy. Hal lainnya yang tidak kalah menarik adalah panggilan dari Shanks.

Pihak angkatan laut tidak memanggil Shanks dengan sebutan Kapten melainkan “Oogashira/大頭” atau bos besar. Dari namanya sendiri Geeks mungkin sudah bisa membayangkan“Oogashira/大頭” atau “bos besar.” bahwa Shanks adalah kepala atau pemimpin besar dari sebuah organisasi atau kelompok kriminal. Untuk para krunya sendiri titel atau jabatannya mirip dengan struktur organisasi di kelompok kriminal.

Pertanyaanya kemudian seberapa besar pengaruh kelompok kriminal yang dipimpin oleh Shanks ini? Melihat dari apa yang ada di ceritanya“Oogashira/大頭” atau “bos besar.” sepertinya pengaruh dari bisnis dunia bawah tanah Shanks sudah sampai ke pihak Pemerintah Dunia. Kita bisa melihat bagaimana mereka meminta Mother Caramel mengirimkan anak-anak untuk dilatih menjadi anggota CP-9 dan menjadi sosok kejam dan tanpa emosi sejak kecil.

Kita juga tahu bahwa pasti ada sesuatu di balik santainya Shanks saat bisa pergi ke Mary Geoise. Karena, logikanya, rasanya tidak mungkin hal yang sama terjadi kepada bajak laut lainnya. Pasti ada sesuatu yang “spesial” dari sosok Shanks. Pengaruh dan besarnya jaringan kriminal inilah yang kemudian membuat Shanks dianggap sebagai sosok yang penting.

Selama ini, kita mengenal sosok Doflamingo sebagai pemimpin dari para kriminal. Namun, bisa jadi faktanya Dofy hanyalah makelar atau broker. Artinya ada seseorang yang posisinya jauh di atas Dofy. Dan Shanks adalah sosok yang diteorikan jauh lebih berkuasa untuk dunia bawah tanah dibandingkan dengan Doflamingo dan pasukannya. Bagaimana menurut kalian Geeks?