Superhero Marvel adalah sosok yang mengemban tugas berat untuk melindungi Bumi dan membasmi kejahatan. Terkadang untuk melakukan itu semua secara berkelanjutan, mereka memerlukan bantuan dari superhero sidekick yang mereka rekrut sendiri atau secara tidak sengaja turut membantu. Namun, pada kenyataannya tidak sedikit sidekick yang tidak berhasil menyelaraskan visinya dengan sang superhero, dan bahkan malah sampai berkhianat. Berikut 5 sidekick Marvel yang melakukan pengkhianatan kepada superhero yang selama ini sudah memercayai mereka. Simak di bawah ini!

Cyclops Berkhianat Pada Professor X

Professor X selalu menganggap tim X-Men sebagai anak-anaknya sendiri, tanpa terkecuali Cyclops yang sudah sejak awal menemaninya. Namun, dalam salah satu kisah Marvel Comics, Professor X harus menerima kenyataan menyakitkan ketika Cyclops yang dikuasai kekuatan kosmik Dark Phoenix berbalik melawannya saat kejadian Avengers vs X-Men.

Awalnya saat menerima kekuatan Dark Phonenix, Cyclop menggunakannya untuk kebaikan, sampai pada suatu hari dia dikuasai oleh kekuatan kosmik dahsyat tersebut dan mulai menyerang sesama mutan. Professor X yang mengetahui hal tersebut kemudian berusaha untuk masuk ke dalam pikiran Cyclops, sebelum Cyclops menembaknya dengan laser berkekuatan penuh dari matanya, membuat Professor X mati. Kejadian tersebut pada akhirnya membawa Cyclops ke sisi gelap dan tercatat sebagai pengkhianatan paling kelam dalam sejarah X-Men.

Microchip Berkhianat Pada Punisher

Dalam sejarah Marvel Comics, Punisher adalah anti-hero yang terkenal kejam dan mampu menggunakan berbagai senjata api. Namun, dibalik semua kekuatan penghancurnya, dia sama sekali tidak menguasai teknologi. Di mana hal tersebut mempertemukan Punisher dengan seorang ahli komputer bernama Microchip yang sudah dia anggap sebagai sidekick-nya. Keduanya kemudian saling bekerja bersama dan berkeliling dunia untuk memburu penjahat selama bertahun-tahun.

Namun, keakraban mereka berdua mulai goyah ketika Microchip merasa khawatir tentang kondisi mental Punisher yang terlalu sadis. Di komik Punisher Vol. 2 #97, Microchip memutuskan untuk mengurung Frank Castle alias Punisher dengan harapan dapat mengembalikan kewarasan sahabatnya. Tentu saja kurungan tidak akan bisa menghentikan Punisher untuk lolos dan akhirnya menembak kepala Microchip.

Miek Berkhianat Pada Deadpool Hulk

Hulk adalah superhero yang jarang sekali meminta bantuan pada superhero lain, tetapi dalam beberapa kesempatan di Marvel Comics, Hulk juga pernah tercatat mempunyai sidekick yang sengaja dia pilih sendiri untuk membantunya, salah satunya adalah Miek. Di kisah Planet Hulk, diceritakan bahwa tim super genius Illuminati mengirim Hulk ke Planet Sakaar untuk melindungi Bumi. Hulk yang tidak terima akhirnya mulai menyalahkan Illuminati atas semua penderitaan yang terjadi padanya, termasuk kematian istri dan anaknya di Planet Sakaar.

Dengan dendam kesumat yang tidak terbendung lagi, Hulk kemudian menyerang Bumi bersama pada Gladiator Sakaar, di mana salah satunya adalah Miek. Saat semua superhero Bumi berhasil dia kalahkan, pada akhirnya terungkap bahwa Miek adalah makhluk yang telah membunuh istri dan anak Hulk, karena dia yang telah meledakan bom di Sakaar. Hulk yang merasa dikhianati kemudian mengamuk dan membelah Miek.

Weasel Berkhianat Pada Deadpool

Deadpool adalah anti-hero yang tidak terlalu peduli dengan sidekick atau apapun sebutannya, tetapi dalam sepanjang karirnya di Marvel, dia pernah mempunyai seorang sahabat bernama Weasel. Deadpool dan Weasel mempunyai hubungan yang naik turun, pada awal-awal persahabatan mereka, Deadpool sering meninggalkan luka mental dan fisik pada Weasel sebagai bentuk lelucon. Mungkin hal tersebut yang akhirnya meninggalkan trauma pada Weasel, sehingga dia beberapa kali melakukan pengkhianatan pada Deadpool.

Kisah pengkhianatan Weasel yang paling terkenal adalah di komik Spider Man/Deadpool (2016). Diceritakan bahwa Weasel memutuskan untuk mengungkap jati diri Deadpool yang buruk pada dunia dengan memanipulasinya untuk membunuh Peter Parker. Pengkhianatan tersebut pada akhirnya justru membuat Weasel kalah di tangan Deadpool dan Spider-Man yang berkerja sama.

Winter Soldier Berkhianat Pada Captain America

Bucky adalah sidekick pertama dan terlama yang pernah dimiliki oleh Captain America. Namun, saat mereka berdua melawan Nazi pada Perang Dunia II, Bucky diperlihatkan gugur dalam misi dan seakan-akan meninggal dunia. Kenyataannya, Bucky yang sekarat sebenarnya ditemukan dan ditangkap oleh pemerintah Rusia, yang memberinya lengan besi dan mencuci otaknya sampai terlahir sosok baru yang disebut Winter Soldier.

60 tahun kemudian Captain America dan Winter Soldier saling bertemu dan bertarung, sebelum akhirnya Captain America mengetahui kenyataan pahit bahwa Winter Soldier adalah sahabatnya yang bernama Bucky. Walaupun pada akhirnya Winter Soldier tersadar, pengkhianatan sementara dari Winter Soldier, telah membuat Captain America merasa bersalah dan terpuruk.

Itulah 5 sidekick yang berkhianat pada superheronya sendiri. Walaupun tidak semua sidekick di Marvel Comics berkhianat, kelima sidekick ini membuktikan bahwa orang terdekat justru yang memberikan luka paling menyakitkan. Karena ketika seorang superhero mulai memercayai sidekick-nya, sulit untuk menerima kenyataan bahwa musuh yang sebenarnya adalah orang yang selalu ada di samping mereka selama ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.