Beberapa hari yang lalu Netfix baru telah merilis serial live-action Cowboy Bebop yang bercerita tentang sekelompok pemburu hadiah di galaksi. Para pemburu hadiah yang terdiri dari Spike Spiegel (John Cho), Faye Valentine (Daniella Pineda), dan Jet Black (Mustafa Shakir) ini, berkeliling galaksi untuk menangkap para buronan, dari mulai penjahat kelas teri yang mengenakan topeng beruang teddy, sampai pemimpin teroris yang mengancam galaksi dengan virus yang dapat mengubah manusia menjadi kera.

Sebenarnya kru pesawat Bebop ini bukan superhero atau pembela kebenaran, karena pada dasarnya mereka hanya pencari “cuan” yang akan menukarkan para buronan dengan jutaan uang galaksi yang disebut Woolong. Sejak serial live-action Cowboy Bebop diumumkan pada tahun 2017, sampai menjelang perilisan serialnya, penggemar sama sekali tidak melihat tanda-tanda kehadiran anggota kru Bebop yang terkenal sebagai hacker, yaitu Radical Edward alias Ed. Menariknya, ternyata baru baru ini terungkap bahwa karakter Ed hadir sebagai kejutan di ending serial live-action Cowboy Bebop. 

Origins Ed di Anime Cowboy Bebop

Mempunyai nama asli Edward Wong Hau Pepelu Tivruski IV, Ed adalah seorang anak ajaib asal Bumi yang sangat ahli dalam meretas. Dia pertama kali muncul di anime Cowboy Bebop episode 9 yang dirilis pada tahun 1998. Karena kemampuannya yang sangat hebat dalam meretas, Ed mendapatkan julukan sebagai Radical Edward. Ed sendiri sangat ingin pergi dari Bumi untuk alasan yang masih misterius, mungkin untuk mencari kebebasan, khususnya setelah Ed melihat sepak terjang kru Bebop yang pada saat itu hanya beranggotakan Spike, Jet, Faye, dan anjing corgi bernama Ein.

Dia mengikuti semua pergerakan kru Bebop melalu outernet dan sangat ingin menjadi salah satu anggotanya. Ketika pada akhirnya kru Bebop tiba di Bumi untuk sebuah misi, Ed meretas pesawatnya, dan menawarkan bantuan pada Faye untuk membantu mereka menangkap buronan. Meskipun buronan yang dimaksud sudah berhasil mereka tangkap berkat bantuan Ed, kru Bebop justru berniat pergi meninggalkan Ed, sebelum Ed membuktikan kemampuan peretasannya dengan membuat pesawat Bebop tidak bisa pergi tanpa dirinya. Di mana hal tersebut membuat Faye dan yang lain setuju Ed bergabung.

Tugas utama Ed di pesawat Bebop adalah mencari informasi tentang buronan dan meretas sistem komputer. Sejak bergabung dengan kru Bebop, Ed menganggap Jet sebagai figur ayah baginya, dan jika dibandingkan dengan kru lain, Ed sepertinya yang paling mengerti Ein. Meskipun sekilas seperti anak laki-laki yang nakal, Ed sebenarnya adalah seorang anak perempuan berambut merah yang terkenal sering mengenakan kaus putih tanpa lengan, celana pendek, dan tidak pernah memakai alas kaki. Dia juga mempunyai kacamata goggles berwarna hijau yang terhubung dengan komputernya.

Ed Pada Masa Depan Live-Action Cowboy Bebop

Diperankan oleh Eden Perkins, Ed versi live-action hadir di ending live-action Cowboy Bebop ketika kru Bebop sedang dalam kondisi “tidak baik”. Setelah pertempuran dengan Vicious dan pengkhianatan Julia, Spike harus rela ditinggalkan oleh Jet yang selama ini menemaninya sejak awal kru Bebop berdiri. Ed muncul bersama dengan anjing Ein yang sebelumnya sempat ditinggalkan karena dia dikendalikan oleh villain kuat bernama Mad Pierrot di episode 8. Kehadiran Ed ini cukup berhasil memberikan kejutan yang menghibur bagi para penggemar Cowboy Bebop.

Belum jelas apakah di serial Netflix ini Ed akan digambarkan sebagai anak perempuan atau laki-laki, mengingat masih belum ada informasi juga yang menjelaskan jenis kelamin dari aktor Eden Perkins. Yang jelas, sepertinya peran Ed di season berikutnya akan cukup penting dalam mengembalikan kru Bebop agar “utuh” seperti semula. Karena di ending tersebut Ed memberi tahu pada Spike bahwa buronan selanjutnya yang harus mereka tangkap adalah Volaju alias Butterfly Man.

Volaju sendiri adalah antagonis di film anime Cowboy Bebop: The Movie (2001), yang diceritakan sebagai villain kuat dengan masa lalu tragis. Dia adalah korban eksperimen tentara super pada masa perang galaksi, di mana hal tersebut pada akhirnya membuat Volaju ingin membuat semua orang merasakan hal yang sama seperti apa yang telah menimpa dirinya. Dengan penjahat bersama ini, dan Ed yang juga memberitahukannya kepada kru Bebop yang lain, kemungkinan mereka semua bisa segera kembali berkumpul di Cowboy Bebop Season 2 yang akan datang.

Itulah informasi penting dari karakter misterius bernama Ed di ending Cowboy Bebob. Showrunner Cowboy Bebop, Andre Nemec mengatakan bahwa Ed sengaja dimunculkan di akhir karena dia “spesial”. “Saya ingin memastikan bahwa kami memberikan kemunculan yang cukup dramatis untuk karakter Ed, karena Ed adalah hacker yang hebat,” kata Nemec. Sepertinya akan menarik melihat bagaimana Ed menjadi peran penting sekaligus “perekat” tim Bebop di Cowboy Bebop Season 2. Kita nantikan saja ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.