Sidekick adalah salah satu elemen penting dalam kisah superhero. Untuk membantu para superhero dalam melakukan setiap misinya, DC seringkali menciptakan sidekick yang hebat dan juga kuat. Selain untuk membantu mengalahkan penjahat, terkadang fungsi lain dari sidekick adalah untuk menjadi penyeimbang dari karakter superhero utama. Namun, di antara banyaknya sidekick DC Universe, ada juga sidekick yang justru tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan DC lebih memilih untuk melupakannya. Siapa saja mereka? Simak 10 sidekick superhero paling buruk di bawah ini.

Flamebird

Ketika banyak penggemar yang merasa Batman dan Robin seperti pasangan Gay, DC menciptakan seorang karakter wanita bernama Bette Kane. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1961, Bette Kane awalnya dimaksudkan sebagai calon Bat-Girl di DC Universe, jauh sebelum Barbara Gordon. Namun, karena dianggap tidak terlalu menjual, mungkin karena penciptaannya yang terlalu dipaksakan, pada akhirnya DC mengurungkan niatnya menjadikan Bette sebagai Batgirl. Sebagai gantinya, Bette diperkenalkan sebagai Flamebird dan juga Hawkfire untuk sementara waktu, sampai akhirnya menghilang.

Fatman

Nama Fatman sendiri mungkin hanya bisa dipakai pada era komik masa lalu, karena jika namanya dipakai pada zaman sekarang, mungkin namanya akan dianggap sebagai pelecehan atau penghinaan. Fatman awalnya dimaksudkan sebagai sidekick dari superhero bernama Tex Thompson alias Mr. America, yang melakukan debutnya bersamaan dengan Superman di Action Comics #1. Dalam setiap aksi mereka, Mr. America lebih banyak mengambil porsi dalam pertarungan, sedangkan Fatman yang mengenakan topeng dari tutup lampu hanya memukul-mukul musuh dengan senjata sapunya.

Lieutenant Marvels

Lieutenant Marvels adalah sekumpulan superhero yang mempunyai kemiripan satu sama lain. Billy Batson alias Captain Marvel adalah superhero yang lebih dahulu terkenal pada tahun 40-an, karena DC menganggap upayanya dengan Billy telah berhasil, mereka mulai menambahkan karakter yang mirip satu sama lain. Dalam tim super yang disebut Lieutenant Marvels, DC memperkenalkan Fat Billy, Hill Billy, dan Tall Billy sebagai sidekick yang dimaksudkan untuk membantu Billy Batson. Syukurnya, konsep aneh tersebut dihilangkan dari sejarah DC dan diganti dengan Shazam Family yang jauh lebih unik.

Aquagirl

Sebagai karakter DC yang bisa hidup di air, Lorena Marquez diperkenalkan pada tahun 2004 sebagai superheroin yang dipanggil Aquagirl. Diceritakan bahwa setelah gempa bumi menenggelamkan San Diego ke dasar lautan, banyak manusia yang beradaptasi menjadi manusia laut, termasuk Lorena. Dia kemudian menjadi sidekick Aquaman untuk sementara waktu dengan kekuatan yang hampir sama. Pada akhirnya, karena banyak penggemar yang merasa Lorena sebagai tambahan karakter yang sia-sia, DC akhirnya memutuskan untuk lebih fokus pada Aquaman dan melupakan Aquagirl.

Newsboy Legion

Entah apa yang mengilhami DC untuk menciptakan sekumpulan sidekick yang terdiri dari anak-anak nakal. Disebut dengan Newsboy Legion, para anak-anak ini diceritakan bekerja pada superhero bernama The Guardian. Kehadiran mereka sebenarnya biasa-biasa saja, karena The Guardian tampaknya mampu melakukan setiap misinya sendirian. Mengetahui ada yang salah dengan idenya, DC kemudian menceritakan para Newsboy Legion dibunuh oleh supervillain Codename: Assassin dalam cerita New Krypton (2008). Sejak saat itu, sekumpulan anak nakal tidak pernah lagi dipakai untuk konsep sidekick di DC Universe.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.